Fengshui Warna dalam Menata Rumah

Feng Shui Rumah – Dalam membahas fengshui rumah, ada banyak aspek yang terkait. Termasuk fengshui warna. Beberapa orang meyakini setiap warna memiliki makna serta memberikan energi yang berbeda kepada pengguna ruangan. Inilah penjabaran warna-warna terkait fengshui serta keselarasannya dengan interior rumah!


Baca juga: Feng Shui dalam Merancang Tangga


Fengshui Warna

Kuning – Sunny, Nourishing, Happy (Elemen Api – Tanah)

Fengshui warna kuning
sumber gambar: Kitchen Design Ideas

Warna fengshui dari sinar matahari, memiliki aura ceria dan kuning semangat selalu mencerahkan setiap rumah atau kantor. Warna kuning juga menciptakan rasa nyaman serta mendatangkan energi fengshui positif untuk dapur, kamar atau kamar anak-anak di rumahmu!

Baik: Koridor, Dapur, Ruang Bermain Anak.

Buruk: Ruang Tidur Anak, Ruang Makan Keluarga.


Merah – Passion, Courage, Romance (Elemen Api)

Merah adalah warna terkuat untuk merepresentasi elemen api pada fengshui. Warna merah cerah akan memberikan energi sukacita, kegembiraan, dan (ehm) dapat menstimulasi gairah seksual.

Merah juga dipercaya masyarakat Cina sebagai warna keberuntungan dan kebahagiaan. Sedangkan di India, warna ini dianggap sebagai warna pernikahan dan merupakan warna simbolik dari cinta dan asmara, keberanian, dan semangat untuk negara-negara Barat

Buruk: Kamar Tidur


Hijau – Growth, Health, Vibrancy (Elemen Tanah)

 

fengshui warna hijau

sumber gambar: Online Education System

Hijau dalam fengshui merupakan warna pembaharuan, energi segar, dan regenerasi. Warna hijau memiliki energi yang baik untuk kesehatan karena menyeimbangkan seluruh tubuh dengan membawa gelombang energi fengshui dari alam.

 

Jika kamu memutuskan menggunakan warna hijau dalam ruang, penting untuk memiliki setidaknya beberapa tone warna hijau yang berbeda untuk memaksimalkan efek energi positif dari feng shui warna hijau.

Buruk: Ruang Belajar, Ruang Keluarga, Ruang Bermain Anak.


Oranye – Social, Open, Optimistic (Elemen Api)

fengshui warna oranye
Sumber gambar: Houzz

Jika kamu merasa energi fengshui dari warna merah terlalu kuat, warna oranye bisa menjadi penggatinya. Warna ini sering disebut sebagai warna “sosial”, karena menciptakan energi feng shui yang menghidupkan sebuah percakapan dan quality time yang baik di dalam ruangan tersebut.

Warna oranye juga sering mengingatkan kita pada bayangan musim panas dan cahaya hangat dari perapian.

Baik: Ruang tidur, Ruang Makan, Koridor

Buruk: Ruang-Ruang Berukuran Kecil.


Putih – Innocence, Freshness, New Beginnings (Elemen Besi)

fengshui warna putih
sumber gambar: Country Living

Warna putih dalam fengshui melambangkan kemurnian dan kepolosan. Putih juga merupakan warna yang menyerap atau mengandung semua warna lainnya. Hal ini menjelaskan mengapa kita bisa merasa terpesona dan sangat takjub dengan ruangan yang putih bersih.

Baik: Ruang keluarga, Ruang santai, Dapur.

Buruk: Ruang Tidur Anak, Ruang Makan Keluarga.


Biru – Calm, Tranquility, Peace (Elemen Air)

fengshui warna biru
sumber gambar: lushome

Biru adalah warna yang secara fengshui memiliki kesan megah. Biru juga melambangkan kebijaksanaan yang baik digunakan pada rumahmu. Arah mata angin juga mempengaruhi energi yang dihasilkan oleh warna satu ini. Timur (Kesehatan), Tenggara (Uang), dan Utara (Karir).

Baik: Ruangan yang bersifat pribadi seperti ruang kamar tidur, ruang meditasi ataupun ruangan untuk terapi.


Abu-abu – Clear, Detached, Neutral (Elemen Besi)

fengshui warna abu-abu
sumber gambar: First

Warna abu-abu biasanya dianggap membosankan dan terkesan kusam. Namun, di lain sisi warna ini juga dianggap lambang dari kecanggihan dan juga warna kelas atas. Terlepas dari persepsi tersebut, warna abu-abu diyakini bisa membawa energi feng shui yang indah untuk ruang apapun, selama digunakan dengan bijak. Area feng shui yang paling bermanfaat dari energi warna abu-abu adalah Barat (Kreativitas), Barat laut (Orang yang berguna), dan Utara (Karir).


Ungu – Royal, Mysterious, Noble (Elemen Api)

fengshui warna ungu
sumber gambar: Daughter of Avalon

Gunakanlah warna ungu yang bervariasi. Sebagai warna, ungu adalah warna yang memiliki vibrasi yang tinggi, dan mungkin akan lebih baik untuk membawa warna ini ke rumahmu dengan melalui elemen dekorasi (seperti bantal, karpet, dan lukisan), bukan warna dinding.

Ruang fengshui terbaik di mana kamu bisa dengan bebas bereksplorasi dengan warna ungu adalah ruang penyembuhan atau ruang meditasi.

Buruk: Dapur, Kamar Mandi.


Pink – Gentle, Soothing, Loving (Elemen Api)

fengshui warna pink
sumber gambar: Home Epiphany

Warna pink melambangkan cinta secara universal, yang membuatnya menjadi warna fengshui yang sempurna untuk melembutkan energi dalam setiap ruang. Energi fengshui yang lembut dan halus dari warna pink memiliki efek menenangkan pada perilaku seseorang. Kamu bisa mengaplikasikan warna ini di mana saja di rumahmu mulai dari kamar tidur hinga ruang cuci.

Baik: Ruangan yang memiliki nilai privasi tinggi.

Buruk: Dapur, Kamar Mandi.


Hitam – Unknown, Infinite, Absorbing (Elemen Air)

fengshui warna hitam
sumber gambar: AnnAtic

Melambangkan air dalam dan kekosongan universal secara fengshui. Warna hitam menambah kedalaman, kekuatan, dan definisi untuk ruang apapun. Kamu bisa menggunakannya untuk membawa energi kuat untuk ruang apapun. Namun, hindari menggunakan warna hitam di kamar bayi atau di langit-langit kamar tidur.


Coklat – Strength, Grounding, Stability (Elemen Tanah)

fengshui warna coklat
sumber gambar: Behrpaint

Warna coklat telah menjadi pilihan warna yang populer secara fengshui dalam beberapa tahun terakhir. Energi dari warna ini memberikan aura positif. Daerah fengshui yang paling baik untuk energi dari warna coklat adalah Timur (Kesehatan), Tenggara (Uang), dan Selatan (Ketenaran).

Baik: Ruangan yang membutuhkan kosentrasi lebih seperti ruang belajar atau ruang kerja.

Buruk: Ruang-ruang untuk beristirahat.


Baca juga: Tips Merancang Ruang Sempit


Dalam memilih warna fengshui, perhatikan juga elemen-elemen dari warna tersebut. Hindari penggunaan warna dengan elemen yang bertentangan dengan elemen yang kamu miliki. Menggunakan warna favorit boleh-boleh saja, asal jangan sampai mendominasi warna-warna dengan energi yang bertentangan.

Yuk, bagikan warna-warna favorit kamu untuk interior lewat kolom kometar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s