Fengshui dalam Merancang Tangga

Feng Shui desain Tangga – Bagi beberapa orang mempertimbangkan fengshui dalam merancang rumah atau bangunan menjadi sangat penting. Salah satu hal yang biasanya diperhatikan dari sisi fengshui adalah penataan tangga. Apa saja fengshui dalam merancang tangga yang kerap jadi bahan pertimbangan orang saat merancang tangga?

Baca juga: Merancang Tangga pada Rumah Tinggal


Feng Shui dalam Merancang Tangga

Posisi Tangga

fengshui tangga melingkar.jpg

Tangga tidak boleh berada di tengah rumah. Bila di analogikan dengan 9 kotak (3×3), maka yang dimaksud adalah kotak bagian tengah. Tangga utama juga tidak boleh berhadapan dengan tangga service. Selain itu, posisi tangga yang berada di ruang tamu atau terlihat langsung dari ruang depan dianggap tidak etis dan bisa merugikan karir serta usaha. Sebaiknya tangga berada di daerah yang sedikit tersembunyi dari zona publik

Jangan letakkan cermin bertatapan dengan tangga karena dapat menggandakan energi negatif dari bentuk anak tangga (seperti gergaji). Sebaliknya, di akhir tangga kamu bisa meletakkan lukisan (seperti ikan atau kuda) dengan komposisi genap hitam (solid-biasa 2), ganjil (warna-biasa 7). Dan yang penting ketika di jumlahkan totalnya ganjil.

Jumlah tangga di dalam suatu rumah tidak boleh ada 3 atau lebih karena hal ini dipercaya dikemudian hari akan ada keretakan dalam rumah tangga karena orang ketiga.

fengshui tangga - posisi
Sumber gambar: cari fengshui

Selain uraian tersebut, berikut beberapa contoh lain dari posisi tangga yang tidak direkomendasikan secara fengshui :

1. Anak Tangga terlalu Curam dan sempit
Sederhana saja, anak tangga seperti ini tentu bisa memicu jatuh dan kecelakaan bila pengguna kurang berhati-hati, bukan.

2.Berhadapan dengan Toilet atau Gudang
Ujung tangga yang berhadapan dengan toilet atau gudang dipercaya akan menghilangkan energi keberuntungan yang naik dari tangga karena akan terserap oleh keberadaan toilet. Memindahkan arah pintu toilet atau gudang bisa menjadi solusi alternatif.

3.Berhadapan dengan Tangga Lain
Tangga yang berhadap-hadapan dipercaya bisa menghilangkan rejeki penghuni rumah

4.Dapur di bawah Tangga
Tidak ada ventilasi pembuangan asap penggorengan adalah salah satu akibat memiliki dapur di bawah Tangga. Keuangan akan habis karena penghasilan dapat keluar terus menerus akibat masalah-masalah yang terjadi.

5. Berhadapan dengan Kamar Tidur
Sebagian Chi (energi keberuntungan) akan mengalir secara tidak merata ke lantai atas. Keberuntungan penghuni rumah di lantai atas khususnya didepan anak tangga akan hilang dan mengalir ke lantai dasar. Tangga juga tidak boleh berada membawahi kamar karena dipercaya bisa mengganggu karir dan rumah tangga.

6. Berhadapan dengan Tembok
Merupakan feng shui yang baik karena anak tangga yang bertemu dinding dilantai atas secara positif dapat ditebarkan merata ke semua bagian di lantai tersebut.

7. Berhadapan dengan Teras
Posisi ini akan membuat Chi (energi keberuntungan) yang datang akan langsung dibuang keluar melewati pintu depan.

8. Anak tangga yang mejorok
Anak tangga yang menjorok ke pintu kamar tidur bagaikan sebatang jarum yang menonjol ke luar sehingga dapat menimbulkan persoalan bagi penghuni kamar didepannya.

Arah Tangga

fengshui tangga 1.jpg

Kecuali tangga lurus, maka kamu perlu memperhatikan arah putaran tangga. Tangga yang waktu naik kemudian ke kiri berarti pria (suami) berkuasa di rumah itu, sedangkan tangga naik ke kanan berarti wanita (istri) yang berkuasa. Apabila tangga berbentuk U, yang naik harus di sebelah kanan, agar arah perputaran uang masuk ke dalam.

