12 Arsitek Modern Dunia Legenda Arsitektur Terbaik Sepanjang Masa

Legenda Aristek Modern Dunia – Dunia arsitektur mengalami perkembangan pesat seiring majunga teknologi dan juga semakin luasnya sudut pandang mengenai arsitektur. Kemajuan ini tentu tidak lepas dari peran para tokoh arsitek modern dunia yang tak hanya mewarisi berbagai bangunan dan berbagai karya arsitektur ikonik, tetapi juga pemahanan dan cara pandang baru dan menyegarkan dalam dunia arsitektur modern.

Mari kenali lebih dalam para tokoh arsitek moder dunia yang memberikan wajah baru pada dunia arsitektur kini berikut:

Baca juga: 9 Karya Desain Arsitek Indonesia yang Mendunia

Tokoh Arsitek Modern Dunia Terbaik

1. Le Corbusier

Le Corbusier - Arsitek Modern Dunia
Le Corbusier | Sumber gambar: arqxarq.es

Sosok arsitek modern dunia yang pertama akan kita bahas adalah Charles-Edouard Jeanneret atau  lebih dikenali sebagai Le Corbusier. Arsitek modern asal Swiss ini mendapatkan popularitas serta pengakuan dunia akan sumbangsihnya akan perkembangan dunia Arsitektur yang kini lebih dikenal dengan nama modernisme.

Berkarya di dunia arsitektur selama kurang lebih lima dekade, Le Corbusier juga memiliki dedikasi tingi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik pada kota-kota padat penduduk melalui arsitektur. Hal ini membuat sosok arsitek modern dunia ini juga memiliki pengaruh besar pada perancangan urban.  Ia juga merancang master plan untuk kota Chandigarh di India, dan berkontribusi mendesain beberapa bangunan di sana.

Pada 2016, 17 karya milik Le Corbusier yang tersebar di 7 negara masuk dalam daftar situs kebudayaan dunia UNESCO sebagai “The Architectural Work of Le Corbusier, an Outstanding Contribution to the Modern Movement”.

Villa Savoye karya Le Corbusier
Villa Savoye karya Le Corbusier | Sumber gambar: Metalocus

Karya-karya besar arsitektur modern yang lahir dari kreativitas legenda arsitek dunia ini antara lain The Chapelle of Notre-Dame-du-Haut di Ronchamp, The Villa Savoye di Poissy,  The High Court of Justice, di Chandigarh, The Centre Le Corbusier di Zürich, The National Museum of Western Art di Tokyo dan berbagai karya-karya arsitektur modern lainnya yang tersebar di berbagai belahan dunia.

2. Ludwig Mies van der Rohe

Ludwig Mies Van de Rohe - Arsitek Modern Dunia
Ludwig Mies Van de Rohe | Sumber gambar: DominiDesign

Ludwig Mies van der Rohe atau yang kerap disebut dengan nama “Mies” merupakan Arsitek modern Jerman-Amerika yang dianggap sebagai salah satu pionir dalam dunia arsitektur modern bersama tokoh arsitek modern lainnya seperti Le Corbusier dan Walter Gropius.

Tokoh arsitek modern satu ini dikenal akan pendekatan minimalis miliknya dan juga prinsip “Less is More” yang masih banyak mempengaruhi berbagai sudut pandang para arsitek muda hingga saat ini.

Penggunaan material plat kaca, struktur besi sebagai pemisah dan elemen interior, serta konsep open floor merupakan beberapa identitas desain milik Mies yang membuat karya-karya arsitektur modern miliknya mudah dikenali hingga saat ini.

Farnsworth House karya Ludwig Mies Van de Rohe
Farnsworth House karya Ludwig Mies Van de Rohe | Sumber gambar: Farnsworth House Org

Beberapa karya terbaik dari arsitek modern dunia satu ini yang bisa kamu lihat antara lain Martin Luther King Jr. Memorial Library di Washington; Caroline Wiess Law Building di Houston, Texas; 201 Corot, di Montréal; dan juga Lafayette Towers Apartments East di Detroit.

3. Frank Gehry

Frank Gehry, Arsitek Modern Dunia
Frank Gehry | Sumber gambar: Humanity Magazine

Digelari Vanity Fair sebagai sosok “arsitek paling penting pada era ini” rasanya tidaklah berlebihan. Frank Gehry adalah arsitek Amerika kelahiran Kanada yang memberikan sudut pandang menyegarkan pada dunia arsitektur moder yang lebih inovatif dan futuristik.

Tokoh dunia arsitektur modern satu ini terkenal akan pengolahan bentuk destruktif yang melahirkan nilai arsitektur kontemporer yang inovatif serta ikonik. Pengembangan bentuk-bentuk manipulatif yang sangat anti-mainstream miliknya juga tak terlepas dari kreativitasnya dalam pemanfaatan berbagai material bangunan untuk melahirkan karya arsitektur modern terbaik miliknya.

