7 Ikan Hias untuk Kolam yang Mudah Dipelihara

Ikan Hias untuk Kolam – Keberadaan kolam ikan di taman rumah bukan hanya sekedah hobi, tapi juga bisa memberikan estetika tersendiri pada hunian. Kehadiran elemen air dan ikan hias di kolam akan menghidupkan suasana dan memberikan atmosfer yang lebih segar.

Namun, memelihara ikan hias di kolam juga bisa jadi pekerjaan yang tidak mudah. Terlebih ikan hias kolam memerlukan perawatan yang tidak mudah. Tertarik mulai hobi memelihara ikan hias di kolam? Berikut beberapa pilihan ikan hias kolam air tawar yang mudah dipelihara dan cocok untuk pemula!

Baca juga:  12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Ikan Hias Kolam yang Mudah Dirawat

1. Ikan Koi

Ikan Koi - Ikan Hias Kolam yang mudah dipelihara
Sumber gambar: Pixabay

Sudah bukan rahasia jika Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan hias kolam yang sangat difavoritkan. Berbagai varian corak warna dan bentuknya yang indah jika terlihat dari atas memang membuatnya lebih cocok untuk dipelihara di kolam ikan.

Jika kamu tertarik memelihara ikan koi, pastikan kamu memiliki kolam ikan dengan ukuran yang cukup (tidak terlalu kecil) dan air yang berarus (tidak tenang). Kolam ikan hias satu ini juga tidak perlu kedalaman yang terlalu dalam, ikan koi juga bisa hidup di kolam yang dangkal asalkan air kolam terus berarus.

Menghadirkan air mancur bisa jadi salah satu cara menciptakan arus air kolam agar ikan koi kamu bisa betah di kolam taman milikmu.

2. Ikan Kumpai

Ikan kumpai - Ikan Hias Kolam
Sumber gambar: Binatang Peliharan

Ikan hias kolam satu ini mungkin sering kamu temui dipelihara bersama ikan Koi. Dengan bentuk fisik yang hampir menyerupai, yang memberdakan ikan kumpai dengan ikan Koi adalah ekornya yang lebih menjuntai cantik dan warnanya.

Ikan Kumpai memiliki warna yang tidak terlalu bercorak, umumnya harnya warna kuning keemasa, putih keperakan, dan jingga. Memiliki sisik metalik yang berkilau, meski ikan hias kolam satu ini tak semahal ikan koi, namun cukup cantik dan mudah dipelihara di kolam ikanmu.

3. Ikan Komet

Ikan Hias Komet - Ikan Hias Kolam Air Tawar
Sumber gambar: Majalah Ikan Hias

Ikan hias kolam selanjutnya mungkin sekilas terlihat seperti ikan Koi, namun sebenarnya Ikan Komet memiliki perbedaan dari postur tubuh yang cukup mencolok. Dengan corak-corak warna menyerupai ikan Koi, ikan Komet termasuk ikan yang mudah dipelihara di kolam dan juga ramah sehingga bisa dipelihara berdampingan dengan jenis ikan hias kolam lainnya.

Baca juga: 10 Psikologi dan Makna Warna dalam Interior Rumah

4. Ikan Wakin

Ikan Wakin - Ikan Hias Kolam Air Tawar
Sumber gambar: Pecinta Hewan

Pilihan ikan hias untuk kolam selanjutnya adalah Ikan Wakin. Umumnya ikan ini memiliki warna corak putih dan merah dengan bentuk tubuh layaknya ikan Komet namun ekor seperti ikan mas koki.

Ikan hias kolam satu ini memiliki ukuran yang tidak sebesar ikan Koi, namun memiliki gerak-gerik yang lebih lincah di kolam sehingga cukup menarik untuk menghiasi kolam ikan milikmu.

5. Ikan Mas Koki

Ikan Hias Mas Koki - Ikan Hias untuk Kolam
Sumber gambar: Bibit Ikan

Meskipun lebih sering terlihat dipelihara di aquarium, namun tak sedikit yang memelihara ikan mas koki sebagai ikan hias untuk kolam, lho. Jenis-jenis ikan mas koki memag terkenal cukup mudah dirawat. Dengan ekor yang cantik dan corak warna menarik yang beragam, ikan mas koki bisa jadi pilihan ikan hias kolam untuk lengkapi taman rumahmu.

Karena ukurannya yang kecil, ikan mas koki lebih cocok untuk dipelihara di kolam kecil dengan kedalaman yang tak terlalu dalam hingga dangkal. Jangan lupa untuk lengkapi kolam dengan aerator karena meskipun ikan hias kolam ini mudah dipelihara, namun ia cukup sensitif dengan kadar oksigen di dalam air tempat ia hidup.

6. Ikan Pedang / Swordtail

Ikan Pedang - Ikan Hias Kolam yang mudah dipelihara
Sumber gambar: Info Ikan

Alternatif lain ikan hias untuk kolam kecil selain mas koki adalah Ikan pedang. Ciri khas dari ikan hias berukuran kecil satu ini adalah warnanya yang merah menyala dan pada ikan pejantan ekornya memiliki sirip lancip memanjang pada bagian bawah.

Ikan pedang atau swordtail fish ini sangat mudah dipelihara karena memiliki kemampuan beradaptasi yang cukup baik. Perawatan untuk ikan ini juga tak neko-neko karena ia mampu bertahan hidup meski di kolam tenang tanpa aerator sekalipun. Tak heran, ikan pedang termasuk ikan hias kolam yang cocok untuk pemula.

7. Ikan Sapu-Sapu

Ikan Hias Sapu-Sapu - Ikan Hias untuk Kolam Air Tawar
Sumber gambar: Superstarfloraluk

Ikan sapu-sapu memang tidak tergolong sebagai ikan hias, namun popularitasnya sebagai ikan yang bisa membersihkan kolam sudah tidak perlu diragukan. Bersifat omnivora, ikan sapu-sapu mampu memakan alga dan lumut yang menempel di kolam ikanmu.

Ikan sapu-sapu yang populer diindonesia memiliki warna hitam pekat sehingga dirasa kurang menarik untuk dipelihara di kolam. Namun, ada beberapa spesies ikan sapu-sapu yang memiliki corak dan warna cukup unik seperti corak totol dan garis hitam putih sehingga bisa menjadi alternatif ikan hias kolam bersama ikan hias lain milikmu.

Baca juga: 7 Tips Desain Ruang Keluarga Nyaman di Ruang Sempit

Itulah beberapa pilihan ikan hias untuk kolam yang mudah dipelihara. Dengan daya tahan yang baik dan perawatan yang mudah, tentu ikan hias kolam tersebut sangat cocok meskipun kamu masih pemula.

Jadi, tertarik mulai hobi ikan hias kolam untuk lengkapi taman rumahmu?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s