Bentuk Tangga

Dari berbagai bentuk tangga, hindari penggunaan tangga berputar untuk dijadikan tangga utama karena dipercaya kelak akan ada yang menumpang hidup di rumah kamu.

fengshui tangga - jumlah anak tangga.jpg

Jumlah Anak Tangga

Setiap tapak anak tangga memiliki arti dalam fengshui:
Anak tangga pertama = lahir/shen (baik)
Anak tangga kedua = hidup/huok (baik)
Anak tangga ketiga = sakit/bing (jelek)
Anak tangga keempat = mati/se (jelek)
Anak tangga kelima = sengsara/ku (jelek)
Hitungan keenam kembali ke hitungan pertama dan seterusnya.

Bila ada tangga dengan anak tangga yang berjumlah 27 trap, maka penilaian hitungannya jatuh pada posisi ’’hidup/huok’’ yang berarti baik. Sebaliknya, untuk anak tangga yang berjumlah 23 trap bila dibagi lima akan tersisa tiga, maka posisinya berada di ’’sakit/bing’’ yang berarti tidak baik.

Ada juga teori-teori yang menjabarkan perhitungan anak tangga dengan rumusan konsep empat yang artinya hitungan kelima dari teori pertama yang berarti ’’sengsara/ku” ditiadakan.

Jadi, menurut konsep empat, trap yang baik adalah jumlah anak tangga dibagi empat, jika sisa satu atau dua adalah baik. Karena itu, trap anak tangga yang baik menurut versi ini adalah yang berjumlah 17, 18, 21, 22, dan sebagaimana hitungan pada maksud konsep yang berasal dari daratan China bagian utara.

Selain jumlah, ukuran anak tangga juga diatur dari segi fengshui. Lebar anak tangga yang baik : 81 cm (makmur), 91 cm (sukses), dan 112 cm (kaya raya). Tinggi per anak tangga yang terbaik di antara 16,5-18,5 cm.

Ruang Bawah Tangga

fengshui tangga - ruang bawah tangga.jpg
Sumber gambar: Sandimas

Keberadaan tangga kadang menyisakan ruang sisa pada bagian bawah tangga. Tapi, secara fengshui kamu tidak bisa sembarangan meletakan fungsi di ruang bawah tangga ini. Berikut adalah hal yang boleh dan tidak boleh kamu terapkan pada ruang bawah tangga.

 

Tempat Beribadah
Menjadikan ruang bawah tangga sebagai tempat ibadah (altar sembahyang) sangat tidak direkomendasikan. Menyimpan benda-benda ibadah yang dianggap sakral juga sebisa mungkin dihindro.  Hal ini bisa mendatangkan ketidakberuntungan bagi penghuni rumah

Bar Mini atau Dapur
Bukan ide yang baik bila meletakkan bar mini atau dapur di bawah anak tangga. Sebagai tuan rumah yang baik biasanya akan menyajikan minuman dan makanan untuk para tamu, tentunya sangat tidak etis bila seseorang naik turun tangga melewati tuan rumah.

Gudang
Salah satu pemanfaat ruang bawah tangga adalah dengan menjadikannya tempat penyimpanan baik itu berupa rak sepatu, sandal, sapu dan bahkan dapat ditutup dengan pintu sehingga isi didalamnya tidak membuatnya terlihat berantakan.

Tanaman Hias
Jika ruang bawah tangga memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik sangat direkomendasikan menempatkan kebun yang berisi tanaman-tanaman hidup. Tanaman akan melambangkan kekuatan penunjang untuk sebuah anak tangga, sehingga memperkuat hubungan yang baik dengan penghuni lantai dasar dengan lantai diatasnya.

Baca juga: 7 Tips Merancang Ruang Sempit Praktis


Menata rumah berdasarkan fengshui adalah soal pilihan dan kepercayaan. Setiap aspek memiliki penjelasan yang bisa diterima ataupun tidak tergantung dari pendekatan seperti apa yang kamu gunakan dalam merancang rumah.

*berdasarkan pengalaman dan rangkuman sederhana dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s