Trik Feng Shui Dapur: Menata Dapur untuk Feng Shui & Energi Positif!

Feng Shui Dapur – Dalam menata dapur, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan. Bagi orang yang percaya, feng shui dapur merupakan salah satu elemen yang tak boleh luput dari pertimbangan. Menata dapur sesuai feng shui membantu menjaga keseimbangan energi dan mencegah hadirnya energi negatif yang merusak tatanan pada feng shui dapur.

Penasaran bagaimana menciptakan desain dapur yang sesuai feng shui dengan baik dan benar? Simak ulasan ringkas mengenai pengaplikasian feng shui desain dapur ini!

Baca juga: Fengshui dalam Merancang Tangga

Fengshui dapur
Sumber gambar: Rooang

Elemen Api dan Elemen Air dalam Feng Shui Dapur

Feng Shui dalam menata Dapur, erat kaitannya dengan keberadaan elemen api dan air. Elemen air pada Feng Shui Dapur direpresentasikan oleh bak cuci piring dan juga lemari pendingin. Sedangkan elemen api direpresentasikan oleh kompor, oven, microwave, dan berbagai perabot dapur lainnya yang bersifat mengeluarkan hawa panas.

Secara sederhana, untuk menyeimbangkan feng shui dapur, kedua elemen ini tak boleh bersebelahan dan juga tepat berseberangan. Hal ini membuat formasi segitiga menjadi komposisi paling pas untuk membuat elemen air dan api pada feng shui ruang dapur menjadi seimbang.

Jika kamu terpaksa meletakkan kedua elemen ini bersebelahan, siasati dengan meletakkan vas bunga atau dekorasi dari vegetasi lainnya sebagai penetralisir.

Desain Dapur Minimalis
Sumber gambar: Architecture Digest

Peletakan Ruang Dapur untuk Feng Shui yang Baik

Sebagai ruang dengan fungsi service keberadaan ruang dapur kerap disepelekan dan diletakkan pada lahan belakang yang tersisa. Meskipun tak sepenuhnya salah, ada beberapa posisi dan peletakan dapur yang dianjurkan secara feng shui.

1. Tidak berada di tengah-tengah bangunan rumah

Ruang dapur memiliki energi panas karena keberadaan elemen api. Meletakkan ruang dapur di tengah akan membuat energi panas ini menyebar ke seluruh rumah dan secara feng shui, hal ini akan merusak energi positif.

Maka dari itu, untuk membuat feng shui dapur menjadi lebih seimbang, letakkan ruang dapur pada bagian bangunan yang berdekatan langsung dengan akses luar ruangan untuk mempermudah terbuangnya energi panas.

2. Utara: area terlarang dalam feng shui dapur

Bagian utara dari bangunan rumah merupakan representasi dari area air. Dengan keberadaan dapur pada bagian utara bangunan, akan terjadi benturan energi feng shui dapur. Untuk itu, hindari memposisikan ruang dapur pada bagian utara bangunan rumah.

Sisi selatan yang melambangkan elemen api ataupun sisi timur bisa jadi posisi yang baik untuk ciptakan feng shui dapur yang lebih harmonis.

3. Hindari ruang dapur berada di depan atau samping tangga

Keberadaan energi feng shui dapur yang berdekatan dengan tangga akan mempermudah energi panas untuk naik ke lantai atas rumah dan merusak energi positif. Selain itu, keberadaan dapur yang berdekatan dengan tangga dipercaya mampu membuat “qi” dari penghuni di rumah tersebut berkurang.

4. Untuk rumah bertingkat, hindari kamar tidur dan kamar mandi/toilet berada di atas dapur

Kamar mandi yang identik dengan aktivitas kotor secara logika mampu menyebabkan kebocoran pada ruangan dibawah. Hal ini dianggap tidak baik mengingat dapur merupakan ruang memproses makanan yang nantinya akan dikonsumsi penghuni rumah.

Ruang dapur yang merepresentasi elemen api juga akan memberikan energi negatif pada kamar tidur. Feng shui dapur yang baik untuk menyeimbangkan dan menjaga harmonisasi dalam rumah adalah dengan menghindari keberadaan ruang tidur dan kamar mandi pada atas dapur.

