9 Tanaman Pengusir Nyamuk Ampuh untuk Rumahmu

Tanaman Pengusir Nyamuk – Kehadiran nyamuk di rumah bisa jadi permasalahan sederhana namun sangat mengganggu kenyamanan. Ada banyak cara untuk mengusir nyamuk di rumah, mulai dari menggunakan obat pengusir nyamuk hingga menggunakan perangkap nyamuk.

Ada juga berbagai tindakan preventif dan solutif lainnya secara alami yang bisa kamu coba untuk hindari permasalahan nyamuk di rumah, yaitu dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk.

Menghadirkan tanaman untuk mengusir nyamuk tak hanya bisa menjadi solusi untuk mengusir nyamuk, tapi juga bisa mempercantik dan menyegarkan taman rumah, lho. Yuk, intip beberapa pilihan tanaman yang bisa mengusir nyamuk secara alami berikut:

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

1. Serai Wangi

Serai Wangi - Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Sumber gambar: Sriwijaya Post

Tumbuhan pengusir nyamuk satu ini mungkin lebih dikenal sebagai rempah penyedap makanan dan minuman. Namun, siapa sangka jika serai juga memiliki kemampuan mengusir hama nyamuk dirumah, lho.

Menanam tanaman ini tergolong sangatlah mudah karena kemampuannya untuk beradaptasi dengan iklim dan juga lingkungan yang baik. Namun, tumbuhan anti nyamuk ini tidaklah cocok untuk ditanam di pot. Sebagai ganti, kamu bisa menanam serai di taman bawah jendela atau sekitar pintu sehingga mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

2. Lavender

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: HGTV

Sudah bukan rahasia jika bunga lavender terkenal memiliki aroma yang mampu mengusir nyamuk namun cukup digemari manusia. Hal ini dikarenakan kandungan zat linalool dan zat lynalyl asetat yang tak disukai nyamuk sehingga menjadikan Lavender cocok sebagai tanaman hias sekaligus tanaman pengusir nyamuk di rumah.

3. Geranium

Geranium - Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Sumber gambar: Old Farmer’s Almanac

Tanaman bunga hias cantik yang juga cocok untuk mengusir nyamuk selanjutnya adalah Geranium. Di Indonesia sendiri bunga ini lebih populer dengan nama Tapak Dara. Sama halnya dengan tanaman anti nyamuk sebelumnya, Geranium juga mengandung zat yang tak disukai nyamuk, yaitu geraniol dan sitronelol.

Dengan warna merah merona yang cantik, tumbuhan pengusir nyamuk ini pas untuk masuk daftar tanaman hias baik untuk di taman maupun dalam rumahmu.

4. Zodia

Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Interinoz

Meski tidak sepopuler tumbuhan untuk mengusir nyamuk sebelumnya, Zodia cukup populer di Papua sebagai tanaman anti nyamuk, lho. Kandungan Evodiamine dan Rutaecarpine yang terdapat pada tanaman ini mampu menghasilkan aroma yang dibenci nyamuk.

Bahkan, masih banyak masyarakat Papua yang menggunakan daun Zodia untuk digosokkan ke tubuh sebelum memulai berburu di hutan untuk menghidari gigitan-gigitan serangga dan nyamuk.

5. Rosemary

Rosemary - Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Sumber gambar: The Spruce

Memiliki nama latin Rosmarinus officinalis tanaman rosemary lebih populer sebagai bahan untuk membuat berbagai lotion atau minyak seperti minyak telon dan minyak kayu putih.

Tanaman ini juga memiliki aroma khas yang mampu mengusir nyamuk. Menanam tanaman pengusir nyamuk ini di rumah juga tidaklah sulit. Kamu bisa menanamnya di tanah ataupun di dalam pot, dan Rosemary bisa tumbuh dengan baik asalkan mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Baca juga: 7 Ikan Hias untuk Kolam yang Mudah Dipelihara

6. Kecombrang

Kecombrang - Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Sumber gambar: Kecombrang.com

Kecombrang adalah salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat. Memiliki  latin Etlingera eliator, Kecombrang memiliki banyak julukan lainnya di Nusantara seperti Katan di masyarakat Sunda, atau Kincung bagi masyarakat Medan.

Bagian bunga dan biji dari tanaman ini kerap digunakan sebagai bumbu masak. Kecombrang juga memiliki bentuk bunga dan warna yang menarik sehingga skerap menjadi tanaman hias.

Dan yang terpenting, tanaman satu ini juga ampuh untuk membantu mengusir datangnya nyamuk di rumah.

7. Lemon Balm

Lemon Balm - Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Sumber gambar: PIccolo Seeds

Memiliki senyawa sitronelal, membuat Lemon Balm menjadi salah satu tanaman hias yang cocok untuk kamu gunakan sebagai pengysir nyamuk dirumah. Mampu mengeluarkan aroma jeruk yang menyegarkan, menanam tanaman ini bisa jadi solusi untuk mengusir gangguan nyamuk di rumah.

8. Selasih

Selasih - Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Sumber gambar: Pixnio

Tanaman Selasih mungkin lebih populer di Indonesia sebagai salah satu bahan memasak dan juga lalapan. Namun, siapa sangka tanaman yang biasa tumbuh liar ini justru bisa menghasilkan aroma yang juga mampu mengusir kedatangan nyamuk, lho.

Tanaman ini juga memiliki kemampuan adaptasi dengan lingkungan secara baik, sehingga sangat mudah dirawat dan dibiarkan tumbuh mengisi sisi tamanmu yang kosong.

9. Marigold

Marigold - Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Sumber gambar: Old Farmer’s Almanac

Di Indonesia, tanaman asal Meksikodan Guatemala ini lebih dikenal dengan nama bunga tai ayam. Kemampuan adaptasi yang baik membuat bunga ini cukup mudah ditemui tumbuh liar di pinggiran jalan.

Selain cantik, Marigold juga terkenal sebagai tanaman bunga pengusir nyamuk yang cukup ampuh, lho. Jadi, tak ada salahnya percantik taman dengan bunga Marigold sekaligus menghindari datangnya nyamuk ke rumahmu.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat untuk Taman Cantikmu

Ada banyak sekali pilihan tanaman hias pengusir nyamuk yang bisa jadi pilihan untuk melengkapi taman rumahmu. Selain menggunakan tanaman hias anti nyamuk di atas, selalu pastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi sehingga mampu meminimalisir kedatang nyamuk dan bersarang di rumahmu.

Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s