7 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Tidur Lebih Nyenyak

Feng Shui Kamar Tidur – Punya masalah tidur yang tidak nyenyak? Selain faktor biologis, penyebab dari masalah tidur kamu mungkin saja berasal dari desain kamar tidur yang kamu miliki. Mendesain kamat tidur senyaman mungkin adalah salah satu cara yang dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur. Dan, buat kamu yang percaya feng shui desain kamar tidur bisa jadi strategi menciptakan kamar tidur nyaman yang bisa buat tidur lebih nyenyak.

Ingin tau seperti apa desain feng shui kamar tidur yang baik? Simak beberapa tips feng shui kamar tidur yang bisa bantu ciptakan energi lebih positif pada kamar tidurmu berikut:

Baca juga: Tips Feng Shui dalam Desain Kamar Mandi yang Perlu Kamu Tahu!

Tips Feng Shui Kamar Tidur

Tips Desain Kamar Minimalis
Sumber gambar: The Sleep Judge

1. Feng Shui Posisi Kamar 

Sebelum membahas feng shui kamar tidur dari segi desain, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menentukan posisi dari ruang kamar tidur yang baik secara feng shui. Secara umum, untuk memastikan energi positif fengshui kamar tidur bisa maksimal, hindari kamar tidur dari sumber suara atau kebisingan dengan sirkulasi udara dan suhu yang cukup untuk memastikan istirahat lebih nyaman.

Sesuai dengan konsep ini, untuk menciptakan feng shui kamar tidur yang baik, berikut beberapa posisi kamar yang perlu kamu hindari:

  • Bersebelahan atau berada di atas Dapur
  • Bersebelahan atau berada di bawah Kamar Mandi
  • Bersebelahan atau berada di atas Garasi
  • Dibawah tangga atau koridor yang sering dilalui

Posisi yang paling aman untuk membuat feng shui kamar tidur menjadi baik adalah meletakkan kamar di area yang privat dan tetap terhubung dengan ruang luar untuk mengatur suhu dan sirkulasi udara seperti berada bersebelahan dengan halaman belakang rumah.

2. Penataan Tempat Tidur sesuai Feng Shui

Setelah menemukan posisi kamar yang tepat sesuai feng shui, hal dasar selanjutnya dalam menata kamar tidur sesuai feng shui adalah posisi tempat tidur di dalam kamar. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menata tempat tidur sesuai feng shui kamar adalah:

  • Hindari posisi tempat tidur yang sejajar dengan pintu atau berhadap-hadapan dengan pintu.
  • Untuk kamar yang berhadapan langsung dengan jalan utama, hindari menempatkan tempat tidur membelakangi jalan utama.
  • Jika kamu memiliki kamar mandi di dalam kamar, hindari posisi tempat tidur yang bersebelahan langsung dengan kamar mandi. Dan jika terpaksa bersebelahan, hindari meletakkan bagian kepala berbatasan langsung dengan kamar mandi.

Dalam menata feng shui kamar tidur, khususnya bagian posisi tempat tidur, yang diutamakan adalah menciptakan rasa aman dan nyaman saat kamu beristirahat. Untuk detail yang lebih baik, kamu perlu mengetahui lebih jauh mengenai arah mata angin dan sesuaikan juga dengan tanggal kelahiranmu.

Tips Desain Kamar Tidur Anak
Sumber gambar: Roohome

3. Pemilihan Skema Warna untuk Feng Shui di Kamar Tidur yang lebih Baik

Setiap orang tentu memiliki warna-warna favorit, namun dalam merancang kamar tidur sesuai feng shui, ada beberapa aturan yang harus kamu pertimbangkan. Sebagai warna utama yang dominan, hindari penggunaan warna-warna terlalu mencolok, hindari juga pengaplikasian warna ini pada sprei tempat tidur dan juga tirai. Kehadiran warna mencolok akan menganggu istirahat dan membuatmu lebih terjaga. Jika ingin menghadirkan warna-warna ini, hadirkanlah dalam bentuk dekorasi yang tidak dominan.

