13 Arsitektur Gereja Terindah & Bersejarah di Indonesia

Arsitektur Gereja Bersejarah dan Terindah – Di Indonesia, perkembangan dari persebaran ajaran Nasrasi dimulai pada era kolonialisasi. Jejak-jejak perkembangan ajaran Nasrani ini terlihat dari jejak-jejak arsitektur gereja tertua di Indonesia yang menyimpan rekam sejarah dibalik keindahan bangunan gereja.

Intip berbagai arsitektur bangunan gereja tertua dan terindah di Indonesia yang tak hanya memiliki nilai estetika yang memukau tetapi juga kisah sejarah panjang mengenai bangsa berikut ini:

Baca juga: 12 Arsitektur Masjid Bersejarah Tertua di Indonesia

Arsitektur Gereja Bersejarah dan Terindah di Indonesia

1. Bangunan Gereja Blenduk, Semarang

Gereja Blenduk - Desain Arsitektur Gereja Terindah & Tertua di Indonesia
Sumber gambar: Wikipedia

Gereja bersejarah di Indonesia yang memiliki nama asli GPIB Immanuel ini merupakan warisan dari kolonialisasi Belanda di Semarang yang dibangun pada 1753. Salah satu ciri khas dari arsitektur gereja tertua di Jawa Tengah satu ini adalah kubah besar berlapis perunggu yang pada bagiannya terdapat sebuah orgel Barok.

Sempat direnovasi pada 1894 oleh W. Westmaas dan H.P.A de Wilde dengan penambahan kedua menara pada bagian depan gedung gereja, salah satu gereja terindah di Indonesia ini masih beroperasi sebagai gereja hingga saat ini.

2. Gereja Immanuel, Jakarta

Gereja Immanuel - Desain Arsitektur Gereja Terindah & Tertua di Indonesia
Sumber gambar: Metro Tempo

Mulai dibangun pada 1824 sebagau bentuk kesepakatan umat Reformasi dan umat Lutheran di Batavia dan selesai pada 24 Agustus 1839, Gereja Immanuel merupakan salah satu gereja tertua dan bersejarah yang ada di Jakarta.

Gedung gereja bersejarah yang megah ini sendiri merupakan rancangan J.H. Horst dan diresmikan sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Willem I, Raja Belanda yang saat itu berkuasa pada periode 1813-1840, sehingga kamu bisa menemukan nama Willemskerk tercantum pada gereja ini.

Memiliki Gaya Arsitektus Klasisisme dengan pilar-pilar Paladian, arsitektur banguan gereja terindah di Indonesai ini menitikberatkan pada bentuk simteri dan komposisi yang harmonis. Konstruksi kubah dari gereja ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga sinar matahari mampu menerangi ruangan dalam bangunan gereja secara merata.

3. Gereja Santa Maria de Fatima

Gereja Santa Maria de Fatima - Desain Arsitektur Gereja Terindah & Tertua di Indonesia
Sumber gambarL Flickr

Tak hanya bersejarah dan memiliki usia yang tua, bangunan Gereja Santa Maria de Fatima bisa dikatakan sangat unik karena sekilas lebih terlihat layaknya kuil. Tak mengherankan karena gereja yang berada di kawasan pecinan Glodok ini dibangun oleh seorang Kapitan berdarah TiongHoa bermarga Tjioe pada 1954.

Bangunan Gereja dengan detail arsitektur pecinan yang kental dan unik ini kemudian ditetapkan pemerintah sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang dilindungi.

4. Gereja Fidelis Sebiram, Seberuang

Gereja Fidelis Sebiram - Desain Arsitektur Gereja Terindah & Tertua di Indonesia
Sumber gambar: Wikipedia

Berlokasi di sebuah Desa Kecil di pinggiran Sungai Seberuang Kalimantan Barat, Gereja Fidelis Sebiram merupakan salah satu gereja tertua dan memiliki nilai historik di Indonesia. Gereja yang dibangun pada 1892 merupakan saksi bisu masuknya ajaran Katolik ke masyarakat Dayak yang diawali dari diutusnya Pastur Looymans kala itu.

