Tips Desain Ruang TV: Posisi & Jarak TV ke Sofa yang Tepat

Tips Desain Ruang TV – Ruang TV adalah salah satu sarana rekreasi rumah yang paling mudah untuk dihadirkan. Kerap digabung bersama ruang lain seperti ruang tamu ataupun ruang keluarga, banyak yang kerap menyepelekan penataan ruang TV. Padahal, cara desain ruang TV yang salah bisa membuat aktivitas di ruang TV tak maksimal banyak juga tidak nyaman, lho.

Apa saja kesalahan dalam mendesain ruang TV yang kerap diabaikan? Yuk, cari tau lebih dalam mengenai tips-tips menata ruang TV berikut untuk hindari berbagai kesalahan tersebut:

Baca juga: 7 Tips Desain Ruang Keluarga Nyaman di Ruang Sempit

Tips & Cara Desain Ruang TV

Ukuran TV dan Jarak TV ke Sofa yang Pas

Tips Desain Ruang TV
Sumber gambar: BD CLoud

Ukuran TV mengikuti ukuran ruang
Pada dasarnya jarak pandang yang ideal untuk TV adalah adalah 3 kali dari ukuran TV. Jadi, jika kamu ingin memaksimalkan ukuran TV sesuai dengan ukuran ruang maka kamu cukup membagi jarak ujung dinding tempat sofa diletakkan dengan TV.

Misalkan untuk ruang dengan panjang 4 meter (160 inch), maka ukuran TV yang tepat adalah sekitar 50 Inch (160 inch / 3)

Menentukan Jarak Sofa ke TV sesuai Ukuran TV
Namun, untuk ruang TV yang luas, mungkin jarak sofa-lah yang harus menyesuaikan ukuran TV. Sebagai contoh, jika kamu memiliki TV berukuran 40 inch, maka jarak TV ke sofa yang tepat adalah 120 inch (40 inch x 3) atau sekitar 3 meter.

Tips Desain Ruang TV
Sumber gambar: Samsung

Ketinggian TV / Meja TV

Setelah menentukan jarak TV yang ideal, kamu juga perlu menentukan ketinggian dari TV agar bisa menonton dengan lebih nyaman. Tentunya hal ini berkaitan dengan ketinggian Meja TV.

Ukuran ideal untuk ketinggian TV yang ideal adalah dikisaran 100 cm hingga 110 cm. Namun, untuk TV berukuran besar, kamu mungkin bisa merendahkan sedikit ketinggian TV menjadi 60 – 90 cm.

Pertimbangkan juga ketinggian sofa atau kursi yang kamu gunakan. Jika kursi yang digunakan lebih tinggi daripada ukuran standar, kamu mungkin perlu mempertimbangkan mempertinggi posisi TV.

Baca juga: 15 Inspirasi Kreasi Desain Lemari Bawah Tangga

Posisi & Sudut Pandang TV

Menonton TV diruang TV tentu lebih nyaman saat titik pandang tepat berada ditengah. Hindari memilih Sofa terlalu panjang untuk TV berukuran kecil sehingga sudut pandang TV untuk yang berada di tempat duduk paling ujung menjadi tak nyaman.

Untuk TV berukuran 24 inch, sofa dengan dua seater adalah pilihan paling ideal. Jika kamu ingin menggunakan sofa dengan tiga seater. Gunakanlah TV berukuran diatas 24 inch.

Atau, untuk ruang TV yang lebar dengan Sofa yang panjang, TV berukuran minimal 40 inch atau lebih bisa jadi pilihan yang lebih baik.

Menggunakan TV dengan teknologi-teknologi khusus seperti curved screen juga bisa membantu menciptakan sudut pandang TV yang nyaman untukmu.

Tips Desain Ruang TV
Sumber gambar: Pinterest

Sempurnakan dengan Tempat Duduk yang Nyaman dan Dekorasi Ruang yang Mendukung

Nah, kini TV telah terpasang sempurna di ruang TV dengan posisi dan jarak yang paa. Untuk membuat pengalamanan bersantai di ruang TV lebih maksimal, sempurnakan desain ruang TV dengan memilih sofa atau tempat duduk dengan kenyamanan yang baik.

Pastikan juga kamu memiliki pencahayaan yang fleksibel agar bisa disesuaikan saat tengah menikmati film favoritmu di ruang TV.

Baca juga: 7 Interior untuk Hewan Peliharaan Kreatif untuk Pet Lovers!

Dengan penempatan dan menata ruang TV dengan presisi, kamu bisa menghasilkan desain ruang TV yang jauh lebih maksimal. Dengan jarak dan posisi yang pas, kamu bisa menjadi lebih betah menonton di ruang TV berlama-lama.

Yuk, ikuti tips desain ruang TV ini dan siap-siap buat ruang TV yang lebih nyaman!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s