10 Film Bertema Arsitektur yang Wajib Ditonton Pencinta Dunia Arsitektur

Film dengan Tema Arsitektur – Dunia arsitektur memang banyak diminati, baik sebagai profesional maupun awam memiliki cara masing-masing menikmati keindahan arsitektur. Tak heran banyak film bertema arsitektur yang kemudian dibuat, baik sebagai hiburan hingga dokumentasi dan edukasi.

Ingin tahu lebih banyak film dengan tema arsitektur yang layak ditonton? Simak beberapa pilihan film bertema dunia arsitektur terbaik yang wajib ditonton para penggemar dunia arsitektur dan desain!

Baca juga: 9 Karya Desain Arsitek Indonesia yang Mendunia

Film dengan Tema Arsitektur Terbaik

1. The Infinite Happiness – 2015


The Infinite Happiness merupakan film yang berpusat pada karya arsitektural inovatif Bjarke Ingles, arsitek Jerman yang berada di Copenhagen. Tak hanya mampu melihat detail-detail arsitektural yang mengagumkan, hal lain yang membuat film bertema arsitektur ini lebih menarik adalah sudut pandang pengambilan cerita.

Sutradara Ila Beka dan Louise Lemoine yang memproduksi film ini sama sekali tidak mewawancara Bjarke Ingels, melainkan meliput kehidupan sehari-hari para penghuni dari karya-karya Bjarke Ingels.

Berbagai kisah dan pengalaman menarik pada bagunan yang dinamakan “8” memberikan sudut pandang baru tak hanya dalam dunia arsitektur melainkan berbagai fenomena sosial yang coba ditaklukan sang arsitek melalui karya arsitektural.

2. The Architect – 2016


Film dengan sosok arsitek sebagai karakter utama karya Jonathan Parker ini pasti akan terasa sangat relateable bagi kamu yang juga berkutat di dunia industri arsitektur.

Berbagai stereotypes dan juga permasalahan-permasalahan umum yang kerap dihadapi oleh Arsitek maupun klien diceritakan dengan apik dan menghibur melalui karakter Miles Moss, yang dicitrakan sebagai arsitek yang arogan, self-centered dan juga terobsesi dengan karya-karya yang ia buat.

Dengan alur cerita yang komedik, kamu akan dibawa antara konflik sang arsitek yang seharusnya membuat rumah impian klien, namun cenderung mencoba membuat “rumah impian-nya”.

3. My Architect – 2003


Louis Kahn adalah salah satu sosok arsitek dunia legendaris yang hingga kini banyak karyanya yang menjadi referensi para arsitek modern dunia masa kini.

Ingin lebih memahami bagaimana pola pikir dan perjalanan desain Louis Kahn, sang anak, Nathaniel Kahn membuat sebuah film bertema arsitektur yang tak hanya didedikasikan untuk ayahnya, Louis Kahn, tetapi juga memberikan sudut pandang dan pemahamannya mengenai hubungan seni, kecintaan pada dunia arsitektur pada karya-karya menakjubkan Louis Kahn.

4. The Architect and The Painter – 2013


Dinarasikan oleh aktor Hollywood ternama, James Franco, film dengan tema Arsitektur ini menujukkan gambaran dari  sosok Charles dan Ray Eames dalam mengeksplorasi pengaruh-pengaruh modernism dalam desain, bangkitnya era informasi, hingga pendekatan kreatif mereka dalam menghasilkan berbagai karya furnitur abad pertengahan yang melawan arus kewajaran.

Selain memberikan berbagai kreasi karya, film dengan tema desain ini juga menyentil kehidupan pribadi sang desainer serta isu-isu dan tantangan yang ia harus hadapi sebagai wanita yang berkutan diindustri yang didominasi para pria pada saat itu.

5. Sketches of Frank Gehry – 2005


Siapa tak kenal Frank Gehry? Sosok arsitek dunia yang dianggap salah satu arsitek terbaik sepanjang masa. Tak heran rasanya jika kisah dan karyanya diangkat menjadi sebuh film bertema arsitektur.