Guggenheim Museum Bilbao karya Frank Gehry
Guggenheim Museum Bilbao karya Frank Gehry | Sumber gambar: Guggenheim Museum Org

Berbagai karya ikonik yang dilahirkan oleh Frank Gehry meliputi The Walt Disney Concert Hall di Los Angeles, The Guggenheim Museum di Bilbao, Dancing House di Prague, The Museum of Pop Culture di Seattle; serta Der Neue Zollhof di Düsseldorf serta the Marqués de Riscal Vineyard Hotel di Elciego.

4. Frank Lloyd Wright

Frank Loyd Wright - Arsitek Modern Dunia
Frank Loyfd Wright | Sumber gambar: Frank Loyd Wright Trust Org

Banyak yang menganggap Frank Lloyd Wright merupakan arsitek terbaik sepanjang masa. Tak heran mengingat arsitek modern asal Amerika ini telah merancang lebih dari 1000 struktur arsitektural dan lebih dari 500 diantaranya telah terbangun.

Tak pernah menempuh pendidikan arsitektur formal, arsitek modern dunia yang sangat populer ini mempelajari arsitektur melalui Louis Sullivan, legenda dunia Arsitektur lainnya yang kemudian banyak mempengaruhi perkembangan gaya desain modern yang dimiliki oleh Wright.

Frank Lloyd Wright percaya pada mendesain struktur yang harmonis dengan nilai humanis dan juga lingkungan, sebuah prinsip filosofi yang ia sebut sebagai arsitektur organik.

Fallingwater House karya Frank Loyd Wright
Fallingwater House karya Frank Loyd Wright | Sumber gambar: Architecture Digest

Karya-karya arsitektural modern terbaik Frank Loyd Wright antara lain The Guggenheim Museum di New York; Fallingwater Residence di Mill Run, Pennsylvania; Arizona State University Gammage Auditorium & Taliesin West di Arizona; serta Imperial Hotel di Tokyo.

5. Zaha Hadid

Zaha Hadid, Arsitek Modern Dunia
Zaha Hadid | Sumber gambar: Magazine Mastella

Nama Zaha Mohammad Hadid memang layak disebut sebagai salah satu legenda arsitek modern dunia. Tak hanya ia memperkenalkan berbagai gaya futuristik yang tidak konvensional serta artistik yang sangat ikonik, ia juga merupakan wanita pertama, dan hingga kini satu-satunya yang dianugerahi The Pritzker Award yang kerap dianggap sebagai penghargaan Nobel Perdamaian dalam dunia Arsitektur.

Majalah Forbes bahkan menempatkannya pada posisi ke 69 dalam daftar “Most Powerful Women” pada tahun 2008. Tak heran mengingat gaya desainnya sangat berpengaruh pada perkembangan dan cara pandang dunia arsitektur modern kini.

The Heydar Aliyev Cultural Centre karya Zaha Hadid
The Heydar Aliyev Cultural Centre karya Zaha Hadid | Sumber gambar: Wikipedia

Keunikan pendekatan desain Zaha Hadid bisa kamu lihat dari berbagai karya arsitektur modern ikoniknya seperti MAXXI – the National Museum of the 21st Century Arts the Bridge Pavilion di Zaragoza, Bergisel Ski Jump di Innsbruck, Phaeno Science Center and the Opera House di Guangzhou; Heydar Aliyev Cultural Center di Azerbaijan; serta Wangjing SOHO di Beijing.

6. Ieoh Ming Pei – I.M. Pei

Ieoh Ming Pei - Arsitek Modern Dunia
Ieoh Ming Pei | Sumber gambar: Archinect

Ieoh Ming Pei atau yang dikenal juga dengan nama I.M. Pei merupakan arsitek berdarah chinese yang memulai studi arsitekturnya di Amerika pada saat ia masih remaja dan kemudian menjadi salah satu sosok arsitek modern terbaik di Dunia.

Karya-karya I.M. Pei dikenal melalui penggunaan bentuk-bentuk geometrik yang unik dan pengaruh kebudayaan chinese dalam desain miliknya. Kepiawaiannya dalam menelurkan karya arsitektur modern yang inovatif dan ikonik mengantarkannya pada berbagai penghargaan bergengsi seperti medali emas untuk bidang Arsitektur dari American Academy of Arts and Letters pda 1979; Lifetime Achievement Award dari Cooper-Hewitt, National Design Museum; dan juga penghargaan tertinggi dalam dunia arsitekur, Pritzker Award.

