12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Tanaman yang baik untuk Feng Shui – Banyak yang percaya menata rumah berdasarkan feng shui akan mendatangkan keberuntungan dan juga hal-hal baik lainnya. Feng shui sendiri mengatur banyak sekali hal, salah satunya feng shui tanaman di dalam rumah.

Sebagai bagian dari dekorasi dan pelengkap interior, beberapa orang yang memilih untuk meletakkan tanaman baik itu di dalam ataupun di luar rumah. Keberadaan tanaman tertentu di dalam rumah ataupun di pekarangan rumah dipecaya mampu mendatangkan keberuntungan. Ingin  tahu lebih dalam mengenai feng shui tanaman? Intip berbagai tanaman pembawa keberuntungan yang baik dalam sudut pandang feng shui, berikut:

Baca juga: Fengshui Warna dalam Menata Rumah

Tanaman Pembawa Keberuntungan menurut Feng Shui

1. Pohon Uang atau Pachira pembawa Rejeki

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Universal Floral

Sesuai dengan namanya, pohon uang yang dikenal juga dengan nama Pachira kerap digunakan untuk melengkapi dekorasi ruangan karena dianggap sebagai tanaman yang mampu mendatangkan keberuntungan dan juga rezeki.

Fengshui tanaman pembawa keberuntungan ini juga dipercaya mampu memberikan umur yang panjang dan cocok untuk menghiasi ruang tamu ataupun ruang keluarga dimana banyak interaksi dan aktivitas komunal terjadi.

2. Tanaman Pembawa Keberuntungan: Bambu Hoki atau Lucky Bamboo

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Avant Garden Florist

Bambu Hoki atau Lucky Bamboo yang juga dikenal sebagai bambu air sudah lama dipercaya di negeri Tiongkok sebagai salah satu tanaman pembawa keberuntungan. Tanaman yang baik untuk Feng Shui ini kerap digunakan untuk menghiasi ruangan dengan harapan mampu memberikan kedamaian, kasih sayang, dan tentunya keberuntungan “hoki” bagi penghuni ruangan.

Setiap jumlah dari tangkai dan lokasi penempatan tanaman pembawa feng shui positif ini juga dipercaya mengandung harapan dan makna yang berbeda.

3. Tanaman Lidah Mertua atau Sansevieria

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Interior Foliage

Tanaman pembawa feng shui baik selanjutnya ini dikenal dengan nama tanaman lidah mertua di Indonesia. Nama yang sedikit eksentrik untuk dipercaya mampi memberikan manfaat menyerap Chi atau Energi Negatif di dalam hunian. Feng shui tanaman ini mampu memberikan perlindungan kuat pada penghuni dari berbagai energi negatif yang masuk ke dalam rumah.

Namun, tanaman ini sendiri juga dipercaya mampu memberikan dampak negatif dan buruk secara feng shui jika penempatannya yang salah. Untuk memaksimalkan feng shui baik tanaman ini, letakkanlah tanaman lidah mertua di ruang-ruang yang cukup sepi dan jarang atau bahkan tidak pernah dipenuhi orang.

4. Bunga Anggrek, Tanaman pembawa Keberuntungan Percintaan

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Stuff

Keindahan tanaman bunga anggrek memang kerap menjadikannya pilihan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Tapi, di luas itu siapa sangat anggrek juga dikategorikan sebagai tanaman pembawa keberuntungan dari sudut pandang feng shui tanaman.

Tanaman anggrek memiliki kemampuan memperbaiki hubungaan yang tengah dijalani penghuni rumah dan juga membantu penghuni rumah untuk menjadi pribadi yang lebih romantis. Selain itu, feng shui tanaman anggrek yang diletakkan di dalam kamar tidur juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur, lho!

5. Bunga Teratai untuk Keharmonisan

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: AliExpress

Tanaman indah dan juga baik untuk feng shui selanjutnya adalah bunga teratai. Biasa hidup di dalam pot berair, bunga teratai dipercaya bisa menghadirkan kesejahteraan, kebahagiaan, serta lingkungan dan atmosfer yang lebih romantis.

6. Lavender yang Membawa Kedamaian 

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: HGTV

Secara ilmiah, bunga pembawa keberuntungan satu ini kerap digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma yang dimiliki tanaman ini juga mampu menjadi aroma terapi yang menenangkan.