Warna yang dianjurkan untuk feng shui kamar tidur paling aman adalah warna netral seperti putih. Wanra-warna earthy-tone seperti cokelat, beige, krem, hingga hijau bisa jadi pilhan warna untuk feng shui kamar tidur yang menenangkan.

Baca juga: Fengshui Warna dalam Menata Rumah

Tips Desain Kamar Minimalis
Sumber gambar: Residence Style

4. Elemen Cermin pada Kamar Tidur

Cermin adalah salah satu elemen yang umum ada pada sebuah desain kamar tidur. Sebagian menganggap keberadaan cermin mampu menghadirkan keberuntungan. Namun, peletakan cermin yang salah justru bisa memberikan feng shui kamar tidur yang tidak baik.

Hindari posisi cermin yang berhadap-hadapan dengan tempat tidur karena cermin cenderung akan menyerap energi milikmu saat beristirahat. Hindari juga posisi-posisi cermin lainnya yang mampu memantulkan bayanganmu saat beristirahat. Letakkanlah cermin pada lokasi dimana bayangan diri saat tengah berisitahat tidak bisa terpantulkan.

Tips desain kamar tidur minimalis modern
Interinoz

5. Pengaturan Pencahayaan Ruang Kamar Tidur sesuai Feng Shui

Tak ada salahnya memiliki pencahayaan yang terang untuk kamar tidur. Namun, pada saat beristirahat, cahaya hangat yang remang-remang atau redup lebih baik untuk feng shui kamar tidur. Untuk itu, pastikan kamar tidur milikmu memiliki penataan cahaya yang cukup fleksibel untuk diatur tingkat cahayanya.

Tips Desain Kamar TIdur Minimalis
Sumber gambar: Home Ideas

6. Perabotan Kamar Tidur

Dalam pemilihan perabotan kamar tidur, kamu juga bisa memilih desain perabot untuk memaksimalkan fengshui kamar yang positif. Hal ini bisa kamu mulai dengan memastikan perabot yang bersifat sebagai tempat penyimpanan atau storage yang cukup.

Kamar yang rapi dan tidak berantakan cenderung memberikan energi feng shui yang lebih baik pada kamar. Secara praktis, hindari juga penggunaan rak atau lemari terbuka terlalu banyak untuk menghindari kamar terlihat berantakkan.

Hindari juga menggunkan perabot atau furnitur-furnitur yang memiliki sudut-sudut tajam, apalagi hingga ketajaman yang terlalu ekstrim.

7. Dekorasi Kamar Tidur yang Baik Secara Feng Shui

Sentuhan terakhir untuk menyempurnakan desain kamar adalah dekorasi. Kamupun bisa memilihi dekorasi kamar tidur sesuai feng shui untuk bantu meningkatkan energi positif pada kamar tidur.

Beberapa alternatif dekorasi kamar yang baik untuk fengshui adalah keberadaan mangkok atau vas yang diisi air pada salahs atu sudut kamar. Kehadiran dekorasi yang memiliki warna biru di sisi timur ruangan juga dipercaya mampu memperbaiki feng shui dari kamar.

Penggunaan lilin aromaterapi sebagai dekorasi dalam jumlah genap (dua atau empat) juga bisa membantu memberikan energi positif (kebahagiaan) bagi orang yang menggunakan dan beristirahat di kamar tidur tersebut dalam perspektif Feng Shui.

Keberadaan tanaman sebagai dekorasi kamar juga mampu memberikan kesegaran pada ruang. Namun, kehadiran tanaman di dalam ruangan kamar tidur justru tidak baik secara feng shui karena dianggap memiliki terlalu banyak elemen Yang.

Baca juga: Fengshui dalam Merancang Tangga

Dengan terciptanya desain kamar sesuai feng shui, kamu bisa menciptakan komposisi energi yang lebih baik dan seimbang sehingga bisa membuat tidur lebih nyenyak. Tertarik coba terapkan konsep feng shui kamar tidur di rumahmu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s