7 Tips & Trik Desain Kamar Mandi Kecil agar Tetap Nyaman!

Tips Desain Kamar Mandi Kecil – Karena bersifat sebagai area service dan dianggap bukanlah ruang utama, banyak rumah yang hanya menyediakan ruang kecil untuk kamar mandi. Padahal aktivitas di dalam kamar mandi terkadang justru membutuhkan ruang gerak yang cukup luas. Dan, tentunya desain kamar mandi yang luas akan bantu membuat beraktivitas di kamar mandi jadi jauh lebih nyaman, bukan?

Namun, buat kamu yang terjebak dengan desain kamar mandi yang kecil, bukan berarti desain kamar mandi kecil tidak bisa ditata menjadi nyaman dan tentunya tetap menarik! Tak percaya? Ikuti tips dan trik desain kamar mandi sempit berukuran kecil berikut!

Baca juga: Pola Ubin: 9 Cara Menyusun Pola Keramik Kreatif

Tips dan Trik Desain Kamar Mandi Berukuran Kecil

Tips Desain Kamar Mandi Kecil
Sumber gambar: Fresh Home

1. Utamakan Dominasi Warna Terang dan Hindari Warna Terlalu Gelap

Sudah bukan rahasia jika warna terang bisa membuat ruangan kecil terkesan luas dan warna gelap akan membuatnya terasa lebih sempit. Terapkan juga konsep ini pada desain kamar mandi kecil milikmu untuk ciptakan suasana yang lebih lapang meskipun luas ruang terbatas.

2. Hindari Pola-Pola untuk Hindari Ruang Kamar Mandi Kecil terkesan Penuh

Keberadaan pola-pola dan tekstur yang terlalu ramai akan memberikan kesan penuh dan sesak jika diaplikasikan pada kamar mandi kecil. Tips untuk desain kamar mandi sempit yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengutamakan penggunaan material-material yang polos dan minim pola agar ruangan kamar mandi yang sudah sempit tak terasa menyesakkan.

Tips Desain Kamar Mandi Kecil
Sumber gambar: Home Design Planner

3. Gunakan Ubin dengan Ukuran Besar

Masih terkait dengan tips desain kamar mandi kecil sebelumnya, untuk meminimalisir pola, penggunaan ubin yang berukuran besar jauh lebih direkomendasikan untuk desain kamar mandi kecil karena mampu memberikan efek visual yang terkesan lebih luas. Jadi, hindari penggunaan ubin keramik berukuran kecil atau bahkan mozaic jika kamar mandimu memiliki luas yang terbatas.

4. Maksimalkan Cermin yang ada pada Desain Kamar Mandi Kecil

Cermin adalah salah satu elemen yang umum ada di dalam kamar mandi. Selain memiliki fungsi untuk berkaca, cermin juga memberikan efek lebih luas pada ruangan, lho. Jadi, memaksimalkan ukuran cermin yang ada pada desain kamar mandi kecil juga bisa jadi tips desain kamar mandi berukuran  sempit yang cukup ampuh.

Baca juga: 15 Inspirasi Kreatif Desain Ruang Bawah Tangga yang Fungsional

5. Jika Memungkinkan, Gunakan Perlengkapan Kamar Mandi yang Berukuran Mini

Untuk beberapa keperluan, tak ada salahnya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan perlengkapan kamar mandi seperti kloset, washtafle dan lainnya yang berukuran mini agar mampu menghemat ruang dan memberikan keleluasaan ruang gerak pada desain kamar mandi yang berukuran kecil milikmu.

Tips Desain Kamar Mandi Kecil
Sumber gambar: Decoracion de

6. Pastikan Desain Kamar Mandi Memiliki Pencahayaan yang Memadai

Tips desain kamar mandi kecil selanjutnya adalah dengan menyediakan pencahayaan yang memadai di dalam ruang. Kamar mandi yang sempit namun dengan penerangan yang baik mampu terlihat lebih lapang. Bila memungkinkan, manfaatkan juga pencahayaan alami melalui ventilasi ataupun jendela bouvenlich.

7. Tampil Transparan dengan Kaca untuk Kesan yang Lebih Luas

Penerapan elemen transparan sebagai pengganti elemen tertutup tentu bisa membuat kamar mandi terasa lebih lapang. Menggunakan kaca sebagai pengganti pembatas ruang tentu bisa jadi salah satu tips desain kamar mandi kecil yang bisa coba kamu terapkan.

Baca juga: 7 Tips Merancang Ruang Sempit Praktis

Tak mustahil bukan untuk aplikasikan tips desain kamar mandi kecil tersebut dan ubah kamar mandi sempit menjadi kamar mandi yang nyaman dan menarik untuk digunakan? Yuk, mulai kreasikan desain kamar mandi kecil milikmu untuk buat hunian yang tetap homey ditengah keterbasan lahan!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s