8 Tips Usir Bau di Dapur Praktis dengan Sekejap!

Tips Menghilangkan Bau di Ruangan Dapur – Ruang dapur, sebagai area memasak identik dengan pemasalahan bau ruangan. Mulai dari bau dari masakan, bahan-bahan yang memang memiliki bau tajam (seperti daging, ikan, durian, dan lainnya) hingga limbah alias sampah dari makanan bisa menjadi sumber bau dapur yang menganggu.

Punya masalah bau dapur yang sama? Simak tips dan cara usir bau dapur dengan berbagai metode sederhana praktis namun cukup ampuh berikut!

Baca juga: 12 Kreasi Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Impian!

Cara Hilangkan Bau di Dapur dengan Mudah

Trik desain dapur sempit
Sumber gambar: Woo Home

1. Buka Semua Sirkulasi Udara (Jendela, Exhaust Fan, dan Lainnya)

Langkah untuk hilangkan bau di ruang dapur yang paling pertama adalah dengan memperlancar sirkulasi udara di dapur, terutama sirkulasi untuk keluarnya udara bau yang berada di dalam ruangan.

Jika dapur terdapat jendela yang terhubung dengan luar ruangan, buka semua jendela. Nyalakan kipas angin bila perlu untuk permudah bau dapur keluar. Untuk dapur dengan jendela atau bukaan yang memadai, keberadaa exhaust fan ataupun cooker hood (chimney) sangat dianjurkan untuk bantu membuang bau ruang dapur keluar.

2. Manfaatkan Biji Kopi untuk Netralisir Bau di Dapur

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Prinsip ini juga bisa kamu terapkan pada dapur untuk mencegah bau pada ruang dapur. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami biji kopi.

Cara mencegah bau dapur satu ini cukup sederhana. Cukup letakkan seggenggam biji kopi pada sebuah wadah (atau mangkok) dalam keadaan terbuka dan letakkan pada meja dapur atau salah satu sudut kitchen set.

Keberadaan biji kopi ini akan menyerap bau ruang dapur dan menetralisir bau yang ada secara alami sehingga aroma di ruang dapur tetap terjaga.

Cara Menghilangkan Bau Dapur
Sumber gambar: Pinterest

3. Baking Soda untuk Serap Bau Dapur Setelah Memasak

Selain untuk memasak, baking soda juga terkenal ampuh sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau dapur. Cara mengusir bau di dapur dengan baking soda juga cukup praktis. Setelah memasak dengan bahan berbau menyengat, segera taburkan baking soda ke beberapa sudut ruangan dapur dan diamkan sejenak hingga aroma bau di dapur perlahan menghilang.

Baking soda mampu menyerap bau asam yang muncul dari proses memasak yang umumnya menyebabkan bau di dapur. Setelah bau di dapur memudar, jangan lupa dan bersihkan kembali baking soda yang kamu taburi, ya!

4. Campuran Cuka & Kayu Manis untuk Penghilang Bau Dapur Alami

Bahan alami untuk hilangkan bau dapur selanjutnya adalah menggunakan kayu manis dan juga cuka dapur. Tips menghilangkan bau dapur satu ini juga sangat mudah. Rendamlah kayu manis di dalam larutan cuka (menggunakan mangkok atau gelas misalnya) secara terbuka dan letakkan pada sudut ruangan dapur, khususnya dimana sumber bau dapur berasal. Perlahan, kedua bahan alami ini akan menetralisir bau di dapur.

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

5. Atasi Bau di Tempat Sampah Dapur dengan Arang

Salah satu sumber dari bau di dapur adalah dari tempat sampah. Sampah sisa bahan makanan  memang lebih mudah membusuk dan menyebabkan aroma tidak sedap di ruangan dapur.

Untuk menyiasati hal ini, selain dengan mengosongkan tempat sampah di dapur secara rutin, kamu bisa menggunakan arang. Cukup letakkan arang di dalam tempat sampah atau di dalam lemari dapur dimana tempat sampah berada dan bahan alami akan membantu menyerap amonia dan bau-bau tak sedap yang jadi sumber bau di dapurmu.

6. Rebus Air dan Kulit Jeruk untuk Usir Bau Gosong dan Amis di Dapur

Dapur memiliki bau amis dan gosong akibat proses memasak? Tenang, ada satu cara mudah untuk pastikan bau tak sedap di dapur ini menghilang, yaitu dengan menggunakan bahan alami kulit jeruk.

Kulit jeruk memang memiliki aroma yang segar. Cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan bau dapur sangatlah mudah. Rebus kulit jerut hingga menduduh dan biarkan aroma dari kulit jeruk ini menguap selama  beberapa menit dan aroma tak sedap di dapur menghilang.

Cara Hilangkan Bau Dapur
Sumber gambar: Clean and Scentible

7. Pastikan Dapur Selalu Bersih & Bebas dari Penumpukkan Minyak

Proses memasak kerap menyebabkan minyak dan kotoran yang menempel pada dinding dapur, lemari dapur, ataupun meja dapur. Penumpukkan minyak dan kotoran ini jika dibiarkan berlarut-larut bisa jadi sumber dari bau di ruangan dapurmu, lho!

Jadi, untuk hindari dan cegah bau di dapur, pastikan kamu secara rutin membersihkan dapurmu, terutama setiap setelah melakukan aktivitas memasak, ya.

Untuk membersihkan noda minyak yang menempel dengan sempurna, ada salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan, yaitu campuran ramuan cuka dan air jeruk nipis. Cukup campurkan cuka dapur dengan air dan gunakan air ini untuk membersihkan dapur. Lalu bersihkan lagi area tersebut dengan campuran air jeruk nipis dan air hangat dan keringkan dengan lap bersih yang kering. Dengan begitu minyak dan kotoran sumber bau dapur tak akan lagi mengganggu kenyamanan di dapur.

8. Gunakan Pewangi Ruangan Buatan atau Aroma Terapi

Kini dapur telah bebas dari bau tak sedap, jangan ragu untuk investasikan sedikit uang dan waktumu dengan menghadirkan pewangi ruangan atau aroma terapi pada ruangan dapur untuk cegah dan usir bau dapur.

Kamu bisa menggunakan produk pengharum dapur secara umum atau menggunakan bahan-bahan alami untuk menghadirkan wewangian pada dapur seperti menggunakan bunga sedap malam dan bunga melati, ataupun rempah-rempah khusus seperti cengkeh.

Baca juga: Trik Feng Shui Dapur: Menata Dapur untuk Feng Shui & Energi Positif!

Itulah tips dan trik menghilangkan bau di dapur dengan bahan alami yang mudah dan praktis. Ingatlah, mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Jadi, selalu pastikan dapur dalam keadaan bersih, sirkulasi udara dapur baik, dan seluruh sumber bau selalu diusir sebelum bau menyebar di ruangan dapur.

Yuk, buat kamu yang masih punya masalah bau di dapur, segera usir bau tak sedap di dapur dengan berbagai cara mudah di atas!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s