Disutradarai oleh Sydney Pollack yang tak lain dan tak bukan adalah teman dari sang Arsitek, film dokumenter ini tak hanya mengeksplorasi kehidupan pribadi serta karya sang arsitek legendaris asal Amerika ini, tetapi juga memberikan sudut pandang tokoh lain terhadap karya dan sosok Frank Gehry seperti Dennis Hopper, Robert Rauschenberg, Edward Ruscha dan sosok-sosok lainnya.

Baca juga: 12 Arsitek Modern Dunia Legenda Arsitektur Terbaik Sepanjang Masa

6. The Belly of An Architect – 1987

Dibungkus dengan selera humor yang sarkastik, film tema arsitek satu ini menceritakan seorang arsitek bernama Stourley Kracklite yang berasal dari Chicago dan pindah ke kota Roma untuk mengumpulkan berbagai karya untuk pameran yang untuk arsitek favoritnya, Etienne-Louis Boullée.

Melalui film bertema arsitektur yang mengambil latar kota Eropa dengan berbagai karya monumental yang megah dan bersejarah, kamu tak hanya akan dibawa ke berbagai eksplorasi arsitektur termasuk mengenai pemahaman desain dan konstruksi yang berbeda serta fantasi dan halusinasi dari tokoh utama yang dipenuhi obsesi dan ambisinya.

7. The Fountainhead – 1945 

Film dengan tema arsitektur selanjutnya berkisah tentang Howard Roark, seorang arsitek brilian yang memiliki prinsip sekuat karang dan pemikiran yang di luar batas. Obsesi dan ambisinya membawanya ke sebuah proyek di New York, meninggalkan sang istri.

Film ini menunjukkan sisi kehidupan personal dan profesional sang arsitek dengan latar tempat yang banyak mengambil dari karya-karya arsitek Frank Lloyd Wright. Banyak yang percaya juga bahwa karakter fiksi Howard Roark terinspirasi dari Frank Lloyd Wright.

Frank Lloyd Wright sendiri sering disebut sebagai arsitek Amerika terbaik sepanjang masa. Dan banyak sekali film dokumenter mengenai karya dan pemikiran sang arsitek yang bisa kamu tonton.

8. Citizen Architect: Samuel Mockbee and the Spirit of the Rural Studio – 2010

Film “Citizen Architects” adalah sebuah film mengenai arsitektur yang menyajikan karya hidup dari  Mockbee Samuel, pionir akan konsep “everyone deserves a refuge for the soul.”

Sebagai seorang professor di Auburn University, Mockbee membangun Rural Studio, sebuah desain dan konstruksi yang mengajarkan mengenai tangung jawab sosial dari profesi di bidang arsitektur untuk mengakomodir rumah yang dibangun dengan baik dan aman, yang menginspirasi komunitas area pinggiran di Alabama, salah satu titik kawasan termiskin di Amerika.

9. Rem Koolhaas: A Kind of Architect – 2005

Rem Koolhaas adalah sosok arsitek yang juga terkenal sebagai jurnalis dan penulis. Hal ini mungkin diturunkan oleh sang ayah yang merupakan seorang penulis dan kakeknya yang berprofesi sebagai arsitek.

Film dokumenter bertema arsitektur berjudul  ‘A Kind of Architect’ memberikan gambaran potret yang menarik mengenai karya-karya dari Rem Koolhaas.

10. How Much Does Your Building Weigh, Mr Foster? – 2010

Film dokumenter Arsitektur selanjutnya adalah “How Much Does Your Building Weigh, Mr. Foster?” yang menggambarkan pemahaman dari arsitek Norman Foster yang memiliki misi untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik melalui desain.

Film bertema arsitektur ini akan membawamu ke berbagai karya fenomenal dari sang arsitek seperti Beijing Airport yang merupakan bandara terbesar di dunia, hingga ke jembatan tertinggi di dunia Millau viaduct di Perancis.

Baca juga: Teori Arsitektur: Responsive Environment

Tak hanya menghibur, berbagai film dengan tema desain dan aristektur tersebut bisa membawamu ke berbagai sudut pandang mengenai dunia arsitektur dan juga gambaran mengenai pemikiran-pemikiran tokoh arsitek dunia.

Film arsitektur mana yang jadi favoritmu?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s