Di sisi lain, feng shui tanaman lavender dipercaya bisa mendatangkan kedamaian ke dalam rumah kamu. Energi feng shui dari tanaman lavender juga mebuat penghuni rumah menjadi lebih betah untuk tinggal di dalam rumah.

7. Tanaman untuk Feng Shui yang Baik, Sirih Gading

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Floral dan Fauna

Memiliki warna hijau yang menyegarkan, sirih gading termasuk salah satu tanaman hias yang lazim menghiasi taman dan juga interior ruangan. Namun, siapa sangka jika meletakkan tanaman ini di atas lemari, rak, ataupun sudut kamar tidur feng shui tanaman ini dipercaya bisa menyerap energi buruk yang ada di dalam ruangan, lho.

Belum lagi, tanaman yang dapat mendatangkan keuntungan ini relatif mudah untuk dirawat sehingga tak sedikit orang tertarik menggunakannya sebagai bagian dari rumah tinggalnya.

8. Pembawa Keberuntungan dan Rejeki, Sri Rejeki alias Aglaonema

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Fabelio

Sri Rejeki, dari namanya sudah jelas banyak orang mempercayai bahwa tanaman ini merupakan tanaman pembawa rejeki. Biasanya semakin kuning atau keemasan daun dari tanaman ini, makan keberuntungan atau rejeki akan semakin besar.

Tanaman pembawa keberuntungan ini secara feng shui tanaman hias paling tepat diletakkan pada teras dari rumah.

9. Pohon Palem si Pembuang Sial

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Grosir Tanaman

Palm merupakan tanaman hias dengan banyak varian. Daunnya yang rimbun cocok untuk memberikan kesan lebih teduh. Meletakkan tanaman palm di pekarangan ataupun salah satu sudut ruangan dipercaya mampu memberikan feng shui yang baik pada rumah.

Di luar itu, secara ilmiah tanaman pembawa keberuntungan ini juga memiliki kemampuan menyerap zat-zat beracun dari xylene dan formaldehyde yang kerap ada pada perabot dan furnitur khurusnya yang masin baru.

10. Bunga Sedap Malam yang Menenangkan

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Flowerian

Bunga pembawa keberuntungan yang baik untuk feng shui rumah selanjutnya adalah bunga sedap malam yang nemiliki nama latin Polianthes tuberose. Tanaman hias ini digemari tak hanya karena rupanya yang cantik, tapi sesuai namanya, tanaman pembawa keberuntungan satu ini memiliki aroma memikat yang akan lebih terasa saat malam hari.

Secara feng shui, tanaman ini sendiri dipercaya bisa memberikan atmosfer yang menenangkan pada para penghuni rumah.

11. Tanaman Pembawa Keberuntungan, Pohon Jeruk Emas atau Jin Ju

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Bedah Buah

Identik saat perayaan imlek, pohon buah jeruk emas dipercaya dalam budaya tionghoa sebagai tanaman pembawa “hoki”. Kepercayaan ini bukan tanpa alasan karena secara fengshui tanaman ini diyakini bisa mendekatkan penghuni rumah pada kesuksesan dan juga rejeki yang berlimpah.

12. Mawar, Si Cantik Pembawa Keberuntungan 

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Baker

Kerap digunakan sebagai perlambang kasih sayang, cinta, dan juga valentine, siapa sangka Mawar termasuk dalam daftar tanaman pembawa keberuntungan. Namun, keberuntungan dari menanam bunga mawar tak hanya mencakup keberuntungan dalam hal rejeki materi, tapi juga kesehatan dan juga kebahagiaan.

Baca juga: Fengshui dalam Merancang Tangga

Tak hanya cantik, siapa sangka berbagai tanaman hias di atas dipercaya sebagian orang sebagai tanaman yang membawa keberuntungan. Terlepas dari percaya atau tidak percayanya kamu pada feng shui tanaman, tak bisa dipungkiri kehadiran tanaman hias pembawa keberuntungan di dalam rumahmu bisa menjadi elemen dekoratif yang menarik. Tanaman keberutungan tersebut juga bisa memberikan nuansa menyejukkan, menyegarkan, dan juga indah serta alami pada rumah.

Jadi, tanaman pembawa keberuntungan mana yang akan kamu pilih untuk hadirkan energi feng shui yang positif di rumahmu?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s