7 Tips Desain Ruang Keluarga Nyaman di Ruang Sempit

Tips Desain Ruang Keluarga Kecil – Miliki masalah desain ruang keluarga di lahan terbatas? Takut desain ruang keluarga tidak bisa maksimal karena ruang yang sempit? Jangan khawatir, desain ruang keluarga kecil di lahan sempit bukanlah hal yang buruk dan dengan rancangan yang baik desain ruang keluarga berukuran kecil tetap bisa nyaman dan menarik.

Ingin maksimalkan desain ruang keluarga sempit milikmu? Coba tips desain ruang keluarga kecil yang praktis berikut!

Baca juga: 7 Tips Merancang Ruang Sempit Praktis

Tips & Trik Desain Ruang Keluarga Kecil yang Nyaman

Desain Ruang Keluarga Kecil
Sumber gambar: FreshHome

1. Pilih dan Tata Perabot sesuai Kebutuhan dan Aktivitas Utama

Sebelum memulai merancang ruang keluarga yang sempit, penting untuk menentukan perabot apa saja yang diperlukan. Pemilihan perabot ini sangat erat kaitannya dengan kemungkinan aktivitas apa saja yang akan dilakukan di ruang keluarga nanti.

Hal ini akan membantu mengeliminasi perabot-perabot yang sebenarnya tak diperlukan sehingga membuat desain ruang keluarga kecil menjadi terlalu sesak. Seperti menghindari memiliki sofa atau kursi dengan seater yang berlebihan, lemari TV atau rak pajang yang terlalu besar untuk barang-barang yang kamu miliki hingga dekorasi ruang yang berlebihan.

Setelah itu, barulah mulai menata perabot-perabot utama tersebut pada desain ruang keluarga kecil.

2. Bukaan yang Memadai untuk Sirkulasi Udara dan Cahaya yang Lebih Nyaman

Memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik sangatlah penting pada desain ruang keluarga, terutama jika ruang keluarga memiliki ukuran yang kecil dan sempit. Ruang yang sempit memicu ruang memiliki udara yang tidak tersirkulasi dengan baik dan juga lembab. Memiliki bukaan seperti jendela dan pintu bisa menjadi solusi untuk membantu memperbaiki sirkulasi udara di ruang keluarga.

Kehadiran bukaan ini juga akan bantu desain ruang keluarga memiliki pencahayaan alami yang baik. Pencahayaan yang baik tak hanya akan buat aktivitas ruang keluarga menjadi lebih nyaman, tapi juga sangat baik untuk membuat ruang sempit tidak terkesan sempit dan sesak.

Desain Ruang Keluarga Kecil
Sumber gambar: Rumahku Unik

3. Buat Sistem Pencahayaan yang Pas & Fleksibel

Selain pencahayaan alami dari bukaan yang telah dibahas pada tips desain ruang keluarga sebelumnya, perhatikan juga pengaturan sistem pencahayaan buatan berupa lampu-lampu yang ada di ruang keluarga kecil milikmu.

Pastikan kamu memiliki lampu utama yang terang dan bercahaya putih sebagai pencahayaan utama dan juga pencahayaan tambahan yang redup dan hangat untuk aktivitas-akivitas tertentu di ruang keluarga.

Kamu juga bisa melengkapi pencahayan ruang keluarga dengan lampu dekoratif seperti spot light dan hidden light.  Namun, hindari hanya bertumpu pada pencahayaan yang remang dan berwarna kekuningan. Meskipun bisa memberikan kesan hangat, pencahayaan seperti ini cenderung membuat ruang sempit terasa lebih sesak.

4. Fokus pada Warna Terang & Netral pada Ruang Keluarga

Membuat ruang keluarga kecil terasa sangatlah penting untuk memberikan suasana lebih luas pada desain ruang keluarga Tips desain ruang keluarga berukuran sempit selanjutnya adalah memilih palet warna yang terang pada ruang keluarga. Warna putih, grayscale dan juga monochromatic adalah contoh skema warna terang dan juga bersifat netral yang direkomendasikan.

Pemilihan warna netral dipilih karena bisa membantu kamu menggunakan warna favorit sebagai dekorasi pelengkap tanpa perlu takut warna tersebut merusak skema warna utama dari desain ruang keluarga milikmu!

Baca juga: 12 Kreasi Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Impian!

Desain Ruang Keluarga Kecil
Sumber gambar: Homify

5. Pertimbangkan untuk Membuat Desain Ruang Keluarga yang Terbuka

Salah satu tips desain ruang keluarga kecil di lahan sempit yang paling praktis untuk diterapkan adalah dengan menggabungkan ruang keluarga dengan fungsi ruang lainnya seperti ruang makan dan dapur ataupun ruang kerja dan belajar.

Meniadakan sekat ruang tak hanya akan membuat desain ruang keluarga kecil milikmu terasa lebih luas, namun juga membantu membangun atmosfer lebih akrab dan homey pada desain ruang keluarga di rumahmu.

6. Berikan Sedikit Sentuhan Personal Lewat Hiasan, Pajangan, atau Dekorasi Lainnya

Ruang keluarga adalah salah satu ruang yang bersifat privat dan mungkin akan menjadi salah satu ruang dimana penghuni akan paling banyak beraktivitas. Jadi, sudah sewajarnya jika desain ruang keluarga akan banyak merepresentasi kepribadian dan identitas sang pemilik rumah.

Untuk itu, jangan ragu untuk bereksplorasi dengan selera pribadi dan juga hal-hal personal milikmu. Mulai dari hal sesederhana menggunakan foto keluarga sebagai hiasan dinding, hingga memajang karya-karya kerajinan hasil hobi atau barang-barang koleksi pribadi milikmu di ruang keluarga.

7. Dekorasi Tanaman Hias untuk Buat Ruang Keluarga Lebih Menyegarkan

Menambahkan sedikit unsur alam seperti tanaman hias bisa jadi sentuhan akhir pada desain ruang keluarga kecil milikmu. Kehadiran tanaman hias akan memberikan suasana lebih hidup dan juga segar sehingga beraktivitas di ruang keluarga akan lebih nyaman.

Mengaplikasikan elemen natural lainnya seperti material kayu juga bisa jadi alternatif jika kamu menginginkan desain ruang keluarga yang terasa lebih hangat.

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Tak sulit bukan mengolah ruang sempit menjadi desain ruang keluarga kecil yang menarik namun tetap nyaman untuk keluarga beraktivitas? Jangan lupa untuk mengeksplorasi ide-ide desain personalmu dan tuangkan pada desain ruang keluarga dan buat desain ruang keluargamu menjadi representasi terbaik dari keluargamu!

Selamat berkreasi dengan desain ruang keluarga milikmu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s