12 Arsitektur Masjid Bersejarah Tertua di Indonesia

Arsitektur Bangunan Masjid Bersejarah Indonesia – Indonesia merupakan nergara dengan populasi penganut Muslim terbesar di dunia saat ini. Perkembangan ajaran agama Islam sendiri berkembang di Indonesia bahkan sejak Nusantara masih berbentuk kerajaan-kerajaan.

Kini, rekam jejak menyebarkan ajaran islam bisa dilihat dari berbagai bangunan masjid tertua dan bersejarah yang masih berdiri kokoh di Indonesia. Selain usia yang tua, beberapa masjid bersejarah ini memiliki arsitektur yang memukai dan juga menandai momen berkembangnya agama Islam di Indonesia.

Yuk, intip beberapa arsitektur masjid tua dan bersejarah yang masih ada di Indonesia berikut:

Baca juga: 9 Desain Jembatan Ikonik Indonesia karena Keindahannya

Desain Arsitektur Masjid Bersejarah Indonesia

1. Masjid Raya Baiturrahman

Arsitektur Masjid Raya Baiturrahman
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Meskipun awal berdirinya bangunan masjid bersejarah di Kota Banda Aceh ini masih simpang siur, banyak yang percaya bahwa masjid tertua di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam ini dibangun sejak 1292 oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah. Namun, tak sedikit juga yang mengatakan bahwa masjid bersejarah ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612.

Masjid yang masih bisa berdiri kokoh tanpa kerusakan pada saat bencana Tsunami di tahun 2004, ternyata bangunan masjid bersejarah di Indonesia ini pernah diruntuhkan oleh Belanda pada 1873 namun dibangun kembali 1877 sebagai bentuk permintaan maaf Belanda.

Tak hanya ukuran bangunan masjid yang megah, tetapi detail dan kekayaan estetika arsitektur yang memukau dan indah.

2. Masjid Menara Kudus

Arsitektur Masjid Menara Kudus
Sumber gambar: Wikipedia

Jika bangunan masjid di Indonesia umumnya berbentuk kubah dengan gaya arsitektur Arab, Masjid Menara Kudus yang telah ada sejak 1549 justru memiliki bentuk layaknya candi-candi Hindu.

Masjid ini sendiri didirikan olejh Sunan Kudus dengan menggunakan batu pertama yang diambil dari Baitul Maqdis di Palestina. Setiap batu pada bangunan masjid bersejarah ini direkatkan tanpa menggunakan semen dan dihiasi menggunakan 32 piringan biru dengan lukisan.

3. Masjid Kota Gede Yogyakarta

Arsitektur Masjid Matara Kota Gede Jogjakarta
Sumber gambar: Njogja

Tak hanya bangunan Masjid menara kudus saja yang arsitekturnya terpengaruh pada budaya Hindu dan Budha yang memang kala itu telah berkembang di Nusantara, Masjid Kotagede yang berada di Yogyakarta juga memiliki kemiripan serupa.

Masjid tertua di Yogyakarta ini didirikan oleh Sultan Agung yang pada saat itu merupakan Raja Kerajaan Mataran pada 1640. Masjid bersejarah ini memiliki peranan historis dalam perkembangan ajaran Islam di daerah Yogyakarta hingga saat ini.

4. Arsitektur Bangunan Masjid Agung Banten

Arsitektur Bangunan Masjid Agung Banten
Sumber gambar: Sindonews

Bangunan masjid bersejarah di Indonesia dengan arsitektur yang unik selanjutnya adalah Masjid Agung Banten. Memiliki bentuk atap bertingkat layaknya pagoda, ternyata masjid ini memang dirancang oleh salah seorang arsitek Tionghoa, Tjek Ban Tjut pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasannudin, putra dari Sunang Gunung Jati yang juga merupakan Sultan pertama dari Kesultanan Banten pada tahun 1560.

Komplek masjid bersejarah ini juga dilengkapi menara setinggi 24 meter yang dibangun oleh arsitek Belanda, Hendrik Lucasz Cardeel. Pada sisi utara dan selatan bangunan bersejarah ini bisa ditemukan makan-makan kuno dari para keluarga Sultan.

