15 Inspirasi Kreatif Desain Ruang Bawah Tangga yang Fungsional

Desain Ruang Bawah Tangga – Ruang bawah tangga rumahmu sulit untuk diolah? Atau kamu tengah kesulitan menemukan fungsi ruang apa yang tepat untuk melengkapi desain kolong bawah tangga yang kamu miliki?

Meskipun memiliki ruang terbatas dan bentuk ruang yang cukup menantang, nyatanya banyak kreasi yang bisa kamu aplikasikan pada desain ruang bawah tangga. Ada banyak sekali fungsi-fungsi yang baik untuk hunian dapat diterapkan pada rancangan ruang di kolong tangga seperti beberapa kreasi desain ruang bawah tangga yang fungsional berikut:

Baca juga: Hal yang Perlu Kamu Pahami dalam Merancang Tangga

Kreasi Desain Ruang Bawah Tangga: sebagai Ruang Kerja

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Homedit

Ruang kerja atau belajar terkadang bukan menjadi prioritas utama dalam hunian sehingga kerap digabung dengan ruang lainnya seperti ruang kamar ataupun ruang keluarga. Padahal, fungsi ini diaplikasikan pada desain ruang bawah tangga yang kamu miliki.

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Popeti

Pergerakan ruang pada saat belajar yang tidak membutuhkan ruang cukup luas dan tinggi membuat desain ruang di kolong tangga sebagai ruang belajar atau ruang kerja sangatlah proporsional dan tentunga sangat fungsional.

Kreasi Desain Ruang Bawah Tangga: sebagai Ruang Duduk & Perpustakaan Mini

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Edupaint

Ruang di bawah tangga juga bisa dijadikan sarana untuk menunjang hobi. Misalnya untuk yang gemar membaca, desain ruang bawah tangga sebagai perpustakaan mini lengkap dengan kursi santai bukanlah pilihan yang buruk.

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Wanita Indonesia

Selain membaca, ruang bawah tangga bisa juga digunakan untuk berbagai hobi lainnya seperti untuk memajang koleksi hingga berbagai hobimenarik lainnya.

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Smart-Storage

Namun, jika kamu bukan penggemar buku atau hobi spesifik lainnya. Desain ruang di kolong tangga bisa juda disulap menjadi ruang duduk sederhana yang nyaman.

Kreasi Desain Ruang Bawah Tangga: untuk Dapur Mungil yang Manis

desain dapur bawah tangga
Sumber gambar: Grid

Tak hanya fungsi-fungsi penunjang, jika ruang di bawah tangga memadai, tak ada salahnya untuk terapkan fungsi utama pada desain ruang di bawah tangga hunianmu seperti dapur.

desain dapur bawah tangga
Sumber gambar: Aaipl

Meski kerap dianggap menyalahi feng shui dapur, tak sedikit yang tertarik untuk menyulap kolong tangga menjadi dapur yang cantik dan tetap ergonomis untuk beraktivitas.

Baca juga: 9 Kreasi Desain Dapur Bawah Tangga yang Hemat Ruangan!

Kreasi Desain Ruang Bawah Tangga: Taman Indoor yang Menyegarkan

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: SES 2015 org

Kreasi desain ruang bawah tangga lainnya yang bisa diterapkan jika tak ada fungsi tambahan yang diperlukan adalah menyulapnya menjadi taman indoor.

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Homify

Tak hanya untuk segi estetis, desain taman di bawah tangga juga bisa menghadirkan kesan menyegarkan pada hunian dan membuat desain kolong tangga menjadi elemen dekoratif yang menarik di interior ruangan.

Kreasi Desain Ruang Bawah Tangga: Storage yang Fungsional

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Ideal Home

Cara memanfaatkan ruang bawah tangga yang paling lazim adalah menjadikannya sebagai storage atau lemari penyimpanan tambahan. Selain membuat desain kolong tangga menjadi lebih rapi, tentu konsep desain bawah tangga ini sangatlah fungsional.

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Live Space

Tanpa mengesampingkan nilai fungsional tersebut, jangan takut untuk mengeksplorasi bagaimana caramu merancang desain storage dibawah tangga sehingga nilai estetika pada desain ruang bawah tangga sebanding dengan nilai fungsi yang dimilikinya.

Kreasi Desain Ruang Bawah Tangga: sebagai  Wardrobe Multi-Fungsi

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Homedit

Meski kerap digunakan untuk menyimpan barang-barang, desain ruang bawah tangga sebagai storage bisa dikembangkan lagi menjadi wardrobe atau lemari pakaian.

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Ideal Home

Selain cocok untuk pakaian, desain ruang bawah tangga ini juga sangat cocok sebagai rak penyimpanan sepatu. Konsep desain kolong tangga yang pas untuk kamu yang punya masalah kepenuhan pakaian di dalam lemari.

Kreasi Desain Ruang Bawah Tangga: untuk Rumah Impian Hewan Peliharaan

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Pinterest

Jika kamu memiliki hewan peliharaan di dalam rumah, menjadikan ruang di bawah tangga sebagai tempat tinggal hewan peliharaan juga tengah menjadi trend yang cukup menarik sebagai referensi.

Desain ruang Bawah Tangga
Sumber gambar: Pinterest

Tubuh hewan peliharaan yang kecil jelas akan lebih cocok untuk menghuni kolong bawah tangga yang mungil.

Baca juga: Fengshui dalam Merancang Tangga

Tak sedikit bukan kreasi yang bisa kamu terapkan pada desain kolong bawah tangga rumahmu. Lalu, desain ruang bawah tangga seperti apa yang paling kamu sukai?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s