Salah satu ciri khas dari arsitektur bangunan gereja  bersejarah di Kalimantan Barat ini adalah keberadaan patung ayam yang bertengger pada puncak menara gereja.

5. Gereja Sion, Jakarta

Desain Arsitektur Gereja Terindah & Tertua di Indonesia
Sumber gambar: Jakarta Tourism

Dikenal juga dengan nama Portugeesche Buitenkerk, Gereja Portugis yang berada di sudut Jalan Pangeran Jayakarta dan Mangga Dua Raya ini telah dibangun sejak 1693 dan selesai pada 1695 dengan gaya arsitektur klasik khas era kolonialisasi pada masa itu.

Salah satu gereja tertua di Indonesia ini kini lebih dikenal dengan nama Gereja Sion dan sejak peresmian gereja pada 23 Oktober 1695 oleh Pendeta Theodorus Zas hingga kini masih beroperasi sebagai gereja. Karena nilai sejarah yang dimilikinya, bangunan Gereja Sion ditetapkan sebagai salah satu bangunan bersejarah yang dilindungi.

6. Candi Hati Kudus Yesus, D.I.Y

Candi Hati Kudus - Desain Arsitektur Gereja Terindah & Tertua di Indonesia
Sumber gambar: The Borneo Post

Umumnya candi merupakan arsitektur khas Hindu-Budha, namun tidak pada salah satu gereja tua yang berlokasi di Jogjakarta ini. Memiliki sebuah candi dalam komplek Gereja dengan penggambaran sosok Yesus layaknya Raja Jawa, gereja ini dibangun oleh Keluarga Schutzer, sebuah keluarga Belanda pada 1930.

Dengan akulturasi budaya yang tersirat pada arsitektur bangunan gereja ini membuatnya menjadi tujuan wisata religi yang menarik bagi umat Nasrani.

Baca juga: 9 Karya Desain Arsitek Indonesia yang Mendunia

7. Gereja Ayam, Jakarta

Gereja Ayam - Desain Arsitektur Gereja Terindah & Tertua di Indonesia
Sumber gambar: Flickr

Dikenal dengan nama Gereja Ayam karena keberadaan lambang ayam yang berfungsi sebagai penunjuk arah angin pada puncak gereja, awalnya gereja ini justru memiliki nama Gereja Baru.

Dibangun pada masa antara 1913 hingga 1915 dengan rancangan Ed Cuypers dan Hulswit, gereja ini sebenarnya merupakan perluasan dari gereja asli yang telah berdiri sejak 1859.

Menggunakan gaya arsitektur Italia yang dipadukan dengan gaya portugis, hingga saat ini pada bagian interior bangunan gereja ini masih terasa asli dengan kursi-kursi jati yang berusia hampir seabad. Kamu juga bisa menemukan sebuah Alkitab besar berbahasa Belanda yang telah ada sehak 1855 diletakkan di atas mimbar salah satu gereja bersejarah di Jakarta ini.

8. Gereja Merah, Mojokerto

Arsitektur Gereja - Lotus Garden Hotel Kediri
Sumber gambar: Lotus Garden Hotel Kediri

Melihat bangunannya, kamu mungkin sudah bisa menerka mengapa salah satu gereja tertua di Indonesia ini kemudian dinamakan gereja Merah. Diresmikan pada 1904, gereja ini sendiri awalnya memiliki warna putih gading. Sampai pada akhirnya seorang pendeta memutuskan untuk mengecat ulang bangunan gereja menjadi warna merah dan sejak sekitar 1996 masyarakat mulai menamai Gereja bersejarah ini sebagai Gereja Merah.

Memiliki gaya arsitektur klasik yang megah dan warna merah yang sangat ikonik, gereja ini kini telah menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Mojokerto dimana kamu bisa menemui sebuah kitab injil yang telah berusia lebih dari seabad.

