Kenali 9 Material Batu Alam untuk Percantik Desain Rumah Impian

Jenis-Jenis Batu Alam untuk Rumah – Batu alam adalah salah satu material bangunan, baik untuk interior ataupun eksterior yang cukup sering digunakan. Memiliki banyak pilihan dan jenis, batu alam bisa memberikan kesan natural, unik, bahkan elegan serta mewah pada hunian.

Namun, untuk dapatkan kesan, tampilan, dan fungsi yang pas, sangat penting bagimu untuk memilih dan menentukan jenis material batu alama yang tepat untuk hunianmu. So, yuk kenali lebih dalam mengenai macam-macam batu alam untuk sempurnakan desain rumah impianmu!

Baca juga: Mengenal 6 Material Bahan untuk Kitchen Table Top Terbaik

Jenis Material Batu Alam untuk Percantik Rumah

1. Jenis Material Batu Marmer

Desain Dinding Belakang Backsplash Dapur
Sumber gambar: Fave Fame

Material batu alam jenis marmer merupakan salah satu jenis batu alam yang populer. Biasa digunakan pada bagian interior bangunan, penggunaan batu marmer sangat beragam, mulai dari sebagai lantai, pelapis dinding, table top dapur, hingga sebagai permukaan atas meja.

Salah satu alasan mengapa orang menggemari jenis batu alam satu ini adalah benyaknya pilihan corak dan warna yang tak akan pernah gagal hadirkan kesan mewah dan elegan pada hunian.

Hanya saja, kelemahan dari material batu marmer adalah sifatnya yang lebih porus (berpori) sehingga daya tahannya terhadap cuaca ekstrem tak terlalu tinggi sehingga lebih cocok untuk interior. Kondisi ini juga membuat batu marmer mudah bernoda, sehingga kamu perlu membersihkannya segera ketika ada cairan tertumpah diatas permukaan material batu alam marmer.

2. Material Batu Alam Granit

Jenis Material Batu Alam - Batu Granit
Sumber gambar: vivaldionyx

Alternatif jenis batu alam untuk interior selain marmer adalah batu granit. Hampir serupa dengan batu marmer, yang membedakan antara batu marmer dan batu granit adalah pola-pola pada batu granit yang cenderung lebih abstrak.

Penggunaan jenis batu alam granit juga sangat bervariasi mulai dari lantai, dinding, kamar mandi, hingga table top. Karakternya yang lebih kuat dan padat daripada marmer menjadikannya juga cocok menjadi pilihan  untuk menyempurnakan eksterior rumah atau bagunan.

3. Jenis Batu Sabak atau Batu Kali

Jenis Material Batu Alam - Batu Sabak
Interinoz

Jenis batu alam berikutnya ini sebenarnya terkenal akan kekuatannya sebagai material untuk pondasi bangunan. Namun, ternyata batu ini juga diolah menjadi lempengan tipis sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya selain struktur bangunan.

Batu sabak memiliki warna gelap dan permukaan bertekstur yang tidak selicin marmer dan granit sehingga cukup populer digunakan sebagai lantai kamar mandi atau daerah-daerah basah lainnya.

Selain itu jenis material batu alam ini juga kerap digunakan untuk ruang luar atau eksterior seperti pada pagar rumah, dinding taman hingga kolam ikan di taman. Kehadiran batu sabak bisa memberikan tampilan natural sekaligus kokoh pada hunianmu.

Baca juga: Pola Ubin: 9 Cara Menyusun Pola Keramik Kreatif

4. Jenis Batu Andesit

Jenis Material Batu Alam - Batu Andesit
Sumber gambar: Bangun Rumah

Batu Andesit adalah salah satu dari berbagai macam batu alam yang cukup familiar digunakan sebagai bahan bangunan sejak zama presejarah. Karakter dari batu andesit adalah tingkat kekuatannya, keras, dan padat, sehingga penggunaan batu alam satu ini sebagai eksterior bangunan sudah bukan hal yang asing.

Batu andesit memiliki berbagai bentuk potongan, warna, dan corak dan banyak digunakan secara mozaic atau disusun secara abstrak sebagai pelapis dinding. Baik dinding taman, dinding interior, dinding pagar hingga fasad bangunan.

