Mengenal Material Lantai Parket: Keunggulan & Kelemahannya

Plus Minus Lantai Parket – Punya masalah dalam memilih material lantai rumahmu? Ingin menggunakan lantai parket namun ragu mengenai kecocokannya dengan desain dan kenyamanan rumah?

Tak bisa dipungkiri bahwa material parket merupakan salah satu yang paling digemari untuk finishing dari lantai rumah. Namun, apa sebenarnya lantai parket itu? Dan seperti apa keunggulan serta kelemahan dari penggunaan parket sebagai material finishing lantai?

Baca juga: Pola Ubin: 9 Cara Menyusun Pola Keramik Kreatif

Mengenal Apa Itu Material Lantai Parket

Plus Minus Lantai Parket
Sumber gambar: WarmUp

Parket flooring atau lantai parket merupakan material finishing lantai berupa kepingan kayu yang diproses (biasanya dengan cara di-press) sehingga menjadi lempengan/kepingan yang bisa disusun dengan sistem kunci (interlocking) di atas lantai sebagai finishing lantai.

Keunggulan Lantai Parket

Tampilan yang Menarik dan Cantik

Salah satu alasan mengapa lantai parket kerap menjadi pilihan favorit adalah karena tampilannya yang menarik. Nuansa kayu yang natural dari lantai parket mampu bersaing dengan penggunaan kayu solid dan dengan proses pemasangan dan perawatan yang jauh lebih mudah serta praktis.

Pola dan warna dari lantai parket juga sangat bervariasi sehingga bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan desain interior dari ruangan dengan sangat mudah.

Plus Minus Menggunakan Lantai Parket
Sumber gambar: Home Design Board

Unik dan Mampu Menghidupkan Atmosfer Natural dan Hangat

Kehadiran dari elemen kayu seperti lantai parket pada ruangan mampu menghidupkan susana natural yang lebih hangat. Tak hanya bertumpu pada tekstur urat kayu, kamu juga bisa membuat desain lantai yang lebih dinamis dengan lantai parket karena pola susun dari material parket kayu yang sangat bervariasi.

Soal kebersihan, dibandingkan material lantai seperti karpet, lantai parket jauh lebih aman dari serangan kuman dan bakteri dan tetap bisa memberikan kesan hangat yang tak kalah dari penggunaan lantai karpet.

Sifat Parket yang Lebih Stabil

Dibandingkan dengan penggunaan material lantai kayu solid ataupun material lantai dari kayu lainnya, lantai parke tergolong memiliki sifat yang jauh lebih stabil. dengan lapisan kayu dan potongan 90 derajat, membuat lantai parket jauh lebih adaptif dan fleksibel terhadap pergerakan dari material lantai kayu. Hal ini juga secara tindak langsung memberikan daya tahan yang jauh lebih baik pada material lantai rumah dari parket.

Keunggulan dan Kelemahan Lantai Parket
Sumber gambar: Evolve

Harga yang Bersahabat

Meskipun bukan tergolong material finishing lantai yang murah, penggunaan lantai parket bisa dikategorikan memiliki harga yang cukup bersahabat dibandingkan material lantai berbahan dasar kayu solid.

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Dapur Kayu untuk Nuansa Dapur Natural

Kelemahan Lantai Parket

Meskipun memiliki keunggulan, bukan berarti lantai parket tidak memiliki kelemahan. Berikut kekurangan dari lantai parket yang perlu kamu pertimbangkan saat hendak memilih parket sebagai material lantai rumahmu.

Membutuhkan Perawatan Ekstra

Meski lebih mudah dibandingkan material kayu solid, perawatan dari lantai parket masih tergolong cukup rumit dibandingkan material lantai lainnya yang lebih konvensional seperti keramik. Lantai parket haruslah selalu kering dan bebas dari kelembaban berlebih agar daya tahannya tetap terjaga.

Untuk beberapa waktu, kamu juga mungkin perlu memberikan coating ulang untuk membuat tampilan dari lantai parket tetap menarik. Coating  ini juga akan membantu lantai parket memiliki umur yang lebih panjang

Plus Minus Material Parket
Sumbar gambar: McKay Flooring

Lemah Terhadap Kelembaban Tingkat Tinggi dan juga Air

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, musuh utama dari lantai parket adalah kelembaban berlebih dan juga air. Pastikan jika kamu tak sengaja menumpahkan air di atas lantai parket, segera lap dan keringkan.

Usahakan juga kelembaban udara dari ruangan berada pada level yang wajar agar tidak mengurangi daya tahan dari lantai parket yang digunakan.

Plus Minus Lantai Parket
Sumber gambar: Wood Flooring

Rentan Tergores dan Lecet

Meskipun merupakan kayu olahan, lantai parket tetaplah merupakan material kayu alami yang sangat rentan terhadap goresan benda tajam. Hindari penggunaan perabot yang memiliki kaki yang tajam agar lantai parket tidak mudah ‘terluka’.

Hindari juga menggeser atau menyeret perabot yang berada di atas parket agar lantai parket tidak lecet dan tergores.

Penggunaan karpet bisa jadi solusi untuk melindungi lantai parket dari perabot yang memiliki kaki dengan permukaan tajam dan kasar.

Baca juga: Mengenal 6 Material Bahan untuk Kitchen Table Top Terbaik

Itulah penjabaran ringkas menggenai kelebihan dan kekurangan lantai parket yang bisa jadi pertimbanganmu dalam memilih parket sebagai material finishing lantai hunianmu. So, masih tertarik menggunakan lantai parket untuk sempurnakan interior rumah impianmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s