9 Desain Jembatan Ikonik Indonesia karena Keindahannya

Desain Jembatan Terindah di Indonesia – Sebagai negara yang wilayahnya didominasi perairan, Indonesia memiliki berbagai jembatan dengan desain indah dan ikonik. Tak hanya memiliki fungsi untuk penyebrangan, beberapa desain jembatan tercantik di Indonesia ini bahkan menjelma menjadi landmark dan identitas suatu wilayah.

Tak jarang juga wisatawan mengunjungi berbagai jembatan indah di Indonesia untuk sekedar melihat langsung kemegahan struktur dan keindahan desain dari jembatan tersebut. Penasaran jembatan apa saja di Indonesia yang termasyur akan keindahan desainnya? Yuk, jelajahi rekomendasi desain jembatan ikonik di Indonesia yang populer akan keindahan rancangannya!

Baca juga: Teori Arsitektur: Responsive Environment

Desain Jembatan di Indonesia Ikonik Terindah

1. Jembatan Nasional Suramadu – Surabaya dan Madura

Jembatan Suramadu
Sumber gambar: Tribunnews Jawa Timur

Berdiri kokoh melintasi Selat Madura dan menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura dengan panjang mencapai 5.438 meter, Jembatan Nasional Suramadu merupakan desain jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Nama dari Jembatan Suramadu sendiri merupakan singkatan dari Surabaya-Madura uang pembangunan awalnya diresmikan pada 20 Agustus 2003 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri dan dibuka pada 10 Juni 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Keindahan dan kemegahan desain jembatan ini membuatnya populer dikalangan fotografer untuk mengabadikan desain jembatan ini melalui lensa kamera.

2. Jembatan Siak – Siak Sri Indrapura

Jembatan Siak
Sumber gambar: Wikipedia

Lebih dikenal dengan nama Jembatan Siak, jembatan yang melintasi Sungai Siak di Provinsi Riau ini sebenarnya memiliki nama Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Dirancang untuk mampu bertahan hingga usia 100 tahun, Jembatan ini memiliki sistem cable stayed yang merupakan konstruksi modern karya Tim Ahli dari ITB.

Jembatan sepanjang 1.196 meter dengan lebar 16,95 meter ini dinamakan dari nama permaisuri Sultan Kesultanan Siak terakhir, Sultan Syarif Qasim II

Desain jembatan dengan ketinggian mencapai 23 meter di atas permukaan air ini mencakup dua buah menara dengan ketinggian masing-masing 80 meter, lengkap lengan lift untuk menuju puncak menara. Dilengkapi pula dengan detail dekoratif khas Arsitektur melayu, desain jembatan Siak yang cantik sering menjadi tujuan wisata Favorit di kota Siak.

3. Jembatan Ampera – Palembang

Jembatan Ampera
Sumber gambar: Sumatera Express

Siapa tak kenal dengan Jembatan Ampera yang merupakan ikon dan landmark dari Palembang, Ibukota Sumatera Selatan. Berdiri kokoh sejak zaman penjajahan Jepang, desain jembatan Ampera merupakan salah satu jembatan tercanggih yang ada di Indonesia pada masanya karena bagian tengah jembatan bisa ditarik naik keatas sebagai jalur lalu lalang perahu besar.

Kini desain jembatan Ampera yang dulunya bernama Jembatan Bung Karno ini telah dibenahi dan dilengkapi dengan tata pencahayaan yang membuatnya terlihat lebih cantik. Keindahan desain Jembatan Ampera dikala Malam sangat tersohor yang kerap diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota yang dibelah oleh Sungai Musi ini.

4. Jembatan Kahayan – Palangkaraya

Jembatan Kahayan
Sumber gambar: Wikipedia

Berdiri membelah Sungai Kahayan di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jembatan Kahayan memiliki panjang panjang 640 meter, lebar 9 meter dab terdiri dari 12 bentang dengan bentang khusus sepanjang 150 meter pada alur pelayaran sungai.

