Tips Feng Shui dalam Desain Kamar Mandi yang Perlu Kamu Tahu!

Tips Feng Shui Kamar Mandi – Mendesain kamar mandi tak hanya soal kenyamanan dan fungsionalitas. Bagi sebagian orang, perspektif feng shui dalam desain kamar mandi merupakan pertimbangan yang tak boleh sampai terlewatkan. Tak hanya membantu memberikan energi yang lebih positif, banyak juga yang beranggapan feng shui dapur bisa mempengaruhi keberuntungan dari rumah, lho!

Lalu, seperti apa sudut pandang feng shui dalam merancang kamar mandi? Simak ulasan singkat mengenai feng shui kamar mandi berikut:

Baca juga: Fengshui dalam Merancang Tangga

Tips Feng Shui Kamar Mandi
Sumber gambar: Victorian Plumbing

Posisi Kamar Mandi yang Buruk Menurut Feng Shui

Membicarakan mengenai fengshui kamar mandi, sangat erat kaitanya sedang peletakan posisi kamar mandi. Berikut adalah posisi-posisi kamar mandi yang harus kamu hindari karena tidak baik secara feng shui.

1. Kamar mandi atau WC yang berada di depan serta berdekatan dengan pintu utama.
Karena kamar mandi merupakan area service yang dianggap kotor, meletakkan wc atau kamar mandi di depan berdekatan dengan pintu utama sama saja dengan menyebarkan Sha Qi (energi negatif) kepada setiap orang yang masuk rumah.

2. WC atau Kamar Mandi berhadapan dengan dapur.
Saat menata fengshui kamar mandi dan dapur, pastikan pintu dari wc atau kamar mandi tidak berhadapan lurus dengan pintu dapur. Keberadaan kedua pintu ruang ini yang berhadapan akan memberikan efek dorong dan hisap energi feng shui yang tidak baik sehingga mampu menciptakan ketidakharmonisan pada penghuni rumah.

Selain itu, dapur yang identik dengan elemen api dan kamar mandi identik dengan elemen air juga tidak akan memberikan keseimbangan yang harmonis sehingga tak baik untuk feng shui kamar mandi dan hunian secara menyeluruh.

3. Kamar Mandi berhadapan dengan kamar tidur.
Sama seperti poin sebelumnya pintu kamar mandi atau WC juga sebisa mungkin tidak berhadapan dengan pintu kamar tidur karena mampu memberikan energi fengshui yang tidak baik pada orang yang tengah beristirahat di kamar.

Selain pintu, jika kamar mandi terpaksa harus dibuat menempel dengan kamar tidur, pastikan bagian kepala tempat tidur tidak menempel langsung dengan ruang kamar mandi.

Untuk menciptakan fengshui kamar mandi yang baik, hindari juga meletakkan kamar mandi diatas ataupun dibawah ruang utama seperti kamar tidur secara langsung.

4. Pintu kamar mandi terlihat dari pintu utama.
Pintu utama hunian adalah gerbang masuknya energi positif ke dalam hunian. Dengan keberadaan pintu kamar mandi tepat di depan berhadapan langsung dengan pintu utama akan membuat semua energi positif ini langsung tersedot dan menghilang.

5. Kamar mandi dan Tempat Ibadah
Hindari juga memposisikan kamar mandi atau toilet berdekatan dengan tempat ibadah, baik bersebelahan ataupun berada di atas ataupun tempat ibadah (tempat sembahyang, altar, ataupun mushola).

Untuk pemeluk ajaran Islam, hindari posisi kamar mandi yang berada di arah Kiblat sehingga membuat penghuni harus beribadah menghadap ke arah ruang kamar mandi.

Baca juga: Fengshui Warna dalam Menata Rumah

Meskipun feng shui ruang kamar mandi sangat identik dengan posisi dari kamar mandi, masih ada beberapa aspek lainnya yang bisa bantu ciptakan kamar mandi yang sesuai dengan feng shui:

Warna Kamar Mandi dan Sudut Pandang Feng Shui

Pemilihan warna ruang memang memiliki keterkaitan dengan energi feng shui dari ruang tersebut. Untuk ruang kamar mandi, warna biru dan juga warna hijau adalah pilihan warna yang baik secara feng shui.

Pemilihan warna ini untuk feng shui kamar mandi bisa memberikan kedamaian dan menarik rejeki kepada penghuni rumah.

Tips Feng Shui Kamar Mandi
Sumber gambar: Fresh Home

Arah Hadap Toilet Kamar Mandi Menurut Feng Shui

Peletakan toilet (tempat buang air) di kamar mandi juga perlu diperhatikan karena arah dari toilet akan mempengaruhi feng shui dari ruang kamar mandi.

Hindari meletakkan toilet membelakangi jalan utama karena dianggap akan membelakangi rejeki dan juga energi positif yang masuk ke dalam rumah. Selain itu, jangan pula meletakkan toilet atau kloset segaris dengan pintu kamar mandi.

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Avant Garden Florist

Dekorasi yang Baik untuk Feng Shui Kamar Mandi

Selain desain dan penataan, untuk memberikan energi feng shui yang baik untuk kamar mandi bisa dilakukan dengan melengkapi ruang kamar mandi dengan berbagai dekorasi yang mampu menghadirkan energi feng shui kamar mandi yang baik.

Berikut adalah beberapa pilihan dekorasi yang baik untuk feng shui dapur yang bisa jadi referensimu.

1. Bambu Keberuntungan
Meletakkan delapan batang tanaman hias bambu hoki atau bambu keberuntungan diyakini mampu mengundang energi baik ke dalam ruangan. Tanaman ini juga termasuk tanaman hias yang cocok untuk mempercantik ruang kamar mandi.

2. Dekorasi Kristal
Dekorasi berbahan kristal seperti mangkuk kristas ataupun vas bunga kristal dan beberapa jenis batu-batuan alam lainnya seperti jade atau citrine juga bisa jadi alternatif untuk mengundang energi positif agar bisa memperbaiki energi feng shui kamar mandi milikmu.

3. Gambar dan Lukisan Alam
Menggunakan lukisan alam yang menggambarkan kesegaran seperti pegunungan dan sungai juga bisa memberikan energi positif yang baik pada ruang kamar mandi.

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Percaya tak percaya, tak ada salahnya mempertimbangkan feng shui kamar mandi saat merancang desain kamar mandi untuk hunianmu. Selain membantu memberikan energi positif pada hunian, menata kamar mandi sesuai fengshui juga secara tak langsung membantumu menciptakan kamar mandi yang nyaman, lho!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s