10 Psikologi dan Makna Warna dalam Interior Rumah

Makna & Arti Warna pada Interior – Pemilihan warna pada interior adalah salah satu faktor penting. Warna pada Interior memiliki dampak psikologi yang akan mempengaruhi terhadap kenyamanan penggunaan ruang.

Dengan memahami makna dan arti psikologis dari warna Interior, kamu tak hanya bisa membuat ruangan dengan warna yang cantik dan estetis saja, tapi juga mampu menciptakan kenyamanan dengan psikologi warna yang pas!


Baca juga: Tips Merancang Ruang Sempit


Psikologi dan Makna Warna dalam Interior

Arti Warna Putih pada Interior

Makna dan Arti warna putih
Sumber gambar: freshome

Warna putih termasuk salah satu warna favorit yang kerap dipilih untuk mendominasi interior rumah.  Selain karena warna putih merupakan salah satu warna netral yang cocok untuk diaplikasikan pada tipe gaya desain dan warna lainnya, warna putih juga bisa memberikan efek visual lebih terang dan juga lebih luas pada ruangan.

Selain itu, secara psikologis warna putih mampu menghadirkan nuansa yang lebih damai dan menenangkan, sederhana, serta bersih dan suci.

Makna Warna Hitam pada Interior

psikologi dan makna warna dalam interior
Sumber gambar: trendir

Sama-sama bersifat netral, warna hitam justru memberikan makna psikologis yang justru berbeda daripada warna putih. Selain membuat ruang terasa lebih gelap sehingga ruangan terkesan sempit, sumpek, dan tidak lega, warna hitam juga memiliki kesan yang sangat kuart dan dalam. Warna hitam juga bisa dikategorikan sebagai warna yang memberikan kesan formal pada ruangan.  Makna dari warna hitam sering diterjemarkan sebagai lambang perlindungan.

Karena kedua sifat yang cukup berlawanan dan kesan yang sama-sama kuat, warna hitan dan warna putih kerap dikomposisikan berdampingan (secara monokrom) untuk memberikan nuansa dan dampak psikologis warna yang seimbang.

Arti Warna Merah pada Interior

makna warna merah
Sumber gambar: trendir

Warna lainnya yang juga memiliki kesan cukup kuat adalah warna merah.  Selalu diterjemaskan sebagai warna dengan makna keberanian, merah juga memiliki makna warna yang kua dan juga erotis. Turunan dari warna merah yang lebih lembut juga bisa memberikan makna kasih sayang dan cinta

Kehadiran warna merah pada interior memberikan psikologi warna yang memicu alirah darah dan detak jantung sehingga juga dipercaya mampu memicu emosi yang berlebihan dan juga agresivitas. Disisi lain, warna merah juga menghidupkan kesan yang lebih cerah dan meriah. Untuk mengurangi kekuatan dari warna ini, kombinasikan warna merah dengan turunan dari warna-warna merah yang memiliki makna dan kesan lebih lembut.

Arti Warna Biru pada Interior

psikologi dan makna warna dalam interior
Sumber gambar: Decoist

Psikologi warna interior selanjutnya adalah warna biru, salah satu pilihan warna yang umum digunakan pada interior. Secara psikologi warna ini diyakini memberikan keteduhan dan kelembutan. Warna ini juga melambangkan intelektualitas, keadilan, serta konsistensi.

Penggunaan warna biru, menghadirkan kesan lebih komunikatif, inspiratif, spirituil, tenang, dan juga lembut sehingga membuat warna ini cocok diaplikasikan pada ruang-ruang yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti ruang ibadah, ruang belajar, ataupun ruang kerja.

Namun, di sisi lain, makna warna biru juga menyimbolkan rasa dingin dan kaku. Kombinasikan warna biru dengan warna merah dan kuning akan membantu menetralkan kesan dingin dan juga menciptakan dampak psikologis warna yang lebih optimis.

Makna Warna Orange pada Interior

psikologi dan warna dalam interior
Sumber gambar: InMyInterior

Jika kamu menginginkan kesan yang ceria pada ruangan, warna orange atau jingga adalah pilihan warna yang tepat untuk interior. Makna warna ini juga melambangkan sifat yang ramah, kehangatan, semangat, serta rasa antusiasme yang tinggi.

