6 Pengharum Ruangan Alami yang Simple & Tahan Lama

Pengharum Ruangan Alami – Punya masalah dengan aroma tak sedap di rumah? Menggunakan pewangi ruangan bisa jadi solusi instant untuk bantu ruangan rumahmu. Namun, penggunaan pewangi ruangan konvensional mungkin bukanlah solusi terbaik karena kandungan bahan kimia yang mampu memberikan efek terhadap kesehatan.

Sebagai alternatif, ada banyak sekali bahan pewangi ruangan alami yang bisa kamu gunakan untuk membuat udara di rumah tetap segar dan bebas dari bau tidak sedap, lho. Yuk, cari tau bahan-bahan pengharum ruangan alami untuk perbaiki atmosfer di rumahmu berikut:

Baca juga: 8 Tips Usir Bau di Dapur Praktis dengan Sekejap!

Bahan Pengharum Ruangan Alami

Kayu Manis

Bahan Pengharum Ruangan Alami
Sumber gambar: Pixabay

Kayu manis terkenal sebagai salah satu rempah yang kerap menjadi bahan makanan maupun minuman. Memiliki aroma yang khas, ternyata kayu manis juga cukup ampuh untuk dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan kayu manis sebagai pengharum ruangan? Caranya sangat mudah dan praktis! Cukup tempelkan kayu manis disekeliling lilin dan hidupkan lilin. Hawa panas lilis akan membantu kayu manis untuk mengeluarkan aroma khas miliknya.

Alternatif lain untuk memanfaatkan kayu manis sebagai pewangi ruangan adalah dengan menggeprek atau memotong-motong kayu manis dan memasukkannya ke dalam mangkok atau toples terbuka. Biarkan mangkok atau toples ini di ruangan berangin dan biarkan aroma kayu manis memenuhi ruangan.

Biji Kopi

Cara Menghilangkan Bau Dapur
Sumber gambar: Pinterest

Biji kopi sudah cukup populer sebagai salah satu bahan yang mampu menetralisir aroma-aroma di dalam ruangan. Selain menetralisir aroma tak sedap, biji kopi sendiri memiliki aroma khas yang bisa menggantikan bau-bau tak sedap di dalam ruangan.

Untuk menjadikan biji kopi sebagai pengharum ruangan, kamu cukup meletakkan biji kopi utuh di mangkok atau toples terbuka dan letakkan di sudut ruangan yang merupakan sumber aroma tak sedap. Biji kopi ini bisa kamu ganti seminggu sekali untuk memastikan ruangan tetap bebas aroma tak diinginkan.

Lemon

Bahan Pengharum Ruangan Alami
Sumber gambar: Pixabay

Jeruk lemon memang memiliki aroma yang segar dan bisa kamu manfaatkan sebagai pewangi ruangan alami.

Cukup peras lemon dan campur air perasan jeruk lemon ini dengan minyak rosemary. Masukkan campuran ini kedarap botol spray dan tambahkan sedikit air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring cair. Semprotkan campuran ini ke udara untuk menyegarkan udara di dalam ruangan.

Ingatlah untuk mengocok lebih terdahulu campuran ini sebelum menyemprotnya ke udara ya.

Baca juga: Rumah Panas & Pengap? Simak 7 Tips Rumah Sejuk tanpa AC Ini!

Daun Pinus & Daun Salam

Bahan Pengharum Ruangan Alami
Sumber gambar: Romper

Daun salam adalah bahan dapur lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan pengharum ruangan alami selanjutnya. Cara menggunakannya adalah dengan menggabungkan daun salam dengan daun pinus serta biji pala yang telah dikupas kulitnya ke dalam sebuah toples.

Isi toples dengan air hingga penuh dan simpan toples di dalam lemari es selama 1 hingga 2 minggu (hingga membeku).

Setelah membeku, cukup keluarkan toples dan letakkan di ruangan dan biarkan perlahan mencair. Seiring toples mencair, aroma segar dari daun salam, daun pinus, dan biji pala perlahan akan memenuhi ruangan dan membuang jauh aroma tak sedap dalam ruangan.

Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan dapur yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap karena mampu menyerap aroma-aroma tak sedap. Caranya cukup dengan menabur baking soda di daerah-daerah yang merupakan sumber bau dan biarkan selama beberapa saat sebelum dibersihkan dengan sapu atau vacuum cleaner setelahnya.

Sebagai pengharum ruangan, kamu bisa mencampurkan baking soda dengan beberapa essential oil dengan aroma favorit di dalam toples kecil dan biarkan terbuka di ruangan agar mampu memberikan aroma yang wangi pada ruangan.

Daun Pandan

Bahan Pengharum Ruangan Alami
Sumber gambar: Hello Sehat

Daun pandan memang memiliki aroma yang manis dan menyegarkan. Tak heran daun pandan kerap dimanfaatkan sebagai pewarna sekaligus pewangi untuk berbagai resep makanan.

Namun, ternyata daun pandan juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami, lho. Cukup iris daun pandan dan letakkan di piring dan biarkan diruang terbuka sehingga angin akan membantu menyerbarkan aroma manis dari daun pandan.

Manfaat tambahan lainnya, aroma dari pengharum ruangan alami dari daun pandan ini bisa mengusir serangga seperti nyamuk dari ruangan di rumahmu, lho.

Aroma dari daun pandan iris ini mampu bertahan tiga hari hingga satu minggu.

Baca juga: 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Ampuh untuk Rumahmu

Dengan berbagai bahan alami sederhana tersebut, kamu bisa mengusir aroma tak sedap di dalam ruangan dengan mudah dan praktis. Tertarik kreasikan sendiri pengharum ruangan alami untuk rumahmu?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s