5. Masjid Saka Tunggal

Arsitektur Masjid Saka Tunggal
Sumber gambar: Situs Budaya

Masjid Saka Tunggal yang berada di Jawa Tengah mendapatkan namanya karena bangunan masjid bersejarah ini awalnya hanya dibangun menggunakan satu pilar untuk melambangkan hanya ada satu Tuhan yaitu Allah SWT.

Berdasarkan Tiang Utama bangunan masjid ini, tercatat bahwa bangunan masjid bersejarah ini telah berdiri sejak 1288. Detail lebih lengkap mengenai salah satu bangunan masjid tertua di Indonesia ini terdapat pada buku-buku yang ditulis pendiri masjid ini, Kyai Mustolih. Namun, keberadaan buku ini tidak diketahui.

6. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah
Sumber gambar: Situs Budaya

Masjid tertua di Indonesia selanjutnya berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Tengah. Didirikan oleh Raja Banjar pertama yang menganut Islam, Sultan Suriansya pada 1526, bangunan masjid bersejarah di Indonesia ini mencerminkan arsitektur tradisional khas Banjar yang bisa dilihat dari struktur atap masjid yang tumpang tindih.

Pada bagian mihrab atapnya terpisah pada bangunan utama masjid yang juga merupakan ciri dari masjid tradisional Banjar yang memiliki atap mihrab terpisah pada bangunan masjid utama.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Bentuk Atap Rumah

7. Arsitekur Masjid Agung Cirebon

Arsitektur Masjid Agung Cirebon
Sumber gambar: IKMI Cirebon

Masjid bersejarah di Nusantara yang berlokasi di kompleks Keraton Kesepuhan Cirebon ini juga dikenal dengan nama Masjid Agung Kesepuhan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan juga Masjid Sunan Gunung Jati karena bangunan ini diprakarsi dan dirancang oleh Sunan Gunung Jati.

Mengulik arsitektur dari bangunan masjid tertua di Indonesia ini, salah satu keunikannya adalah jumlah sembilan pintu yang terhubung pada ruang utama masjid untuk melambangkan kesembilan Wali Songo yang berperan dalam penyebaran ajaran Islam di Nusantara.

Meski tak diketahui kapan pastinya pembangunan masjid bersejarah ini dimulai, namun banyak yang percaya jika bangunan masjid yang juga masih mencerminkan pengaruh kebudayaan Hindu-Budha ini selesai dibangun pada 1480.

8. Masjid Sunan Ampel

Arsitektur Masjid Sunan Ampel
Sumber gambar: Peradaban dan Sejarah

Masjid tertua dan bersejarah di Indonesia selanjutnya merupakan warisan dari tokoh Wali Songo lainnya yaitu Raden Achmad Rachmatulla atau dikenal juga sebagai Sunan Ampel pada 1421. Berdiri dalam wilayah kerajaan Majapahit, bangunan masjid bersejarah ini sarat akan nilai-nilai arsitektur jawa kuno dengan pengaruh kebudayaan arab yan cukup erat.

Dalam komplek masjid bersejarah dan tertua ketiga di Indonesia ini terdapat juga makan dari Sunan Ampel, Mbah Sonhaji atau Mbah Bolong dan juga Mbah Soleh yang merupakan pembantu dari Sunan Ampel. Selain itu, terdapat juga Makan KH. Mas Mansyur, salah satu pahlawan nasional dan juga anggota keluarga lainnya.

Dalam kompleks pemakanan Sunan Ampel ini, kamu juga bisa melihat 182 makan syuhada haji yang meninggal dalam musibah jemaah haji Indonesia di Maskalea-Colombo, Sri Langka pada 4 Desember 1974 silam.

9. Masjid Raya Ganting Padang

Masjid Raya Ganting Padang
Sumber gambar: Wikipedia

Salah satu keunikan dari arsitektur bangunan masjid peninggalan kerajaan Islam di Indonesia satu ini adalah struktur atap masjid yang berbentuk persegi delapan. Selain menyimpan nilai historik perkembangan ajaran Islam di Padang pada masa lampau, masjid yang dipercaya dibangun pada tahun 1700 ini juga pernah menjadi tempat pengungsian pertama Bung Karno pada tahun 1942 sebelum Sang Proklamator diasingkan di Bengkulu kemudian.