5. Material Batu Palimanan (sandstone)

Jenis Material Batu Alam - Batu Palimanan
Interinoz

Populer di Indonesia, jenis material batu alam, batu Palimanan berasal dari daerah Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Jenis batu alam satu ini memiliki warna kream yang terang dengan motif dan tekstur layaknya kayu.

Penggunaan batu Palimanan sangat cocok digunakan sebagai dinding baik interior dan eksterior. Tekstur yang alami memberikan kesan natural pada hunian dan warnanya yang lebih terang dan cerah membuat batu ini juga cocok digunakan pada gaya desain Mediterania.

6. Jenis Batu Candi

Jenis Material Batu Alam - Batu Candi
Interinoz

Seperti dengan namanya, jenis batu alam satu ini memang banyak digunakan sebagai bahan membangun candi dan arca pada masa lalu. Material batu alam candi memiliki warna gelap (cenderung kehitaman) dengan tekstur kasar dan berpori-pori. Jenis batu alam satu ini cocok untu memberikan kesan lebih natural namun tetap modern dan tak terlihat berlebihan karena batu candi tidak memiliki corak, pola, atau tekstur yang kontras.

Kelemahan dari penggunaan material batu alam ini adalah karena berpori, jenis batu alam ini sangat mudah ditumbuhi parasit seperti jamur dan lumut, terutama jika penggunaan batu alam ini pada area-area basah dan lembab. Jadi, diperlukan perawatan ekstra untuk memastikan tampilan batu candi tetap sempurna, mulai dari menggunakan coating yang berkualitas sehingga membersihkan permukaan batu secara rutin.

Baca juga: Mengenal Material Lantai Parket: Keunggulan & Kelemahannya

7. Jenis Batu Alam Paras Jogja

Jenis Material Batu Alam - Batu Paras Jogja
Interinoz

Jenis batu alam lokal lain yang bisa jadi pilihanmu untuk rumah impian adalah batu Paras. Dibandingkan jenis batu alam lainnya, batu Paras memiliki sifat yang lebih empuk dan lunak sehingga lebih mudah diolah. Warnanya yang terang dan cerah membuat batu alam ini sangat digemari karena mampu memberikan atmosfer modern dan tetap natural pada hunian.

Namun, seperti batu candi, batu paras juga sangat rentan terhadap serangan jamur, lumut, dan parasit lain yang bisa merusak tampilan dari jenis batu alam ini. Jadi, pastikan kamu berikan perawatan esktra yang tepat jika memutuskan untuk menggunakan batu paras untuk rumahmu.

8. Batu Onyx

Jenis Material Batu Alam - Batu Onyx
Sumber gambar: Tata Griya

Ingin dapatkan kesan mewah dan elegan? Selain batu marmer, jenis batu alam lain yang bisa kamu gunakan adalah batu onyx. Dengan tekstur dan warna yang sangat artistik, karakter khas dari batu Onyx adalah sifatnya yang cukup transparan, namun jangan ragukan kekuatan dan kepadatan dari batu alam ini.

Baru Onyx kerap digunakan pada bangunan-bangunan komersil sebagai elemen interior yang dekoratif dan kerap dikolaborasikan dengan pemasangan sistem pencahayaan. Karena sifat transparan yang ia miliki, kehadiran cahaya dari balik dinding batu Onyx akan memberikan kesan yang sangat indah dan juga dramatis.

9. Material Batu Templek

Jenis Material Batu Alam - Batu Templek
Sumber gambar: Rebanas

Jenis batu alam satu ini juga dikenal dengan nama batu acak. Berbentuk lempengan dan ukuran yang tak teratur. Jenis batu alam satu ini sempat populer digunakan pada masa lalu. Selain mudah dan murah, penggunaan batu alam templek bisa memberikanmu tampilan natural sekaligus klasik.

Baca juga: 14 Kreasi Desain Pagar Rumah Modern Penyempurna Wajah Hunian

Setiap jenis batu alam memiliki karakter baik dari segi tampilan dan juga sifat dari material batu alam tersebut. Dengan mengenal berbagai macam batu alam, kamu tentu kini sudah bisa menentukan dan memilih jenis batu alam paling pas untuk rumahmu, bukan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s