Mengenal 6 Material Bahan untuk Kitchen Table Top Terbaik

Material Table Top Kitchen – Memilih material bahan untuk dijadikan table top dapur terkadang bisa jadi perkara sulit. Apalagi, kitchen table top adalah salah satu elemen yang cukup berpengaruh dalam desain keseluruhan dapur, baik dari segi visual maupun fungsi karena rata-rata aktivitas pekerjaan didapur akan bersentuhan langsung dengan table top kitchen.

Bingung dalam menentukan bahan table top dapur yang pas? Simak ulasan mengenai 6 material bahan kitchen table top yang paling sering digunakan berikut:

Baca juga: 12 Kreasi Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Impian!

Material Bahan Kitchen Table Top Favorit

1. Table Top Kitchen dari Batu Granit

Material bahan Kitchen Table Top
Sumber gambar: Aqua Kitchen and Bath Design Center

Bahan table top kitchen dari baru Granit adalah salah satu bahan batu alam yang cukup digemari sebagai material table top kitchen set. Selain karena visual yang menarik dan elegan, bahan granit juga kuat dan keras serta memiliki pori-pori yang cukup rapat sehingga cukup aman dari noda-noda akibat aktivitas di dapur. Meskipun begitu, bukan berarti material granit bebas dari serapan noda. Untuk meminimalisir hal tersebut, penggunaan material batu granit sebagai table top dapur harus dilengkapi dengan lapisan coating yang baik. Selain itu, karena berat yang cukup tinggi, diperlukan juga material kitchen set atau penopang yang cukup kuat untuk menahannya.

Keunggulan lain dari bahan table top dapur ini adalah banyaknya pilihan warna dan tekstur serta daya tahannya terhadap temperatur. Hanya saja, eksplorasi bentuk dari material kitchen table top ini bisa sangat terbatas karena sifat dan strukturnya yang kaku.

2. Batu Marmer untuk Kitchen Table Top

Material bahan Kitchen Table Top
Sumber gambar: I Scare You

Pilihan bahan batu alam lainnya yang kerap digunakan untuk kitchen table top adalah bahan batu marmer. Selain memiliki tampilan dan tekstur yang sering dianggap lebih elegan dan mewah, batu marmer juga memiliki harga yang relatif lebih tinggi daripada batu granit.

Dengan karakter yang hampir serupa, kelemahan penggunaan bahan kitchen table top dengan batu marmer adalah perawatan rutin karena sifat dari batu alam ini yang cukup berpori-pori sehingga rentan menyerap noda. Selain lapisi dengan coating berkualitas, penting untuk rutin membersihkan dan menghindari table top dapur dari marmer tergenang air, apalagi jika air atau noda itu memiliki warna.

3. Kitchen Table Top dengan Solid Surface

Material bahan Kitchen Table Top
Sumber gambar: HGTV

Ingin memiliki tampilan yang menyerupai kemewahan batu marmer dan juga baru granit namun enggan menerima resiko table top dapur rentan bernoda? Mungkin kitchen table top dengan bahan solid surface bisa jadi alternatif pilihanmu.

Selain mudah dibentuk dan memiliki banyak pilihan warna, pola, dan juga tekstur, material ini juga memiliki bobot yang cukup ringan dan pengaplikasian yang sangat mudah. Ditambah dengan desain yang bisa dibuat seamless menjadikan bahan table top dapur satu ini primadona di pasaran.

Pertimbangan khusus untuk menggunakan material table top kitchen satu ini selain harganya yang relatif mahal adalah kebanyakan material solid surface masih tidak memiliki daya tahan yang baik terhadap temperatur sehingga sangat mudah rusak jika bersentuhan langsung dengan benda dengan temperatur tinggi seperti pantat panci yang baru saja diangkat dari kompor.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Dinding Belakang Dapur alias Backsplash Dapur

4. Ubin Keramik sebagai Table Top Kitchen

Material bahan Kitchen Table Top
Sumber gambar: The Spruce

Bahan dan cara klasik membuat desain table top kitchen adalah dengan menggunakan ubin keramik. Namun, karena tampilannya yang dianggap kuno dan juga bagian sambungan atau nat antar keramik yang mudah kotor membuat bahan satu ini mulai ditinggalkan.

Padahal, kini perkembangan material keramik menjadikan desain table top kitchen dengan ubin keramik cukup bisa diperhitungkan, lho! Selain lebih murah dari segi harga, ubin keramik juga kini telah memiliki banyak sekali pilihan pola, warna dan tekstur sehingga kamu bisa mengeksplorasinya pada desain kitchen table top di dapurmu.

Hanya saja, bagian nat yang mudah kotor perlu jadi pertimbangan dalam menggunakan material ini sebagai kitchen table top. Namun, masalah ini tentu tak akan jadi masalah asalkan kamu cukup rutin membersihkan dan menyikat table top dapur-mu.

5. Material Kayu untuk Table Top

Material bahan Kitchen Table Top
Sumber gambar: The Smalls Kitchen and Ideas

Ingin tampilan dapur yang lebih natural? Menggunakan kayu solid sebagai penutup bagian atas kitchen set bisa jadi pilihanmu. Material kitchen table top dari kayu solid juga bisa memberikan kesan country pada dapur ataupun tradisional.

Pada dasarnya, tak ada salahnya menggunakan material kayu sebagai table top dapur, selama kamu memilih material kayu solid yang tepat. Pilihkan bahan kayu seperti kayu jati dan meranti yang berkualitas sehingga memiliki daya tahan yang baik pada air, temperatur, dan kelembaban yang tinggi. Persenjatai juga kitchen table top dengan coating berkualitas dan maksimal agar mampu memiliki daya tahan yang baik.

Namun, untuk dapat mendapatkan material kayu seberkualitas itu, tentu kamu perlu merogoh kocek cukup dalam. Hindari menggunakan kayu olahan sebagai table top dapur karena tentu daya tahannya akan sangat rentan mengingat aktivitas dapur yang rentan basah dan memiliki temperatur dan kelembaban yang cukup ekstreme.

6. Table Top Kitchen dari Stainless Steel

Sumber gambar: Lifecycle Nepal

Berbicara soal daya tahan, memiliki kitchen table top dari bahan stainless steel mungkin bisa memberikanmu daya tahan terbaik daripada bahan-bahan sebelumnya. Selain tahan panas, air, gores, dan juga noda, material kitchen table top ini sangat mudah dibersihkan.

Kesan yang diberikan dari bahan table top dapur ini adalah modern dan sedikit futuristik, namun eksplorasi gaya desain dari material ini memang cukup terbatas mengingat tampilannya yang memang cukup dingin dan monoton. Selain itu, harga yang relatif mahal mungkin juga bisa jadi pertimbanganmu dalam menggunakan bahan table top kitchen satu ini.

Baca juga: 12 Desain Dapur Minimalis Terbaik & Tips Mewujudkannya!

Selain memiliki tampilan visual yang berbeda-beda, setiap bahan table top kitchen memiliki karakter yang berbeda-beda. Selain menyesuaikan dengan biaya, pertimbangkan juga segi fungsionalitas dan juga kesesuaian material dari table top dapur yang akan kamu pilih untuk lengkapi desain dapur.

Jadi, sudah tentukan material bahan table top dapur mana yang paling pas untuk dapur impianmu?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s