Dibangun sejak 1995 hingga selesai pada 2001, Jembatan Kahayan menghubungkan Kota Palangkaraga dengan Kelurahan Pahandut Seberang dan Kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah. Struktur yang terlihat mentah ditengah-tengah panorama alam Sungai Kahayan membuat desain jembatan Kahayan cukup menarik perhatian.

5. Jembatan Barelang  – Batam

Jembatan Barelang
Sumber gambar: Batam News

Jembatan Barelang yang juga dikenal dengan nama Jembatan Habibie sebenarnya merupakan rangkaian 6 buah jembatan yang menghubungkan beberapa pulau di Kepulauan Riau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Desain jembatan yang membentang di atas perairan laut ini diprakarsai oleh mantan presiden Indonesia B.J Habibie dan merupakan jembatan terpanjang ke-8 di Indonesia, lho! Selain karena kemegahan struktur dari Jembatan ini, banyak wisatawan dan masyarakat yang tertarik mengunjungi langsung salah satu jembatan terindah di Indonesia ini karena melalui atas Jembatan ini kamu bisa melihat hamparan indah panorama Laut Cina Selatan.

6. Jembatan Barito – Banjarmasin

Jembatan Barito
Sumber gambar: Bokuwarizal

Dikenal juga dengan nama Jembatan Bakut karena delta atau pulau kecil yang berada dibawahnya, Jembatan yang berdiri kokoh melintasi Sungai Barito ini menghubungkan Kecamatan Anjir Muara dan Kecamatan Alalak, Kalimantan Selatan.

Dengan panjang mencapai 1.082 meter dan lebah 19,37 meter, jembatan Barito juga menjadi akses dari jalan Trans Kalimantan dari Kota Banjarmasin menuju Kota Palangkaraya dan sebaliknya. Selain desain struktur yang megah dan indah, kecantikan dari panorama sekitar jembatan Barito membuatnya kerap masuk dalam daftar jembatan tercantik di Indonesia.

7. Jembatan Kutai Kartanegara – Tenggarong

Arsitektur Jembatan Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Tribunnews Kalimantan Timur

Desain arsitektur jembatan terindah di Indonesia adalah salah satu jembatan gantung terpanjang yang ada di Indonesia dengan panjang mencapai 710 meter membelah Sungai Mahakan.  Meskipun sempat ambruk pada 2011,jembatan yang menghubungkan Kota Tenggarong  Seberang dan Kota Samarinda ini dibangun kembali pada 2013 dan mulai beroperasi kembali pada akhir 2015.

8. Jembatan Mahkota II – Samarinda

Jembatan Mahkota II
Sumber gambar: Kaltim Post

Merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan Timur, Jembatan penghubung Kecamatan Sambutan dan Kelurahan Simpang Pasir, Samarinda ini tak hanya menarik perhatian karena panjangnya, namun juga keindahan dari desain jembatan dan strukturnya.

Apalagi, dengan tata cahaya yang cantik, panorama salah satu jembatan terindah di Indonesia ini semakin elok untuk dinikmati pada saat malam tiba.

9. Jembatan Tayan – Sanggau

Jembatan Tayan
Sumber gambar: IDNtimes

Memiliki panjang setidaknya 1.440 meter dengan lebar 11 meter dan ketinggian 13 meter, Jembatan Tayan adalah jembatan terpanjang di Indonesia kedua setelah Jembatan Nasional Suramadu. Membelah Sungai Kapuas dan menjadi bagian jalur Trans Kalimantan untuk menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, desain jembatan yang didominasi warna merah dan putih ini megah dan cukup menarik perhatian para wisatan yang melintas.

Baca juga: Hal yang Perlu Kamu Pahami dalam Merancang Tangga

Dengan struktur megah dan keindahan desain, tak heran jika berbagai desain jembatan di Indonesia tersebut kemudian juga dikenal sebagai ikon suatu wilayah dengan daya tarik wisata yang cukup tinggi. Desain jembatan tercantik Indonesia mana yang jadi favoritmu?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s