Secara psikologis warna ini juga mampu menstimulasi otak untuk mampu melahirkan ide-ide dan pemikiran yang kreatif.

Makna negatif dari warna orange adalah kesan arogansi dan emosi yang belebihan yang dihasilkannya.

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Arti Warna Hijau pada Interior

makna warna hijau
Sumber gambar: fomp

Warna hijau adalah warna yang mampu menciptakanan suasana yang akrab pada ruangan. Makna warna hijau juga dipercaya mampu memberikan efek relaksasi dan juga memberikan rasa nyaman pada mata. Sama seperti warna orange, warna hijau juga mampu merangsang kreatifitas dan juga menginspirasi.

Arti dari warna hijau juga kerap melambangkan kesehatan, harmoni, keseimbangan, dan juga tumbuh sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai warna ruang terapi, ruang duduk, hingga ruang beristirahat.

Makna Warna Kuning pada Interior

makna warna kuning
Sumber gambar: MessageNote

Psikologi warna kuning dipercaya mampu merangsang imajinasi seseorang. Pengaplikasian warna kuning pada interior juga memberikan nuansa kehangatan dan mampu memberikan motivasi dan memperbaiki mood. Warna kuning memberikan energi positif yang mampu meredakan rasa gelisah, dan memberikan kesan menggembirakan.

Warna kuning erat juga dengan lambang kecerdasan, rasa percaya diri yang tinggi serta ide-ide yang cemerlang. Dampak negatif dari penggunaan warna kuning adalah sifatnya yang melelahkan mata saat dipandang.

Arti Warna Cokelat pada Interior

Psikologi dan Warna dalam Interior
Sumber gambar: AlHabibPanelDoors

Kerap diasosiakan dengan warna tanah, warna coklat merupakan lambang dari persabatan. Warna ini memiliki sifat yang lebih kalem, hangat, meneduhkan, dan juga alami. Secara psikologi warna ini mampu menetralkan suasana apapun.

Warna coklat juga tak hanya mampu menhadirkan kesan alami, tetapi juga kesan lebih klasik (antik). Warna seperti ini cocok untuk diaplikasikan pada ruang kamar tidur, atau ruang-ruang beristirahat lainnya.

Makna Warna Ungu pada Interior

Psikologi dan Makna Warna dalam Interior
Sumber gambar: Homedit

Meskipun bukan warna yang cukup umum digunakan, namun warna ungu sendiri justru memiliki sifat yang mewah. Secara psikologis warna ungu mampu menghidupkan nuansa yang lebih romantis serta memberikan efek spiritual dan juga meditative.

Warna ungu kerap diangap lambang dari keagungan, kemewahan, serta kekuasaan. Namun, penggunaan warna unggu yang terlalu gelap mampu menimbulkan makna warna yang lebih misterius, mistis, dan juga kesan angkuh. Warna ungu cocok untuk ruangan-ruangan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi seperti ruang kerja atau ruang belajar.

Arti & Dampak Psikologi Warna Pastel pada Interior

Psikologi dan Makna Warna dalam Interior
Sumber gambar: Architecture Art Design

Warna-warna pastel seperi  merah muda memiliki sifat yang lebih, feminim, dan seperti warna ungu, mampu juga menghidupkan atmosfir yang romantis. Warna-warna seperti ini memiliki dampk psikologis yang tak hanya menenangkan namun juga membuat suansana lebih menyenangkan.

Warna-warna ini juga dianggap perlambangan dari rasa kasih sayang, cinta, dan simpati. Warna-warna dengan tone seperti ini cocok untuk menjadi bagian dari ruang-ruang dimana banyak anak-anak beraktivitas seperti ruang bermain, ruang belajar anak, dan kamar tidur anak.

Baca juga: Fengshui Warna dalam Menata Rumah


Dengan memahami psikologi dan arti di balik warna interior, kamu tak hanya bisa memilih warna yang menarik tetapi juga paling pas sesuai dengan fungsi dari ruangan tersebut. Siap untuk berkreasi dengan warna-warna interior rumahmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s