7 Tips Desain Kamar Tidur Bayi yang Tepat & Nyaman untuk Si Kecil

Tips Desain Kamar Tidur Bayi – Beberapa orang tua memilih untuk membagi kamar tidurnya dengan di kecil, namun beberapa diantaranya menjadikan desain kamar bayi yang terpisah sebagai solusi saat si kecil hadir di rumah. Selain memastikan kamar lebih rapi karena barang dan keperluan bayi yang banyak, kamar tidur bayi yang terpisah membantumu menjaga kamar bayi tetap steril dan bersih.

Sayangnya, merancang kamar tidur bayi  bukanlah perkara yang mudah bahkan jauh lebih rumit daripada desain kamar tidur biasanya. Namun, kamu tak perlu khawatir karena tips desain kamar bayi berikut akan bantu untuk ciptakan desain kamar tidur bayi yang baik dan tetap nyaman untuk si kecil!

Baca juga: 10 Psikologi dan Makna Warna dalam Interior Rumah

Tips Desain Kamar Bayi yang Baik & Benar

1. Menentukan Lokasi Kamar Tidur Bayi

Tips Desain Kamar Tidur Bayi
Sumber gambar: Interior4you

Sebelum mulai mendesain kamar bayi, hal awal yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi yang tepat untuk kamar tidur bayi. Hal ini menjadi penting karena lokasi ruang tidur bayi akan bepengaruh pada akses udara dan cahaya dan tentunya aksesibilitas orang tua.

Utamakanlah ruang-ruang yang memiliki akses terhadap cahaya matahari langsung dan udara yang bersih agar desain kamar bayi kelak tidak terlalu remang dan juga lembab. Lokasi kamar tidur bayi yang berdekatan dengan kamar orang tua bila jadi nilai tambah mengingat Bunda mungkin perlu melakukan kontrol pada si kecil, dan juga bila si kecil menangis, orang tua bisa dengan cepat mengetahui dan bertindak.

2. Mulai Buat Daftar Perabot Wajib untuk Kamar Bayi

Tips Desain Kamar Tidur Bayi
Sumber gambar: Impressive Interior Design

Menata interior kamar bayi berarti kamu harus menata komposisi kebutuhan perabotan pada kamar tidur bayi. Untuk itu, mulailah dengan membuat daftar perabotan-perabotan apa yang kamu butuhkan untuk melengkapi desain kamar bayi untuk si kecil.

Keperluan wajib yang umumnya harus orang tua persiapkan adalah boks tempat tidur bayi. Lemari atau rak untuk menyimpan keperluan bayi, meja ganti popok untuk si kecil, dan kursi atau sofa yang nyaman untuk Bunda saat menyusui si kecil.

Terkadang perabotan ini diperlengkap dengan perabot tambahan lainnya seperti rak tambahan untuk mainan si kecil, kursi bayi, dan kebutuhan-kebutuhan tambahan lainnya.

3. Tips Memilih Warna pada Kamar Bayi

Tips Desain Kamar Tidur Bayi
Sumber gambar: Fresh Design Pedia

Pemilihan warna kamar bayi mungkin terlihat sepele, namun kenyataannya masih banyak orang tua yang memilih desain warna kamar bayi yang tidak tepat untuk si kecil. Pemilihan warna-warni yang cerah memang baik untuk menstimulasi pengenalan si kecil pada warna. Namun, warna-warna terlalu terang ada kamar bayi juga bisa membuat mata si kecil kelelahan.

Pilihlah tone warna yang memiliki efek relaksasi pada mata seperti hijau, biru langit, dan warna-warna bumi lainnya. Usahakan juga warna-warna ini memiliki tone muda yang tidak terlalu kontras sehingga tetap nyaman di mata si kecil.

4. Pengaturan Zonasi Ruang Bayi yang Tepat

Tips Desain Kamar Tidur Bayi
Sumber gambar: Peper Zout

Mengatur zonasi sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas di kamar si kecil sangatlah penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat orang tua dan si kecil beraktivitas di kamar tersebut. Hindari barang-barang atau storage yang berdekatan dengan area tidur dan bermain si kecil. Pastikan juga area bermain si kecil jauh dari perabot-perabot besar yang beresiko jatuh saat si kecil tengah bermain.

5. Menata Pencahayaan pada Kamar Tidur Bayi dengan Tepat

Tips Desain Kamar Tidur Bayi
Sumber gambar: Creative Directions

Selain memastikan kamar tidur bayi mendapatkan pencahayaan alami yang cukup, penataan pencahayaan buatan alias lampu pada desain kamar bayi juga cukup penting. Selain lampu utama yang terang untuk beraktivitas, sediakan juga lampu tidur yang redup untuk membuat istirahat si kecil lebih nyaman.

Lampu dinding atau hidden lamp bisa jadi pilihan terbaik dibandingkan lampu ceiling atau lampu plafon yang konvensional untuk mencegah si kecil yang banyak berbaring memiliki kontak mata langsung dengan cahaya lampu.

6. Hindari Penggunaan Material Beracun dan Utamakan Perabot yang Aman

Tips Desain Kamar Tidur Bayi
Sumber gambar: Ciltbakimurunleri

Hal yang tak kalah penting dalam merancang kamar tidur bayi yang baru adalah pemilihan material-material yang aman untuk si kecil. Pastikan cat yang kamu gunakan tidak mengandung zat beracun. Hindari juga menggunakan terlalu banyak karpet berbulu untuk hindari tumbuh kembangnya kuman dan bakteri. Hilangkan semua desain dengan sudut-sudut tajam berbahaya agar si kecil tetap aman beraktivitas bebas.

7. Pastikan Kamar Bayi Selalu Dalam Keadaan Rapi

Tips Desain Kamar Bayi
Sumber gambar: Ikea

Tips desain kamar bayi terakhir adalah memastikan sistem penyimpanan barang-barang dan keperluan si kecil yang maksimal agar kamar tidur bayi bisa selalu dalam keadaan yang rapi. Kamar yang berantakan tak hanya menjadi sarang kuman dan bakteri, namun bisa beresiko menimbulkan kecelakaan-kecelakaan kecil namun bisa berakibat fatal bagi si kecil seperti tersandung, terpeleset, hingga kejatuhan barang dari lemari.

Baca juga: 7 Tips Merancang Ruang Sempit Praktis

Meskipun bukan hal yang mudah, tips desain kamar tidur bayi diatas bisa kamu ikuti untuk bantu membuat kamar bayi yang tak sekedar menarik dan estetik tetapi juga nyaman dan aman baik untuk si kecil dan juga Bunda yang akan banyak beraktivitas di kamar bayi tersebut.

Yuk, mulai berkreasi dengan desain kamar bayi impian untuk sambut kehadiran si kecil!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s