9. Arsitektur Gereja Katerdral Santa Maria, Bogor

Gereja Katedral Bogor - Arsitektur Gereja Tertua dan Terindah
Sumber gambar: Situs Budaya

Telah berdiri megah sejak masa kolonialisasi Belanda dengan nama Buitenzorg, salah satu gereja tertua dan bersejarah di Indonesia ini berlokasi di Bogor. Dibangun pada 1896, kini gereja bersejarah dengan arsitektur bergaya art-deco ini memiliki nama resmi Gereja Katedral Santa Perawan Maria dan sering juga disebut Gereja Katedral Bogor.

10. Gereja Reinha Rosari, NTT

Gereja Reinha Rosari - Arsitektur Gereja Terindah dan Tertua di Indonesia
Sumber gambar: Flickr

Meksipun kini bangunan Gereja yang berada di Nusa Tenggara Timur ini sangat megah dengan menara-menara beratap kerucut yang menjulang layaknya kastil, salah satu gereja tertua di Indonesia ini awalnya diresmikan pada tahun 1862 dengan bangunan yang hanya berdindingkan anyaman bambu dan atap ilalang.

Sampai sebuah musibah kebakaran pada 1901 membuat bangunan gereja bersejarah ini dibangun ulang dan selesai pada tahun 1909 dengan bangunan megah yang masih berdiri kokoh dan beroperasi sebagai gereja hingga saat ini.

11.  Gereja Katedral Santo Petrus, Bandung

Desain Arsitektur Gereja di Indonesia
Sumber gambar: Tokopedia

Gereja Santo Petrus yang berada di Kota Bandung ini juga dikenal sebagai Gereja Katedral Bandung yang dirancang menggunakan arsitektur Neo-Gothic akhir oleh arsitek Ir. Charles Proper Wolff Schoemaker.

Gereja tertua yang berlokasi di jalan Merdeka Bandung ini awalnya merupakan gereja St. Franciscus Regis pada 1895 hingga pada tahun 1921 gereja ini diperluas seiring meningkatnya status kota Bandung.

12. Gereja Kepanjen, Surabaya

Gereja Kepanjen Surabaya - Arsitktur Gereja Indonesia
Sumber gambar: Rooang

Gereja tertua dengan arsitektur yang indah di Indonesia selanjutnya berada di Kota Pahlawan, Surabaya. Didirikan sejak 1815, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria ini juga dikenal dengan nama Gereja Kepanjen.

Arsitektur dari gereja tertua di Surabaya ini mengaplikasikan gaya gotik dan dikenal dengan dinding bata ekspos yang rustic serta dekorasi kaca patri yang indah pada interior Gereja ini.

13. Arsitekur Gereja Katedral Jakarta

Arsiterktur Gereja Katedral Jakarta
Sumber gambar: Merah Putih

Membahas mengenai bangunan gereja bersejarah di Indonesia takkan lengkap tanpa memasukkan Gereja Katedral Jakarta yang memiliki nama resmi Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga atau dalam bahasa Belanda “De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming” ke dalam daftar.

Dibangun dengan arsitektur Neo-Gothic asal Eropa pada 1901, gereja ini dirancang oleh Pastor ANtonius Dijkmans yang setelah proses panjang akhirnya diresmikan pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, SJ, Vikaris Apostolik Jakarta.

Hingga kini, gereja yang memiliki akrsitektur cantik dengan dua menara besi menjulang di atasnya ini masih menjadi pusat kegiatan dan hari raya umat Katolik. Dan pada hari tertentu beberapa bagian dari Gereja ini dibuka sebagai Museum.

Baca juga: 9 Desain Jembatan Ikonik Indonesia karena Keindahannya

Itulah beberapa arsitektur gereja bersejarah dan tertua yang masih berdiri kokoh di Nusantara hingga saat ini. Selain menjadi tujuan wisata religi untuk umat nasrani, keunikan arsitektur gereja bersejarah ini cukup menarik untuk dipelajari dan untukmu mengenali gaya-gaya arsitektur pada era kolonialisasi pada saat itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s