10 Tanaman Hias Gantung untuk Sempurnakan Taman Rumahmu

Tanaman Hias Gantung – Punya keterbatasan lahan namun ingin hadirkan kesegaran tanaman hias di rumahmu? Menggunakan tanaman hias gantung bisa jadi alternatifmu. Selain hemat ruang, menggunakan tanaman gantung memungkinkanmu menghadirkan dekorasi tanaman secara lebih luas seperti di teras atau balkon rumah, bahkan jendela ruang kamar tidur ataupun ruang lainnya.

Untuk kamu yang tertarik menghadirkan kesegaran tanaman gantung hias namun bingung jenis tanaman hias gantung yang mudah dirawat seperti apa yang bisa jadi awal hobi barumu, berikut berbagai jenis tanaman hias gantung yang cocok untuk pemula sepertimu!

Baca juga: 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Ampuh untuk Rumahmu

Jenis Tanaman Hias Gantung

1. Petunia

Petunia - Tanaman Hias Gantung
Sumber gambar: Veg Plotting

Petunia adalah tanaman bunga gantung yang sangat populer dan juga cukup mudah dalam hal perawatan. Memiliki daun hijau yang rimbun dan kelopak bunga yang besar dan berwarna cerah, kehadiran tanaman hias gantung ini bisa buat rumahmu menjadi terasa indah dan lebih segar.

Bunga dari tanaman gantung hias satu ini juga memiliki beberapa pilihan warna sehingga bisa kamu sesuaikan dengan selera dan juga desain dari taman milikmu.

2. Portulaca

Tanaman Hias yang mudah dirawat
Sumber gambar: Wikipedia

Tanaman hias gantung selanjutnya adalah Portulaca. Memiliki banyak jenis dan warna bunga, tanaman hias gantung ini merupakan tanaman yang sangat mudah dalam hal perawatan, meski pertumbuhannya termasuk sangat lambat. Bunga ini juga cukup cepat dan sering berbunga sehingga pas untuk dijadikan penyejuk sekaligus dekor penghias rumah. Pengembangbiakan tanaman hias ini juga sangat mudah, bisa dilakukan dengan cara setek.

3. Tanaman Sedum morganianum

Sedum Morganianum - Tanaman Hias Gantung
Pinterest

Jenis tanaman hias gantung selanjutnya adalah Sedum morganianum yang masih memiliki kemiripan dengan tanaman kaktus, termasuk sifatnya yang membutuhkan banyak cahaya matahari, tapi sedikit air. Hal inilah yang menyebabkan Sedum morganianum sangat mudah dirawat. Sebagian orang menamai tanaman ini Kaktus Anggur.

Meskipun tidak memiliki bunga cantik seperti dua tanaman hias gantung sebelumnya, bentuknya yang unik menjadi daya tarik dari tanaman hias gantung satu ini. Warnanya yang hijau pucat juga menarik untuk memberikan variasi tanaman-tanaman gantung yang kamu miliki.

4. Lili Paris (Clorophytum comosum)

Tanaman Hias yang mudah dirawat

Berbeda dengan tanaman hias gantung sebelumnya yang memiliki karakter menjuntai, tanaman hias gantung Lili Paris justru tumbuh ke atas. Termasuk dalam jenis tanaman hias daun, Lili Paris memiliki bentuk daun yang kecil namun meruncing panjang dengan bagian tulang daun berwarna putih sehingga menjadi daya tarik visual dari tanaman hias gantung ini. Lili Paris termasuk juga sebagai tanaman hias gantung yang cukup mudah beradaptasi.

5. Pakis Boston

Pakis Boston - Tanaman Hias Gantung
Pinterest

Tanaman hias gantung tak berbunga selanjutnya adalah Pakis Boston. Berasal dari Boston, tanaman gantung ini memiliki daun berwarna hijau cerah yang sangat rimbun sehingga tak pernah gagal menghidupkan atmosfer yang lebih segar pada hunian.

Terlebih lagi, tanaman hias gantung ini relatif mudah dirawat. Cukup dengan siraman air yang rutin serta matahari yang cukup kamu sudah bisa membuat kesegaran dari daun Pakis Boston tetap terjaga sepanjang hari.

Baca juga: 7 Tanaman Pembawa Sial & Energi Fengshui Negatif

6. Creeping Charlie

Creeping Charlie - Tanaman Hias Gantung
Sumber gambar: The Plant Farm

Creeping Charlie adalah tanaman hias gantung yang memiliki bentuk daun kecil dengan morfologi menyerupai daun mint. Tanaman gantung ini mampu tumbuh menjuntai dengan warna hijau segar memberikan efek dramatis pada taman atau sudut-sudut hunianmu jika ditaman menggunakan pot gantung.

Selain mudah dirawat, nilai tambah dari tanaman Creeping Charlie adalah kecepatan tumbuh dari tanaman ini yang sangat cepat sehingga cocok untuk menjadi awal menghijaukan taman rumahmu.

7. Sirih Blaster Heart

Tanaman Hias Gantung
Pinterest

Meskipun lebih terkenal sebagai tanaman apotik hidup, ternyata ada beberapa jenis tanaman Sirih yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai tanaman hias gantung, salah satunya adalah jenis Sirih Blaster Heart.

Tumbuh menjuntai dengan daun hijau segar berpola putih, tanaman Sirih ini tak hanya bisa jadi tanaman gantung yang menarik tapi juga mudah dalam hal perawatan. Alternatif jenis Sirih lain yang cocok untuk jadi tanaman hias gantung adalah tanaman Sirih Merah.

8. Bunga Anggrek

Anggrek - Tanaman Hias Gantung
Sumber gambar: Better Homes and Gardens

Anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias yang populer dan banyak digemari. Umumnya tanaman Anggrek membutuhkan inang untuk dapat tumbuh sehingga sering ditemui tanaman hias ini ditanam dengan media menempel dengan tanaman lain.

Tapi, kamu bisa mengolah media tanam gantung khusus yang memungkinkanmu menjadikan Anggrek sebagai tanaman hias bunga gantung yang sangat cantik untuk rumahmu.

9. Bunga Lobelia

Lobelia - Tanaman Hias Gantung
Sumber gambar: The Spruce

Bunga cantik lain yang bisa jadi pemanis hunian sebagai tanaman hias gantung adalah Lobelia. Memiliki bunga berukuran kecil-kecil dengan banyak variasi warna mulai dari biru, putih, merah, hingga keunguan, Lobelia adalah salah satu jenis tanaman gantung hias yang cukup mudah dirawat.

10. Geranium

Geranium - Tanaman Pengusir Nyamuk Alami
Sumber gambar: Old Farmer’s Almanac

Geranium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer sebagai tanaman pengusir nyamuk secara alami. Diluar itu, Geranium memiliki bunga cantik berwarna merah atau keunguan yang cukup mencolok dan menarik untuk dijadikan sebagai unsur untuk mempercantik taman.

Selain ditanam di tanah langsung atau pot secara langsung, tanaman Geranium juga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Berbagai macam tanaman hias gantung yang mudah dirawat tersebut tak kalah menarik bukan daripada tanaman-tanaman hias yang ditanam di pot. Untuk buat kehadiran tanaman gantung lebih menarik, kamu juga bisa berkreasi dengan pot-pot gantung dengan desain yang unik, lho.

Jenis tanaman hias gantung mana yang jadi favoritmu?

Iklan

Satu komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s