Le Grand Louvre Pyramid karya Ieoh Ming Pei
Le Grand Louvre Pyramid karya Ieoh Ming Pei | Sumber gambar: Greg Kristo

I.M. Pei melahirkan berbagai karya arsitektur modern yang diakui dunia seperti John F. Kennedy Presidential Library and Museum di Boston; The National Gallery of Art di Washington D.C.; Le Grand Louvre (bagian piramid kaca) di Paris, The Bank of China Tower di Hong Kong serta the Museum of Islamic Art di Doha.

Baca juga: 9 Desain Jembatan Ikonik Indonesia karena Keindahannya

7. Philip Johnson

Philip Johnson - Arsitek Modern Dunia
Philip Johnson | Sumber gambar: AIGA

Tokoh Arsitek Modern dunia selanjutnya adalah seorang arsitek Amerika yang mendirikan  Department of Architecture and Design di Museum of Modern Art, New York. Philip Cortelyou Johnson memiliki berbagai karya arsitektur yang sangat mudah dikenali karena ciri khas dan gaya modern yang ia bawa pada saat itu berhasil standout.

Penggunaan material modern pada desainnya seperti kaca, kristal, dan besi membuat karya arsitek modern satu ini dikagumi dan mengantarkannya pada popularitas tingkat internasional dalam dunia arsitektur.

The Crystal Cathedral karya Philip Johnson
The Crystal Cathedral karya Philip Johnson | Sumber gambar: encontresuaviagem.com.br

Karya-karya arsitektur terbaik Philip Johnson yang diakui dunia antara lain Seagram Building di New York yang berkolaborasi dengan arsitek modern terbaik dunia lainnya, Mies van der Rohe; kediaman peribadinya “Philip-Johnson-House” di Berlin, Jerman; serta The Museum of Television of Radio dan The Crystal Cathedral di California.

8. Santiago Calatrava

Santiago Calatrava - Arsitek Modern Dunia
Santiago Calatrava | Sumber gambar: NYMag

Santiago Calatrava merupakan Arsitek sekaligus Insinyur kelahiran Valencia , Spanyol pada tahun 1951. Kemampuan desain dan teknik yang dimiliki tokoh arsitektur modern dunia ini memungkinkannya melahirkan berbagai karya arsitektur inovatif dan anti-mainstream dengan kombinasi kreativitas estetika dan juga desain struktur yang memukau.

Sosok Arsitek Modern dunia ini juga seorang pematung dan juga pelukis. Berbagai karya arsitekturnya bahkan terinspirasi dari karya-karya seni yang ia lahirkan. Seperti Turning Torso di Malmo, Swedia, merupakan intepretasi salah satu karya patungnya. Karya-karya seni milik Calatrava bahkan kerap dipamerkan di berbagai pamaeran seperti pameran “Santiago Calatrava: Sculpture Into Architecture” pada 2006 di Metropolitan Museum of Art.

World Trade Center Station karya Santiago Calatrava
World Trade Center Station karya Santiago Calatrava | Sumber gambar: Architectural Record

Beberapa cara pandang dan kreativitas dari Calatrava bisa kamu lihat dari berbagai karya arsitektural populer miliknya antara lain Stasiun Kereta Api Stadelhofen di Zurich, Swiss; Gare do Oriente di Lisbon, Portugal; Auditorio de Tenerife di Kepulauan Canary; serta Museum of Tomorrow, di Rio de Janeiro, Brazil.

9. Kenzo Tange

Kenzo Tange, Arsitek Modern Dunia
Kenzo Tange | Sumber gambar: Famous Architet

Sebagai salah satu sosok arsitek Jepang yang diakui dunia, Kenzo Tange awalnya banyak menghabiskan waktu pada dunia akademis. Salah satu studinya bahkan mendapatkan penghargaan “Tatsuno Prize”. Setelah menyelesaikan gelas Master di “The University of Tokyo” Kenzo Tange sempat menjadi dosen arsitektur di univesitas tersebut.

Setelah memenangkan sayembara “Hiroshima Peace Center” untuk mengabadikan sejarah pengeboman Hiroshima yang juga mengantarkannya pada popularitas internasional, sosok arsitek modern ini baru memulai karir sebagai konsultan pribadi.

Namun, sebelum itu ua juga pernah berkerjapada Le Corbusier pada tahun 1935-an, dimana arsitektur International Style, kubisme, fungsionalisme, tengah berkembang dan pada akhirnya memiliki pengaruh besar terhadap karya-karyanya. Tange juga dikena; sebagai sosok arsitek modern Jepang yang mampu mengabungkan modernisme dan arsitektur tradisional Jepang.

