12 Kreasi & 7 Tips Desain Dapur Skandinavian Terbaru

Desain Dapur Skandinavian – Desain dapur Skandinavian yang mendapatkan pengaruh dari gaya desain asal Eropa Utara kini tengah menjadi favorit. Terlihat sederhana, dapur bergaya Skandinavian juga mampu menghadirkan kesan elegan namun tidak berlebihan.

Tertarik mengimplemntasikan desain dapur bergaya Skandinavian pada hunianmu? Ikuti panduan sederhana desain dapur Skandinavian berikut dan intip beberapa inspirasi desain dapur bergaya Skandinavian berikut:


Baca juga: Fengshui Warna dalam Menata Rumah


Tips Mewujudkan Desain Dapur Skandinavian Impian

1. Pemilihan Warna Dapur Skandinavian: Monokrom

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: DigsDigs

Rancangan dapur gaya Skandinavian identik dengan minimnya warna. Komposisi warna monokrom biasanya identik dalam palet warna dan dekorasi dapur Skandinavian. Warna-warna netral seperti putih dan abu-abu biasa menjadi warna dominan pada desain dapur Skandinavian.

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: Pinterest

Sebagai warna pelengkap, berikan sedikit sentuhan warna-warna lembut yang tidak terlalu kontras dengan warna utama seperti krem, coklat muda, biru muda, turqois, dan sejenisnya. Warna pink dan ungu muda juga bukan pilihan yang buruk untuk memberikan kesan lebih feminim pada konsep dapur Skandinavian.

2. Perabot Dapur yang Sederhana

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: Wood Works Brighton

Menggunakan perabot dan dekorasi yang sederhana dan minim detail adalah tips desain dapur Skandinavian selanjutnya. Gunakan konsep finger tip untuk semua pintu lemari atau tarikan atau handle yang minimalis.

Desain dapur skandinavian
Sumber gambar: Qumania

Hindari atau minimalisir penggunaan bentuk-bentuk yang rumit dengan sudut-sudut asimetrik pada perabot dapur Skandinavian. Senadakan juga penggunaan material agar memperkuat kesan desain dapur Skandinavian yang simple.

3. Bukaan dan Pencahayaan yang Maksimal

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: Pinterest

Karena didominasi warna yang terang, cara membuat desain dapur Skandinavian lebih maksimal adalah dengan memaksimalkan pencahayaan dari ruang dapur tersebut. Selain melalui penataan lampu sebagai pencahayaan buatan, manfaatkan juga penggunaan jendela ataupun pintu kaca sebagai penerangan alami.

Baca juga: 7 Tips Merancang Ruang Sempit Praktis

4. Aplikasi Elemen Kayu pada Desain Dapur Skandinavian

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: Leiffcabraser

Cara mendesain dapur Skandinavian tak lepas dari penggunaan elemen kayu. Dengan warna dominan yang netral, tekstur kayu pada dapur Skandinavian jadi lebih menonjol. Pada dapur dengan gaya Skandinavian, pilih kayu dengan warna yang terang dan tekstur yang tidak terlalu padat dan kontras.

Inspirasi Desain Dapur Kecil
Sumber gambar: Comiccabal

Aplikasikan elemen kayu pada bagian-bagian tertentu dah hindari penggunaan kayu merusak komposisi warna dapur Skandinavian yang dominan. Tips penggunaan kayu pada desain dapur Skandinavian adalah dengan mengaplikasikannya pada elemen dekoratif dan perabot-perabot minor pada ruangan saja.

5. Minim Motif

 

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: johntavaglioneforcongress

Membuat desain dapur Skandinavian sedikit mirip dengan desain dapur minimalis. Hindari penggunaan terlalu banyak warna dan pola pada dapur Skandinavian. Utamakan juga material yang dove daripada material glossy kecuali pada bagian-bagian yang rentan terkena air dan memiliki kelembaban yang  tinggi.

 

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: Clipgoo

Jika tetap ingin menggunakan pola atau motif, gunakan pola-pola sederhana seperti geometris, stipes atau garis-garis, dan herringbone.

6. Utamakan Nilai Fungsional pada Dapur Bergaya Skandinavian

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: Hara Kitchens

Meskipun banyak orang menilai desain dapur Skandinavian yang memiliki gaya artisti, nyatanya dalam merancang dapur dengan style Skandinavian lebih mengutamakan segi fungsionalitas dibandingkan sisi artistiknya.

7. Pemilihan Aksesoris & Dekorasi Dapur Skandinavian yang Tepat

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: Designs Kitchen

Tips mewujudkan desain dapur Skandinavian selanjutnya adalah dengan memiliki dekorasi dan aksesoris dapur yang tepat. Untuk dekorasi seperti pajangan atau lukisan, hindari penggunaan terlalu banyak warna.

Desain Dapur Skandinavian
Sumber gambar: Futurist Architecture

Sedangkan, untuk menambah kesegaran suasana dapur, menggunakan tanaman atau vegetasi bisa jadi pilihan dekorasi dapur Skandinavian yang baik. Namun, dibandingkan tanaman yang berbunga dan warna-warni, tanaman hias daun yang didominasi warna hijau saja jauh lebih baik untuk desain dapur Skandinavian.


Tidak sulit mewujudkan desain dapur Skandinavian yang baik. Hanya saja, dalam menentukan gaya desain Skandinavian pada dapur harus mempertimbangkan desain hunian secara keseluruhan. Kombinasi gaya desain yang kontras akan membuat desain dapur bergaya Skandinavian justru tidak maksimal dan merusak seluruh komposisi desain hunian secara menyeluruh.

Selamat bekreasi mewujudkan desain dapur Skandinavian impian untuk hunianmu! Atau, tepis kebingunganmu, mulai konsultasikan dan wujudkan dapur Skandinavian terbaik dengan Interinoz.

user messages”]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s