Menjadikan ruang atas dapur sebagai teras yang langsung berbatasan langsung dengan luar bisa jadi alternatif lainnya.

Baca juga: 12 Kreasi Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Impian!

Penataan Posisi Kompor sesuai Feng Shui Dapur

Sebagai representasi elemen api, penataan posisi kompor sesuai feng shui dapur tak hanya terkait dengan keberadaan elemen air pada ruang dapur. Terdapat beberapa pantangan feng shui dalam desain dapur lainnya yang perlu kamu perhatikan untuk kesimbangan feng shui di dapur dan rumah secara keseluruhan.

  1. Hindari meletakkan dapur pada sisi utara (elemen air) dan sisi barat (elemen logam). Meletakkan kompor pada sisi selatan (elemen api) atau timur merupakan penataan feng shui kompor yang lebih harmonis. Sebaliknya, sisi selatan ini juga sangat tak dianjurkan untuk meletakkan bak cuci air, lemari pendingin yang identik dengan elemen air.
  2. Posisi kompor yang menghadap pintu, tangga, atau posisi yang membuat aktivitas masak jadi membelakangi pintu atau akses masuk tidak baik dalam sudut pandang feng shui ruang dapur. Posisi feng shui kompos ini dipercaya tidak akan baik untuk karir.
  3. Hindari juga posisi kompor di bawah jendela dapur karena hal ini dipercaya akan mempermudah kemakmuran, keberuntungan, dan rejeki tersapu oleh angin.
Fengshui Dapur
Sumber gambar: Digs Digs

Warna yang Baik untuk Feng Shui Dapur

Feng shui dalam menata ruang Dapur juga berkaitan dengan pemilihan warna dari ruang dapur, bahkan termasuk elemen feng shui dapur yang cukup penting. Untuk membuat feng shui di dalam ruang dapur menjadi seimbang dan positif, aplikasikanlah warna-warna yang hidup dan cerah ceria.

Warna kuning yang identik dengan elemen api dan juga dapat didefinisikan kelancaran dalam pencernaan dan metabolisbe adalah salah satu alternatif pilihan warna yang baik untuk fengshui dapur.

Baca juga: Fengshui Warna dalam Menata Rumah

Fengshui Dapur
Sumber gambar: Kelley Nan

Dekorasi Dapur yang Tepat secara Feng Shui

Setelah berhasil menata dapur sesuai feng shui yang baik dan benar, sentuhan terakhir untuk membuat tampilan ruang dapur menarik dan sempurna adalah dengan menggunakan dekorasi ruang.

Berbicara mengenai dekorasi, keberadaan dekorasi pada ruang dapur juga harus dipilih untuk menciptakan feng shui ruang dapur yang tetap seimbang, lho. Berikut adalah beberapa dekorasi ruangan dapur yang dianjurkan sesuai feng shui:

  1. Vas Bunga: keberadaan vas bunga pada bagian tengah ruang dapur atau posisi yang menghadap ke arah tenggara mampu mendatangkan energi feng shui positif pada ruang dapur dan rejeki pada penghuni rumah.
  2. Buah-buahan: Keranjang buah yang dipenuhi buah juga memiliki dampak positif yang sama seperti vas bunga pada fengshui ruang dapur. Buah yang dianjurkan sendiri adalah buah apel ataupun buah jeruk.

Selain kedua dekorasi dapur sesuai feng shui tersebut, ada beberapa juga dekorasi yang perlu kamu hindari karena mampu memberukan energi feng shui yang negatif pada dapur, dan juga rumah secara keseluruhan. Berikut adalah dekorasi dapur yang tidak baik secara feng shui:

  1. Cermin
  2. Lukisan atau Foto binatang buas
  3. Foto keluarga ataupun foto dari anggota keluarga
  4. Lukisan dan foto yang identik dengan elemen air (danau, lautan, sungai, dan sejenisnya)

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Dengan menata desain dapur sesuai feng shui, komposisi energi dan elemen pada dapur menjadi seimbang sehingga berujung pada meningkatnya energi positif yang akan membuat dapur menjadi lebih nyaman dan tetap fungsional.

Tertarik mengaplikasikan konsep feng shui dapur dalam mewujudkan desain dapur impian?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s