Rumah Panas & Pengap? Simak 7 Tips Rumah Sejuk tanpa AC Ini!

Tips Membuat Rumah Sejuk – Permasalahan rumah panas atau udara di rumah terasa pengap adalah permasalahan yang cukup umum dialami di Indonesia mengingat Indonesia berada di kawasan beriklim tropis. AC kerap jadi solusi praktis untuk membuat rumah terasa sejuk. Namun, dengan desain dan juga penataan yang tepat, sangat mungkin untuk membuat rumah terasa sejuk meskipun dengan penggunaan AC yang minimum.

Yuk, cek berbagai tips buat rumah menjadi sejuk meskipun tanpa menggunakan teknologi AC berikut:

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat untuk Taman Cantikmu

Tips Rumah Sejuk tanpa AC

1. Maksimalkan & Manfaatkan Bukaan

Tips Desain Kamar Minimalis
Sumber gambar: Decoist

Cara paling sederhana untuk perbaiki sirkulasi udara di dalam ruangan sehingga mampu membuat ruang lebih sejuk adalah dengan memanfaatkan bukaan atau jendela agar udara bisa bebas masuk ke dalam ruangan.

Namun, bukan berarti kamu bisa membuat jendela sebesar dan sebanyak mungkin. Buatlah jendela secukupnya pada sisi ruangan yang tidak berhadapan langsung dengan sisi barat agar sinar matahari siang yang terik tidak mengantarkan suhu panas masuk ke dalam ruangan.

Pehatikan juga pola udara atau arah angin dilingkungan rumahmu sehingga kamu bisa mengutamakan sisi-sisi dimana angin bisa masuk dengan bebas untuk dibuat bukaan sehingga kamu bisa menangkap angin tersebut masuk dan membuat rumah jadi lebih sejuk secara alami.

2. Terapkan Konsep Cross Ventilation pada Rumah

Cross Ventilation
Sumber gambar: NZEB

Keberadaan bukaan dan jendela pada hunian di kawasan tropis sangatlah penting untuk menjaga kualitas udara dan tentunya membuat rumah terasa sejuk. Namun, bukan berarti bukaan saja cukup. Kamu juga perlu menata bukaan dengan konsep cross ventilation dimana keberadaan bukaan pada dua sisis ruangan untuk menjamin pergerakan udara yang merata di dalam ruangan.

3. Rumah Menghadap Barat? Berikan Sun Screen Tambahan

Sisi barat umum menjadi sisi paling panas mengingat sinar matahari siang menjelang sore yang panas akan banyak mengekspos sisi ini. Jika kamu memiliki rumah dengan gubahan masa memanjang dan sisi panjangnya terekspos langsung sinar matahari siang, kamu mungkin akan mengalami permasalahan suhu ruangan panas dan pengap yang sangat tidak nyaman.

Salah satu cara untuk menyiasati permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan secondary skin atau layer untuk melindungi bangunan dari terpaan langsung sinar matahari. Mulai dari membuat kisi-kisi, mengaplikasikan vertical garden dan menerapkan screen kreatif dari kayu atau hal lainnya bisa membantu mengurangi temperatur panas yang langsung masuk ke dalam rumah.

Menanam pohon tinggi dan besar juga bisa menjadi solusi sederhana untuk melindungi bangunan dari sinar matahari langsung.

4. Hadirkan Taman dan Kolam untuk Buat Kualitas Udara yang Lebih Baik

ide taman kecil

Tips buat rumah menjadi sejuk tanpa AC selanjutnya adalah dengan melengkapi rumahmu dengan taman dan tanaman-tanaman yang mampu membuat kualitas udara di rumah dan lingkungannya menjadi lebih baik. Kehadiran oksigen dari tanaman juga akan bantu membuat rumah terasa lebih sejuk, lho.

Selain tanaman-tanaman, kamu juga bisa menambahkan elemen air seperti kolam pada taman atau bagian rumah lainnya untuk menjaga kelembaban sehingga udara di rumah tidak terlalu kering sehingga membuat ruang menjadi lebih sejuk.

Baca juga: 7 Ikan Hias untuk Kolam yang Mudah Dipelihara

5. Menggunakan Atap Beton? Minimalisir Panas Atap Beton dengan Green Roof 

Kreasi Desain Rooftop Modern yang Kreatif
Sumbar gambar: Small Garden Ideas

Atap beton kerap menjadi pilihan favorit hunian modern. Padahal, kehadiran atap beton kerap menjadi sumber dari panasnya temperatur rumah. Pada siang hari, atap beton cenderung menyerap panas dari matahari, dan saat malam tiba dimana suhu lingkungan cenderung menurun, material beton ini akan melepas panas tersebut kedalam ruangan.

Untuk kamu yang masih ingin menggunakan atap beton, ada tips untuk buat rumah sejuk meskipun menggunakan atap beton. Berikan lapisan tambahan seperti green roof atau taman di atas atap beton untuk menghindari terserapnya udara panas yang membuat rumah menjadi pengap.

6. Penempatan dan Penggunaan Alat-Alat Elektronik secara Bijak dan Tepat

Keberadaan alat elektronik yang berlebih juga bisa menghasilkan panas di dalam ruangan. Hindarilah penggunaan peralatan elektronik secara berlebihan. Untuk keberadaan perangkat bersifat maintenance seperti mesin cuci, mesin AC, dan lainnya, pastikan simpan di ruang yang jauh dari ruang utama sehingga temperatur panas dari perangkat tersebut tidak menganggu kesejukan di ruang-ruang utama.

7. Buka Sekat Ruangan untuk Bantu Udara Bebas Bergerak

Desain ruang Makan dan Dapur
Sumber gambar: Inspiring Interior Design Ideas

Tips membuat rumah sejuk selanjutnya adalah dengan meminimalisir sekat ruangan. Sekat ruangan yang terlalu banyak membatasi pergerakan dari udara sehingga membuat ruang-ruang tertentu menjadi pengap dan panas.

Buat rumah menjadi sejuk tanpa AC dengan membuat konsep denah ruangan yang lebih terbuka sehingga angin dan udara tak hanya bisa masuk tapi juga bergerak bebas di dalam rumah dan membantu mengusir rasa panas dan pengap pada hunian.

Baca juga: 12 Kreasi Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Impian!

Selain bisa membuat rumah lebih sejuk tanpa AC, berbagai tips tersebut juga akan membantu membuat rumahmu menjadi lebih sehat, ramah lingkungan, dan tentungan hemat energi, lho. Jadi, tak ada salahnya mulai pertimbangkan untuk terapkan berbagai tips membuat rumah sejuk tanpa menggunakan AC di atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s