Masjid bersejarah ini juga sempat beberapa kali dipindahkan pada masa lampau sebelum akhirnya dibangun tetap di daerah Ganting, Kota Padang. Pada 1833 Kota Padang pernah dihantam gempa dan Tsunami, namun uniknya salah satu masjid tertua di Indonesia ini masih berdiri kokoh hingga saat ini.

10. Arsitektur Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak
Sumber gambar: Brobali

Mulai didirikan sejak 1466 dan selesai di tahun 1479, masjid tertua di Indonesia ini merupakan warisan dari Raja Pertama Kesultana Demak, Raden Patah dengan turut serta peran Wali Songo.

Mengunjungi masjid bersejarah ini, kamu bisa melihat empat tiang utama yang menopang bangunan utama dari masjid ini. Keempat pilar ini disebut Saka Guru dan pada salah satu dari tiang utama tersebut terbuat dari serpihan kayu yang disebut Saka Latal.

Untuk mengetahui sejarah panjang perkembangan ajaran Islam di bumi Nusantara, terdapat Museum Masjid Agung Demak pada sisi samping Masjid yang menyimpan berbagai koleksi mulai dari bedug dan kentongan buatan Wali Songo, kitab tafsir Al-Qur’an Jus 15-30 yang ditulis tangan oleh Sunan Bonang dan benda-benda bersejarah lainnya.

11. Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe Tertua di Indonesia
Sumber gambar: Tribunnews

Berlokasi di Desa Kaitetu, Maluku Tengah, Masjid Wapauwe merupakan salah satu masjid tertua kedua di Indonesia sekaligus saksi bisu persebaran ajaran Islam di kepulauan Maluku. Dibangun pada 1414, arsitektur dari masjid bersejarah ini masih sangat asli dan sangat sederhana dengan konstruksi dinding gaba-gaba (Pelepah Sagu yang telah mengering) dengan beratapkan daun rumbia.

Salah satu masjid tertua di Indonesia ini juga menyimpan Mushaf Al-Qur’an yang juga dipercaya sebagai yang tertua di Indonesia. Salah satu Mushaf ditulis tangan oleh Imam Muhammad Arikulapessy yang merupakan Imam pertama Masjid Wapauwe yang selesai pada 1550 tanpa hiasan pinggir (iluminasi).

12. Arsitektur Masjid Istiglal

Arsitektur Masjid Istiglal Indonesia
Sumber gambar: Tribunnews

Meskipun memiliki usia yang tidak setua berbagai masjid paling tua di Indonesia dan masjid besejarah lainnya, tentu Masjid Istiqlal juga merupakan salah satu tonggak dan lambang keberadaan umat Islam di Indonesia. Diprakarsai Bung Karno pada 1951, dan mulai dibangun pada 1961 dan rampung pada 1978, Masjid Istiqlal memiliki arti “Kemerdekaan” dalam bahasa Arab.

Mampu menampung hingga 200.000 jamaah, Masjid Istiglal kini merupakan Masjid terbesar di Asia Tenggara dan masih menjadi pusat dari perayaan-perayaan serta peringatan agama para umat Muslim di Nusantara seperti pada saat Maulid Nabi, Idul Fitri, hingga Isra’ Mi’raj.

Masjid yang dirancang oleh Arsitek Nasrani, Frederich Silaban ini dibangun di atas reruntuhan venteng Prins Frederik milik Belanda yang didirikan pada 1873.

Baca juga: 9 Karya Desain Arsitek Indonesia yang Mendunia

Berbagai masjid di Indonesia tidak hanya memiliki peranan sebagai tempat ibadah, namun beberapa diantaranya menyimpan sejarah panjang perjalanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, beberapa masjid bersejarah ini juga mencerminkan perkembangan arsitektur dan juga berbagai akulturasi menarik dari kebudayaan yang melahirkan arsitektur bangunan masjid yang indah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s