Hal yang Perlu Kamu Pahami dalam Merancang Tangga

Desain Tangga – Tidak hanya dari segi struktural, merancang tangga kadang menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi arsitek. Banyak parameter yang mempengaruhi sebuah rancangan tangga, mulai dari standar keamanan, kenyamanan, keinginan pemilik rumah, hingga anekdot lain seperti fengshui dan kepercayaan-kepercayaan serupa lainnya!

Inilah beberapa hal dasar dalam merancang tangga pada rumah tinggal yang mungkin bisa memberikan sedikit visualisasi proses merancang tangga.


Hal yang Perlu Kamu Pahami dalam Merancang Tangga

Komponen Tangga

merancang tangga 1Sumber gambar: Alexandria Moulding

Berikut istilah dari komponen-komponen dasar yang mungkin perlu kamu ketahui.

– Balustrade: Set komplit dari Baluster, Handrail, dan Shoerail.
– Baluster:
Kumpulan tiang vertikal digunakan antara handrail dan shoerail, berfungsi untuk menambah keamanan, daya dukung dan stabilitas balustrade.
– Hand Rail: Railing/pagar yang digunakan sebagai pegangan tangan dalam keseluruhan sistem balustrade.
– Shoe Rail: Merupakan bagian bawah dari keseluruhan sistem balustrade yang men-support baluster dan handrail serta membatasinya dengan bagian lantai.
– Newel: tiang vertikal yang dipasang pada awal keseluruhan sistem balustrade, juga merupakan transisi dari balustrade yang satu dengan balustrade yang lain.
– Riser: Unit ketinggian vertikal untuk setiap langkah dalam tangga. Ditentukan dengan membagi total ketinggian lantai total dengan jumlah anak tangga.
– Tread/going: Komponen horizontal dan mendatar dari langkah tangga di mana seseorang berjalan menapak.
Nosing/bordes: Bagian tangga datar ditengah jalur tangga dimana kamu bisa melakukan langkah normal setapak atau dua tapak.


Baca juga: Tips Merancang Ruang Sempit


Standarisasi Ukuran Tangga

merancang tangga 2.jpg

Minimal rise (mm) Maximal rise (mm) Minimal going (mm) Maximal going (mm)
Tangga Privat 150 220 220 300
Tangga Utilitas* 150 190 250 400
Tangga Publik 150 170 250 400

*Tangga utilitas adalah tangga yang digunakan untuk melarikan diri, akses untuk pemeliharaan bangunan atau untuk tujuan selain sebagai rute biasa untuk akses sehari-hari.

Untuk rumah tinggal, untuk tangga yang terlalu curam (kemiringan diatas 42 derajat), going/tread atau tapak harus minimal 280mm. Kemiringan untuk tangga private adalah 42 derajat. Headroom atau batas menuju tangga yang berada diatas kepala minimum harus 2 meter. Selain tabel diatas, ada beberapa standar ukuran yang perlu kamu ketahui:

Lebar tangga

Lebar tangga untuk rumah tinggal minimal idealnya 9oo mm (dari baluster ke baluster). Namun, untuk kenyamanan minimal, lebar tangga yang baik adalah 1200 mm.

*Pertimbangkan juga jalur akses furnitur dalam merancang tangga rumah tinggal, karena tangga harus bisa digunakan untuk aksesibilitas berbagai furnitur juga.

Banyaknya anak Tangga

Tangga yang memiliki lebih dari 36 anak tangga di satu jalur berturut-turut harus memiliki setidaknya satu nosing/bordes. Nosing/bordes biasanya minimal berukuran sama lebar dengan tangga dan berbentuk persegi. Namun pada tangga berbentuk U, nosing atau bordes bisa dibuat persegi panjang.

Untuk fasilitas publik, nosing/bordes baiknya ada disetiap 12-16 anak tangga. Hindari juga langkah-langkah tunggal karena sangat berbahaya.

Handrails

Ketinggian pegangan tangan yang nyaman adalah 900 – 1000 mm dari tapak anak tangga. Buatlah handrails pada kedua sisi tangga untuk keamanan dan kenyamanan penggunaan. Untuk tangga publik dengan lebar lebih dari 2 meter, perlu ditambahkan satu handrails tambahan pada bagian tengah.

Guarding / Pengamanan

Di gedung-gedung yang terdapat anak-anak berusia di bawah 5, penjagaan harus dirancang sehingga jarak antar baluster tidak melebihi 100 mm.

Tangga dan Fengshui

fengshui.jpg
Sumber gambar The Asian Entrepreneur

Selain dari segi arsitektural, salah satu pendekatan lainnya dalam merancang tangga adalah dari sudut pandang fengshui. Dalam feng shui tangga , tidak hanya posisi penempatan, bahkan jumlah serta arah anak tangga juga menjadi parameter yang perlu diperhatikan.

Baca lebih Lengkap: Fengshui dalam Merancang Tangga


Tangga merupakan salah satu fasilitas aksesibilitas yang cukup sering digunakan dalam rumah tinggal. Merancang tangga dalam rumah tinggal senyaman mungkin kemudian menjadi sangat penting. Karena rancangan yang salah akan membuat ketidaknyamanan yang cukup panjang.

*berdasarkan pengalaman penulis dan berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s