14 Inspirasi Desain Dapur Industrial & Tips Mewujudkannya

Tips Desain Dapur Industrial – Kini konsep dapur industrial tengah menjadi trend, terutama untuk desain dapur komersial seperti restaurant ataupun kafe. Namun, tak ada salahnya juga untuk menerapkan konsep desain dapur industrial pada dapur hunianmu.

Tertarik untuk meneraptkan konsep dapur industrial pada hunian? Yuk, simak berbagai tips desain dapur industrial berikut beserta berbagai inspirasi dari kreasi interior dapur industrial terbaik!

Baca juga: 9 Kreasi Desain Dapur Bawah Tangga yang Hemat Ruangan!

Tips & Trik Desain Dapur Industrial

1. Aplikasikan Elemen Besi dan Logam pada Desain Dapur Industrial

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Decoist

Elemen metal terutaman dalam material penggunaan dapur industrial bisa dikatakan sebagai salah satu hal dasar dan wajib dalam merancang dapur dengan konsep industrial.

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Dlingoo

Elemen metal seperti besi, alumunium, baja, dan sejenisnya bisa kamu aplikasikan sebagai material utama dari perabot di dapur industrial ataupun sekedar sebagai elemene dekoratif. Sifat material yang dingin dan juga “keras” mampu memperkuat kesan desain industrial pada dapur yang kamu miliki.

2. Berani dalam Eksplorasi Material

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Trendir

Meski dalam desain dapur bergaya industrial elemen metal menjadi material wajib, jangan batasi diri kamu dalam melakukan eksplorasi material-material lain yang juga mampu mempertegas konsep industrial pada desain dapur.

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Clipgoo

Penggunaan material seperti panel kayu, beton, akrilik, hingga pipa bisa jadi pelengkap keseluruhan desain dapur industrial yang tak hanya memperkaya komposisi material dari desain dapur dengan konsep industrial, tapi juga memperkuat atmosfer industrial yang ada pada dapur.

3. Palet Warna dalam Desain Dapur Industrial

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Decoration Channel

Meskipun tidak ada batasan dalam penerapan skema warna pada desain dapur industrial, pada kebanyakan desain dapur dengan gaya industrial, warna hitam menjadi warna yang paling sering ditemukan dan juga bisa kamu aplikasikan untuk mempermudah dapatkan konsep industrial pada desain dapur.

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Ktchn Mag

Warna hitam ini bisa menjadi warna utama yang mendominasi desain dapur industrial, atau sekedar warna pelengkap pada desain dapur bergaya industrial dengan warna dasar yang lebih terang. Apapun pilihanmu, warna hitam cenderung akan stand out pada dapur dengan konsep industrial.

4. Desain Pencahayaan untuk Dapur Industrial

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Decoist

Sedikit berbeda dengan desain dapur pada umumnya, pemilihan pencahayaan pada dapur dengan konsep industrial cenderung memilih warna-warna cahaya yang kekuningan atau warna lainnya yang memberikan kesan lebih hangat dibandingkan warna putih.

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Kamet Software

Selain warna cahaya, pemilihan desain lampu dan cara penempatannya pada dapur industrial juga sedikit lebih unik dan juga lebih berani. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai jenis lampu yang tak umum digunakan di dalam ruang dapur, bahkan material-material yang umumnya tidak digunakan sebagai dekorasi lampu.

Baca juga: 10 Tips Desain Dapur Sempit Fungsional & Maksimal

5.  Biarkan Beberapa Elemen Unfinished

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: CAPPBC

Ciri desain dapur industrial lain selain elemen besi dan warna hitam, adalah kehadiran beberapa bagian dari desain dapur industrial yang masih terasa mentah alias unfinished.

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Blue Tea Kitchens

Menyisakan beberapa bagian dari desain dapur berkonsep industrial membantu untuk menghidupkan nuansa industrial pada desain dapur. Mulai dari beton, kayu dengan tekstur yang masih kasar, besi daur ulang, hingga palet kayu bisa menjadi beberapa alternatif material unfinished yang bisa kamu pilih.

6. Sempurnakan Desain Dapur Industrial dengan Dekorasi yang Tepat

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Home-Designing

Setelah gambaran utama dari desain dapur industrial ada di dalam bayanganmu, saatnya melengkapi dapur gaya industrial dengan berbegai hiasan dan dekorasi interior dapur industrial yang tepat.

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Voutia

Pada fase ini, jangan batasi ruang kreatifmu dalam menggunakan berbagai macam hal sebagai dekorasi desain dapur industrial seperti penggunaan spareparts besi yang disulap menjadi dekorasi dinding, hingga berbagai kaleng bekas yang menjadi pot tanaman cantik.

7. Hindari Kesan dan Image Terlalu Rustic

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Coreshots

Selain desain dapur industrial, beberapa karakter yang telah dijabarkan sebelumnya juga umum ditemui pada desain dapur bergaya rustic. Berbeda dengan desain industrial, gaya rustic cenderung memiliki image lebih keras dan juga eksplorasi yang lebih extreme.

Desain Dapur Industrial
Sumber gambar: Eatwell

Untuk itu, pastikan kamu tidak berlebihan dalam mengimplementasi segala elemen pada desain dapur indutrial agar identitas industial dan rustic tidak saling membayangi desain dapur milikmu.

Baca juga: 12 Kreasi & 7 Tips Desain Dapur Skandinavian Terbaru

Konsep dapur industrial memang sangat menarik dan eksentrik. Untuk membuatnya tidak terlihat kontras, pertimbangkan keselarasan dari desain dapur industrial dengan keseluruhan desain interior hunian agar dapur dengan desain industrial milikmu tidak terkesan kurang menyatu dengan hunian.

Selamat berkreasi dengan desain dapur industrial impianmu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s