St. Mary's Cathedral di Tokyo karya Kenzo Tange
St. Mary’s Cathedral di Tokyo karya Kenzo Tange | Sumber gambar: Wikipedia

Karya-karya memukau dari legenda arsitek modern asal Jepang ini antara lain Hiroshima Peace Center di Jepang; St. Mary’s Cathedral di Tokyo; Tokyo Olympics Arena di Tokyo; serta Supreme Court Building of Pakistan di Pakistan.

10. Renzo Piano

Renzo Piano - Arsitek Modern Dunia
Renzo Piano – Inexhibit

Pada tahun 2008, majalan Time memasukkan nama arsitek kelahiran Italia satu ini dalam daftar 100 orang paling berprngaruh di Dunia. Tak heran mengingat Renzo Piano merupakan salah satu arsitek modern dunia yang telah diakui melalui berbagai penghargaan, termasuk Pritzker Award, penghargaan tertinggi dalam dunia Arsitektur.

Legenda arsitektur modern dunia ini terkanal akan pengaplikasian material dan juga detail unik pada karya-karyanya yang bisa kamu lihat salah satunya pada Center Pompido di Paris. Karyanya yang lain, The Shard yang merupakan bangunan tertinggi di London juga sempat menuai kontroversi karena strukturnya. Namun, kehadiran karya dari Renzo Piano ini justru dianggap membawa arsitektur kota London pada abad ke-21.

Center Georges Pompidou karya Renzo Piano
Center Georges Pompidou karya Renzo Piano | Sumber gambar: Bautrip

Arsitek modern dunia ini telah mewariskan berbagai karya arsitektur modern diantaranya Centre Pompido di Paris; Nemo Science Centre di Amsterdam; Kansai International Airport di Osaka, Jepang, serta Zentrum Paul Klee di Berne, Swiss.

11. Jean Nouvel

Jean Nouvel - Arsitek Modern Dunia
Jean Nouvel – Sumber gambar: NY Mag

Sosok arsitek modern terbaik dunia selanjutnya adalah arsitek kelahiran Perancis yang telah memenangkan banyak penghargaan atas karya-karyanya, termasuk Prtizker Prize pada 2008, Aga Khan Award for Architecture untuk karyanya Institut du Monde Arabe, serta  Wolf Prize in Arts pada 2005.

Selain konsep yang cara pandang yang progresive, kamu juga bisa melihat berbagai penerapan teknologi modern dan inovatif dalam karya arsitektur Jean Nouvel.

Torre Agbar karya Jean Nouvel
Torre Agbar karya Jean Nouvel | Sumber gambar: Construction Week

Beberapa karya terbaik Nouvel antaran lain Arab World Institute di Paris, yang ia menangkan melalui kompetisi serta mengantarkannya pada popularitas Internasional; Denstu Building di Tokyo, Ziaty Andel di Prague, dan Gasometer A in Vienna serta Les Grandes Tables of Seguin Island di Paris.

12. Moshe Safdie

Moshe Safdie - Arsitek Modern Dunia
Moshe Safdie | Sumber gambar: Architectuul

Sebelum membangun karirnya sebagai salah satu sosok arsitek modern dunia, Safie menjalani karir arsiteknya dibawah naungan Louis Kahn. Arsitek berdarah Israel-Kanada ini lahir Haifa dan mulai dikenal dunia semenjak karyanya pada Interntional & Univesal Exposition pada 1967 – Expo 67 dianugerahi sebagai “remarkable cultural achievement”.

Selain itu, Moshe Safdie juga kerap menerima berbagai pengakuan dalam dunia arsitektur, diantaranya meraih Medali Emas dalam “Royal Architectural Institute of Canada” dan berbagai penghargaan lainya.

Karya dari sosok arsitek modern ini dikenal akan bentuk lengkung yang ramatis, penataan pola geometrik yang khas, pemanfaatan jendela, dan penempatan serta komposisi ruang terbuka dan juga ruang hijau pada karya-karyanya. Ia mendeklarasikan dirinya sendiri sebagai seorang modernist.

Habitat 67 karya Moshe Safdie
Habitat 67 karya Moshe Safdie | Sumber gambar: Wikipedia

Berbagai karya dan buah pikiran kreatif legenda arsitek modern dunia ini masih bisa kamu lihat dari karya-karya arsitektural terbaiknya seper The towering & glass filled; National Gallery of Canada; Habitat 67 di Montreal; Robina Gold Coast City di Queensland; Australia dan juga Khalsa Heritage Memorial di Punjab, India.

Baca juga: Teori Arsitektur: Responsive Environment

Tak hanya mewarisi berbagai objek arsitketur ikonik yang menjadi bahan studi menarik hingga saat ini, cara pandang dan juga pemahaman dari para legenda arsitek modern inilah yang kemudian mampu membentuk bagaimana dunia arsitektur dunia kini berkembang.

Siapa yang menjadi sosok arsitek modern dunia yang menjadi favoritmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s