9 Tips Desain Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Desain Kamar Tidur Anak – Merancang kamar anak bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Terkadang menemukan desain kamar tidur anak yang paling pas bisa jadi persoalan yang lebih rumit daripada kamar orang dewasa. Apalagi, aktivitas anak di kamar tidur bisa sangat berbeda dan dinamis.

Khawatir tak bisa ciptakan desain kamar tidur anak terbaik untuk si kecil? Simak tips desain kamar anak yang mudah dan praktis berikut ini!

Baca juga: 10 Psikologi dan Makna Warna dalam Interior Rumah

Tips Praktis Desain Kamar Tidur Anak

1. Mulai dengan Pemilihan Perabot yang Tepat

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Goods Home Design

Perabot kamar tidur yang pas untuk anak-anak bukan hanya soal ukuran dan juga desain yang disukai anak-anak tetapi juga dari segi keamanan dan kenyamanan untuk anak. Sebelum mulai mendesain kamar tidur anak, buatlah daftar perabot-perabot kamar anak yang diperlukan dan pastikan perabot-perabot tersebut di desain ramah anak.

 

Terlebih jika anak masih berusia sangat dini, hindari perabot yang menggunakan banyak sudut lancip ataupun detail desain lain yang mungkin bisa sangat berbahaya bagi anak.

2. Kolaborasikan Warna Netral dengan Warna Favorit Anak pada Desain Kamar Anak

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: House Design Ideas

Tips desain kamar anak selanjutnya berkaitan dengan warna dari kamar tidur anak. Warna kamar anak identik dengan warna-warni cerah. Secara umum, warna-warna ini memang akan membantu anak mengenal warna dan menciptakan suasana kamar anak yang lebih ceria. Namun, untuk jangka panjang kamu mungkin perlu mempertimbangkan warna-warna netral untuk kamar anak.

Warna netral bisa dengan mudah dikombinasikan dengan sedikit warna cerah lain yang mungkin disukai anak atau warna yang tengah tren sehingga si kecil bisa dengan mudah mengubah-ubah suasana kamar dengan mudah.

Pengaplikasian warna ini juga membuat desain kamar anak akan tetap relevan saat si kecil beranjak dewasa kelak.

3. Sesuaikan Zonasi Kamar Anak dengan Kebutuhan & Aktivitas Anak

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Energy Smart

Kegiatan si kecil di kamar tidur mungkin bisa sangat beragam. Tak hanya sekedar beristirahat, anak mungkin memerlukan space untuk bermain dengan koleksi lego atau boneka favorit mereka serta ruang untuk belajar. Apapun kegiatan si kecil, pastikan semuanya bisa terakomodir di dalam kamar tidurnya. Kecuali jika orang tua menyediakan ruang lain untuk mengakomodir kegiatan lainnya itu.

4. Pastikan Kamar Anak memiliki Sirkulasi Udara dan Pencahayaan yang Baik

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Roohome

Dimasa tumbuh tembangnya, tentu si kecil memerlukan atmosfer yang kondusif di dalam kamar tidur bukan? Maka dari itu, pastikan desain kamar anak memiliki sirkulasi udara dan juga pencahayaan alami yang baik. Memiliki jendela yang memadai akan bantu desain kamar anak memiliki kualitas udara yang baik dan mencegah kelembaban ruang berlebihan hingga munculnya parasit mengganggu di kamar.

5. Pastikan Sistem Penyimpanan yang Praktis dan Memadai

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Architecture & Design

Sudah menjadi rahasia umum jika kamar anak tidak akan jauh dari kata berantakan. Selain karena sifat anak yang sangat energik, barang-barang yang dimiliki si kecil juga bisa sangat banyak.

Untuk mempermudah dan memastikan desain kamar anak selalu rapi, pastikan kamu menyediakan ruang penyimpanan seperti lemari, rak, laci, yang memadai untuk menyimpan semua barang anak saat tidak sedang digunakan.

6.  Untuk Kamar Anak Sharing Pastikan Setiap Anak Memiliki Perabotnya Masing-Masing

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Canadian Home Trends

Bagi orang tua yang memutuskan untuk membuat desain kamar anak sharing untuk buah hati, hal ini bisa saja menjadi pilihan yang baik, terlebih jika hunian memang memiliki keterbatasan ruang.

Yang perlu dipastikan adalah, meskipun kamar anak digunakan bersama, pastikan setiap anak mendapatkan kebutuhan perabotan mereka masing-masing untuk mencegah konflik dan tentunya membantu masing-masing anak tetap bisa beraktivitas tanpa perlu terganggu oleh saudara mereka.

7. Pertimbangkan Tema dan Perabot untuk Jangka Panjang

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Cirpa.co

Memiliki desain kamar anak yang berwarna-warni dengan karakter-karakter lucu kegemaran si kecil memang sangat lucu dan menarik. Namun, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membuat desain kamar anak dengan tema yang tidak berlebihan agar kamar anak bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih panjang tanpa perlu direnovasi saat si kecil beranjak remaja dan dewasa.

8. Privasi Memang diperlukan, Tapi Utamakan  Keamanan dari Kamar Anak

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Pepper Zout

Membiarkan si kecil tidur dikamarnya sendiri memang baik untuk pertumbuhannya. Memberikan anak privasi juga penting untuk membangun kepercayaan orang tua pada anak. Namun, hindari memberikan privasi berlebihan sehingga kamar anak menjadi terkesan terisolasi.

Pastikan orang tua tetap bisa mengontrol aktivitas yang terjadi di kamar anak dan pastikan juga kamar anak mudah dijangkau saat terjadi hal-hal darurat di kamar anak.

9. Sebisa Mungkin Libatkan Anak dalam Proses Desain

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Fandung

Tips desain kamar anak yang terpenting adalah dengan melibatkan anak dalam proses merancang. Hal ini memberikan anak rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap kamarnya sendiri. Selain itu, anak cenderung akan lebih nyaman beristirahat di kamar yang sesuai dengan selera dan keinginannya.

Baca juga: 15 Inspirasi Kreatif Desain Ruang Bawah Tangga yang Fungsional

Itulah tips desain kamar tidur anak yang praktis untuk ciptakan desain kamar anak yang nyaman dan maksimal untuk si kecil. Sudah siap kreasikan desain kamar anak terbaik untuk buah hati?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s