9 Karya Desain Arsitek Indonesia yang Mendunia

Desain Arsitek Indonesia Mendunia – Dunia arsitektur Indonesia terus berkembang dan besaing pada tingkat internasional. Hal ini bisa dilihat dari lahirnya karya-karya desain arsitek Indonesia yang mulai diakui dunia melalui penghargaan-penghargaan dan juga publikasi internasional. Tak hanya berkarakter, karya arsitektur tanah air ini juga memberikan perspektif berbeda dan pendekatan unik yang menjadikannya standout di dunia internasional.

Kenali berbagai karya arsitek tanah air dengan mengulik lebih dalam berbagai desain arsitektur Indonesia yang diakui dunia berikut:

Baca juga: 10 Psikologi dan Makna Warna dalam Interior Rumah

Karya Arsitek Indonesia dengan Penghargaan Internasional yang Mendunia

1. Bima Microlibrary, karya Suryawinata-Heinzelmann Architecture & Urbanism (SHAU)

Bima Microlibrary - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Sanrok Studio

Bima Microlibrary adalah sebuah rumah baca karya SHAU, sebuah studio Arsitektur dan Urban Planning yang didirikan oleh arsitek Indonesia Daliana Suryawinata ST M. Arch IAI, arsitek Jerman Florian Heinzelmann Dipl.-Ing (FH), M. Arch. SBA, dan Tobias Hofmann Dipl.-Ing (FH) di Rotterdam (Belanda), Munich-Passau (Jerman), dan kini di Bandung (Indonesia).

Karya rumah baca yang memiliki tampilan fasad unik ini mendapatkan pengjargaan “Silver Award” dalam kategori “Acknowledgement Award dan Next Generation Award” pada Lafarge Holcim Award 2017 tingkat Asia Pasific.

Karya desain SHAU satu ini juga mengantarkan mereka meraih gelar “Firm of the Year Award 2017” oleh “American Architecture Prize” atau AAP.

Karya desain Bima Microlibrary ini dianggap mampu memberikan pengakuan kepada konstruksi dan desain yang menonjolkan respons berkelanjutan atas berbagai isu teknologi, lingkungan, sosial ekonomi, dan budaya yang memengaruhi konstruksi kontemporer, serta menawarkan solusi visioner terhadap cara kita membangun.

2. Dancing Mountain House, karya Budi Pradono

Dancing Mountain House - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Kompas Properti

Karya arsitektur Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah desain dari “Dancing Mountain House” yang merupakan karya arsitek Indonesia, Budi Pradono. Karya arsitektur Nusantara ini memberikan modernisasi dalam dalam penggunaan material bambu yang sebenarnya identik dan kerap dihubungkan dengan desain tradisional.

Karena keunikan desain serta kekayaan nilai lokal, Desain rumah karya Budi Pradono ini dianugerahi penghargaan Arcasia Awards for Architecture 2016 sebagai karya residensial terbaik. Hunian berbahan dasar bambu dan berlokasi di Desa Tetep Water Argomulyo, Salatiga ini adalah salah satu contoh bagaimana kearifan lokal mampu berkolaborasi dengan teknologi modern untuk menghadrikan sebuah karya arsitektur bernilai tinggi.

3. Rumah Botol, karya Ridwan Kamil

Rumah Botol - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Teropong Senayan

Ridwan Kamil adalah sosok politisi yang pernah menjabat sebagai Walikota Bandung dan kini menjadi Gubernur Jawa Barat. Namun, jauh sebelum terjun kedunia politik, Ridwan Kamil merupakan sosok arsitek Indonesia sukses yang sudah malang melintang hingga dunia internasional. Berbagai karya menakjubkan arsitek Indonesia ini berdiri dipenjuru Nusantara seperti Masjig Al Irsyad di Bandung dan juga Museum Tsunami di Aceh.

Namun, salah satu karya desain arsitek Indonesia yang berhasil mengantarkannya ke penghargaan tingkat dunia justru rumah pribadinya sendiri. Hunian dengan konsep rumah botol yang ia rancang sendiri sebagai rumah tinggalnya ini memiliki konsep “hijau” dengan fasad daur ulang dari botol ini menghantarkan arsitek Indonesia ini meraih “BCI Green Award” pada tahun 2009.

4. Omah Dara, karya Parisauli

Omah Dara - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Arsitag

Omah dara merupakan komplek bangunan yang digunakan sebagai kamar sewa atau asrama khusus putri yang didesain oleh Parisauli Arsitek (Ario Wirastomo dan Ditta Astrini Wijayanti). Meskipun terlihat sederhana dan “down to earth” karya arsitektur Indonesia ini tetap mengedankan kenyamanan dan juga keleluasaan dari aktivitas para penghuni.

Nggak heran bangunan ini mendapatkan nominasi untuk Aga Khan Award for Architecture 2013. Aga Khan Award sendiri adalah sebuah penghargaan arsitektural yang digagas oleh Aga Khan IV, salah satunya untuk menghargai konsep arsitektural yang berhasil mewadahi keperluan dan aspirasi masyarakat yang Islami dalam jalur rancangan kontemporer.

5. Dra House, karya D-Associates

Dra House - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Mario Wibowo

DRA House merupakan sebuah Villa yang berada di Sanur, Bali karya D-Associates, sebuah konsultan pimpinan Gregorius Supie Yolodi bersama dengan Maria Rosantina. Dari tampilannya saja, kamu sudah bisa membayangkan betapa nyaman desain Villa ini. Meskipun tampil dengan gaya yang modern, desain karya arsitek asal Indonesia tetap bersimbiosis harmonis dengan alam serta lingkungan sekitarnya.

