7 Tips Merancang Ruang Sempit Praktis

Tips & Trik Mendesain Ruang Sempit – Keterbatasan lahan membuat banyak orang beralih ke apartment. Tapi, pada kenyataannya baik di apartment ataupun rumah tinggal, permasalahan ruang-ruang sempit masih akan sering ditemukan.

Ada beberapa cara yang biasanya bisa membantu menambah kesan luas pada ruang-ruang sempit tersebut sehingga lebih nyaman saat digunakan.

Baca juga: Fengshui Warna dalam Menata Rumah


Merancang Ruang Sempit

1. Perfect Color Scheme

merancang ruang sempit
sumber gambar: Picudio

Dalam menata interior sebuah ruang, pemilihan warna adalah tahap yang krusial. Nyatanya, warna yang salah bisa memberikan kesan yang keliru terhadap ruang.

Warna-warna terang non-putih seperti warna pastel dan warna natural bisa memberikan nuansa ruang yang lebih lapang. Alasannya adalah karena bayangan yang jatuh pada warna ini tidak terlalu terlihat. Sedangkan pada warna putih, bayangan yang jatuh begitu kontras dapat menimbulkan kesan sempit.

Hindari juga warna-warna yang terlalu gelap karena warna gelap bisa memberikan kesan sempit.

2. Permainan Visual

merancang ruang sempit
sumber gambar: Babble

Setelah menentukan warna, kamu bisa mengakali ukuran ruangan secara visual dengan pola-pola khusus yang diterapkan pada dinding. Pola garis sederhana menggunakan cat atau wallpaper bisa membantu membuat ruangan terasa lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Pola garis horizontal akan membuat ruangan terasa lebih panjang dan luas. Namun, jika ruanganmu memiliki langit-langit yang rendah, siasati dengan pola garis vertikal. Pola seperti ini akan memberikan kesan lebih tinggi pada ruangan.

3. No Pattern

merancang-ruang-sempit-5
sumber gambar: Decoist

Meskipun kamu dianjurkan menggunakan pola pada dinding, pada penataan elemen furnitur dan perabot kamu justru harus menghindari penggunaan pola yang banyak dan berlebihan. Pola-pola padat serta rumit pada bidang-bidang luas membuat ruangan terkesan ramai dan sempit.

Jika ada pola detail dan rumit yang memang menjadi favorit, aplikasikan pola tersebut pada bidang-bidang kecil seperti taplak meja, sarung bantal, atau perabotan berukuran kecil. Jadikan warna-warna solid sebagai elemen dominan.

4. Bukaan

merancang-ruang-sempit-3
sumber gambar: Living Room Ideas

Tidak hanya sebagai pengatur sirkulasi udara dan cahaya, kehadiran bukaan seperti jendela, pintu, serta ventilasi bisa memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Jika memungkinkan, maksimalkanlah ukuran serta jumlah jendela di ruang-ruang sempit.

Jendela yang luas juga memberikan cahaya alami secara maksimal. Ruangan yang memiliki bukaan maksimal akan terasa jauh lebih luas daripada ruangan yang dikelilingi dinding masif.

5. Cahaya

merancang ruang sempit
sumber gambar: Lighting and Candeliers

Pencahayaan merupakan salah satu kunci ruangan menjadi terasa lebih luas. Jadi, jika kamu tidak bisa memaksimalkan cahaya natural dari jendela, maksimalkanlah penataan lampu atau pencahayaan buatan.

Gunakanlah beberapa lampu dengan berbagai kapasitas listrik dan posisi berbeda untuk meminimalisir bayangan. Sesuaikan juga penggunaan lampu dengan kebutuhan ruangan. Jika untuk ruang tidur, mungkin kamu perlu membuat penerangan yang sedikit lebih remang-remang.

6. Cermin

merancang-ruang-sempit-4
sumber gambar: Babble

Selain pencahayaan, salah satu solusi ketika kamu tidak bisa memaksimalkan bukaan adalah menambahkan elemen cermin atau refleksi pada ruang.

Penggunaan kaca cermin berukuran lebar pada beberapa sisi dinding akan membuat ruangan seolah-olah lebih luas dari aslinya.

7. Buang Sekat

merancang-ruang-sempit-7
sumber gambar: Home Decoration Ideas

Untuk ruang-ruang yang memiliki zoning serupa, tidak ada salahnya mengeliminasi penggunaan sekat guna memaksimalkan ruang yang ada. Misalkan ruang keluarga dan ruang makan atau dapur bersih dan dapur kotor.

Rumah dengan ruang yang tersekat-sekat adalah salah satu penyebab kamu merasa sesak padahal rumah yang kamu miliki sebenarnya tidak terlalu sempit.


Selain hal-hal tersebut, pemilihan perabot yang tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan juga akan mengurangi hal-hal yang sebenarnya tidak perlu menambah sesak di ruangan. Dan yang terpenting, selalu merapikan ruangan. Buanglah yang sudah tidak terpakai atau simpan kedalam lemari tertutup atau gudang.

Memiliki rumah mungil bisa jadi pilihan yang menyenangkan jika kamu tahu cara menyiasatinya, bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s