10 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat untuk Taman Cantikmu

Tanaman Hias yang Mudah Ditanam – Meskipun memiliki taman di rumah mampu menghadirkan banyak manfaat, banyak yang berpikir dua kali untuk memiliki taman karena perawatan yang dianggap sulit. Terutama dalam hal merawat tanaman hias.

Tentu saja tanaman hias merupakan elemen penting dari sebuah taman, dan jika tanaman hias tak dirawat maka penampilan taman juga bisa terganggu. Tapi, jangan jadikan hal ini hambatan untuk membuat hunian jauh lebih nyaman, segar, dan indah dengan kehadiran sebuah taman karena ada banyak pilihan tanaman hias yang mudah dirawat untuk kamu yang masih pemula!

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Tanaman Hias yang Mudah Dirawat

1. Tanaman Bunga Bougenville / Bunga Kertas

Tanaman Pembawa Sial
Sumber gambar: Wikipedia

Bougenville, atau yang dikenal juga dengan nama bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias yang mudah dirawat dan cukup sering ditemukan di Indonesia meskipun asal asli tanaman hias ini adalah Amerika Selatan.

Tanaman ini kerap menjadi tanaman tanaman peneduh jalan, tanaman hias pot, hingga tanaman bonsai karena memang tanaman ini tak memerlukan perawatan yang rumit.

Dengan banyaknya pilihan warna kelopak bunga, Bougenville menjadi salah satu tanaman yang mudah ditanam paling favorit.

2.  Tanaman Hias Sri Rejeki

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Fabelio

Daun hijau dari tanaman hias satu ini mampu menghadirkan kesegaran dihunianmu. Selain itu, banyak juga yang percaya jika tanaman ini mampu menghadirkan keberuntungan bagi orang yang menanamnya, lho!

Tertarik mencoba menanam Sri Rejeki? Tak perlu khawatir karena Sri Rejeki merupakan salah satu tanaman hias yang mudah dirawat karena bisa bertahan dengan sinah matahari tak langsung dan lingkungan yang lembab.

3. Tanaman Hias Lidah Mertua

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Interior Foliage

Lidah mertua atau yang memiliki nama latin Sansevieria adalah tanaman hias populer di Indonesia. Tanaman yang mudah dirawat ini tak hanya bisa menghiasi taman tapi juga mampu hidup di dalam ruangan karena bisa beradaptasi pada lingkungan yang minim air dan cahaya matahari.

Bahkan, di Jepang, tanaman hias ini sengaja diletakkan di dalam ruangan karena mampu menyerap bau perabotan yang tak sedap dan juga radiasi yang dikeluarkan oleh perabot elektronik, lho!

4. Tanaman Hias Suplir / Adiantum

Tanaman Hias yang mudah dirawat

Tanaman hias yang mudah ditanam dan dirawat selanjutnya adalah Suplir. Suplir biasanya dijadikan tanaman hias gantung ataupun dijadikan penghias ruangan karena tanaman ini memang mampu beradaptasi dengan lingkungan tanpa cahaya matahari langsung.

Jika menanam tanaman ini di luar ruangan, pastikan tanaman Suplir berada di area yang teduh. Karena tak membutuhkan banyak air, kamu tak perlu repot-repot menyiraminya setiap hari.

5. Kaktus

Tanaman Pembawa Sial
Sumber gambar: Hi Cacti

Sudah bukan rahasia jika Kaktus merupakan pilihan tanaman yang mudah dirawat paling populer. Hanya membutuhkan air yang minim dan media tanam yang kecil, banyak orang memilih kaktus sebagai pelengkap dekorasi ruangan.

Baca juga: 8 Tips Usir Bau di Dapur Praktis dengan Sekejap!

6. Lili Paris

Tanaman Hias yang mudah dirawat

Pilihan tanaman yang mudah dirawat untuk taman rumahmu selanjutnya adalah Lili Pris. Berasal dari Afrika Selatan tanaman ini juga cocok menjadi tanaman hias gantung.

Lili paris memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang sangat baik sehingga mudah dirawat untuk pemula.

7. Tanaman Hias Bunga Euphorbia

Tanaman Hias yang mudah dirawat
Sumber gambar: Wikipedia

Tanaman Euphorbia adalah salah satu tanaman hias yang sempat populer di Indonesia. Memiliki banyak pilihan warna dan bentuk kelopak bunga, tanaman ini bisa menjadi alternatif tanaman hias yang mudah dirawat untuk taman di rumah.

Euphorbia tergolong tanaman yang memiliki daya tahan yang baik asalkan terkena sinar matahari sehingga cocok jika kamu memang masih pemula dalam hal pertamanan.

8. Tanaman Hias Gantung Portulaca

Tanaman Hias yang mudah dirawat
Sumber gambar: Wikipedia

Tanaman hias selanjutnya yang cukup mudah dirawat adalah Potulaca. Tanaman jenis paku-pakuan ini memiliki banyak pilihan warna yang sangat mudah hidup di berbagai keadaan lingkungan.

Perkembangbiakan tanaman hias ini juga sangat mudah, yaitu dengan cara di setek.

9. Tanaman Sirih Gading

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Floral dan Fauna

Tanaman sirih gading adalah jenis tanaman hias rambat yang juga sering menjadi pilihan untuk tanaman hias gantung. Selain terkenal karena perawatannya yang mudah dan praktis, tanaman hias ini juga memiliki kemampuan membersihkan udara dengan menyerap zat-zat beracun dan polutan yang ada di udara, lho!

10. Lidah Buaya

Tanaman Hias yang mudah dirawat
Sumber gambar: Sidomi

Populer sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, tanaman lidah buaya juga memiliki bentuk yang cukup unik sehingga bisa jadi alternatif tanaman hias untuk taman.

Apalagi, perawatan tanaman lidah buaya tergolong tidak sulit sehingga bagi pemula dalam hal bercocok tanam, tanaman ini tidak akan rewel dan tetap bisa tumbuh subur.

Baca juga: 7 Ikan Hias untuk Kolam yang Mudah Dipelihara

Jadi, sudah tidak ada alasan bukan untuk tidak memiliki taman di rumahmu? Dengan kehadiran berbagai tanaman yang mudah dirawat ini, kamu bisa memastikan taman rumah selalu hijau dan segar tanpa perlu khawatir direpotkan karena perawatan yang rumit.

Sudah siap hijaukan kembali taman di rumahmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s