Tak heran jika karya arsitek Indonesia satu ini berhasil mendapatkan pengakuan Internasional melalui penghargaan “Arcasia Awards for Architecture”.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Bentuk Atap Rumah

6. Splow House, karya Delutions Architects

SPlow House - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Fernando Gomulya

Sepintas, rumah mungil ini terlihat layaknya rumah minimalis biasa dengan gaya yang cukup kontemporer. Padahal, jika mengulik ke dalam hunian, kamu akan disuguhi rumitnya konsep yang menjadikan Splow House sebuah karya arsitektur yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Rumah mungil karya Delution Architects ini menerima penghargaan “Architizer A+ Awards 2017” dalam kategori Arsitektur dan Hunian Kecil versi “Public Choice”. Salah satu hal yang membuat banyak orang mengagumi karya arsitek Indonesia satu ini adalah bagaimana pengelolaan lahan sempit yang disulap menjadi rumah dengan 5 lantai mezzanine yang nyaman. Baik dari sirkulasi udara dan pencahayaan, semua terdesain dengan baik.

Karya desain aristek Indonesia ini memberikan angin segar dalam permasalahan membangun rumah di kawasan padat penduduk ini dan juga persoalan dalam peghematan energi.

7. Elevations, karya Andra Matin

Elevations - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Francesco Galli VAB

Karya Arsitektur Indonesia yang diberi judul Elevation adalah sebuah instalasi arsitektur karya arsitek Indonesia, Andra Matin Ahmad atau lebih populer disebut Andra Matin yang dipamerkan pada Architecture Exhibition of La Biennale di Venezia, Italia, yang bertajuk FREESPACE dan diselenggarakan mulai 25 Mei 2018 hingga 25 November 201 ini.

Karya desain arsitek Indonesia satu ini memberikan gambaran mengenai ragam arsitektur vernakular khas Nusantara melalui elevasi atau ketinggian tertentu dan juga mendapat award “Special Mentions” pada pameran arsitektur terbesar tersebut.

Dewan juri yang diketuai oleh Sofia Von Eellrichchausen dari Argentina dan beranggotakan Frank Barkow dari Amerika Serikat, Kate Godwin dari Australia, Patricia Patkau dari Kanada serta Piere Paolo Tamburelli dari italia memberikan penghargaan Special sebab karya instalasi arsitekturnya dianggap sensitif sekaligus mampu menghadirkan kerangka dan merefleksikan material, bentuk dan struktur kekayaan vernacular tradisional.

Andra Matin sendiri memang merupakan salah satu arsitek Indonesia berprestasi yang juga merupakan salah satu pendiri dari Organisasi Arsitek Muda Indonesia (AMI) yang dan juga penerima penghargaan IAI Awards pada tahun 1999, 2002, 2006 dan 2012.

8. Pemugaran Gedung Arsip Nasional, oleh Han Awal

Gedung Arsip Nasional - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Jakarta Tourism

Gedung Arsip Nasional merupakan salah satu gedung bersejarah di Indonesia yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Hal ini tak lepas dari sosok seorang arsitek Indonesia berdarah tionghoa Han Hoo Tjwan yang lebih terkenal dengan nama Han Awal.

Han Awal sendiri merupakan salah satu sosok arsitek yang aktif dan dikenal karena karya-karya pemugaran terhadap bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia, diantaranya adalah Gedung Arsip Nasional, Gereja Katedral Gedung Bank Indonesia dan lain sebagainya.

Karena dedikasi terhadap dunia arsitektur Indonesia, karya pemugaran Gedung Arsip Nasional miliknya menyabet penghargaan “Award of Excellence UNESCO Asia Pasific Heritage” pada tahun 2001.

Meskipun kini sang legenda Arsitektur Indonesia telah wafat pada 2016 lalu, perjuangannya dalam melestarikan arsitektur Indonesia masih diteruskan sang anak, Arsitek Yori Antar yang kini giat dalam melestarikan arsitektur vernakular yang ada di Nusantara.

9. Rancangan Pemukiman di Tepi Kali Code, karya Y.B Mangunwijaya

Pemukiman Tepi Kali Code - Karya Arsitek Indonesia yang Menang Penghargaan Internasional
Sumber gambar: Nico Jaya

YB Mangunwijaya sebeanrnya merupakan seorang Romo Katolik. Namun, ia juga banyak dikenal sebagai seorang budayawan dan juga arsitek yang handal. Namanya sendiri sering dijuluki sebagai “Bapak Arsitektur Modern Indonesia”. Pemikirannya yang sangat otentik yang menarik kerap melahirkan karya-karya arsitektur yang unik.

Salah satunya adalah perancangan pemukian di tepi Kali Dode di Kota Yogyakarta yang mengantarkannya pada penghargaan internasional “Aga Khan Award” pada tahun 1992.

Karya arsitek Indonesia satu ini sendiri merupakan suatu proyek revitalisasi kota yang berbasis partisipasi masyarakat. Di lokasi ini, lingkungan pemukiman yang dulunya kumuh & tidak higienis berhasil ditata dengan cara pemberdayaan masyarakat. Jadi masyarakat sendiri yang diajak membenahi lingkungannya sendiri.

Baca juga: Teori Arsitektur: Responsive Environment

Tak hanya membanggakan karena berbagai penghargaan dan pengakuan dunia, berbagai karya desain arsitek Indonesia memberikan berbagai solusi dan pemecahan arsitek yang menarik serta sudut pandang baru pada dunia arsitektur. So, tak ada salahnya mulai saat ini untuk lebih menghargai karya-karya arsitek Indonesia.

Karya desain arsitek Indonesia mana yang jadi favorit untuk menjadi rumah impianmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s