10 Tanaman Rambat Hias Populer yang Mudah Dirawat

Tanaman Rambat Hias – Untuk penuhi taman dan percantik rumah, ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa kamu pelihara di rumah. Salah satunya adalah jenis tanaman merambat hias. Berbeda dengan tanaman hias biasa, tanaman rambat akan berikan tampilan lebih natural dan menarik pada taman dengan cara berbeda.

Berikut adalah alternatif macam tanaman hias rambat yang bisa jadi pilihanmu.

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

Jenis Tanaman Hias Merambat

1. Tanaman Rambat Daun Dollar

Jenis tanaman hias rambat
Sumber gambar: Heujogeulis

Terkenal dengan nama daun dollar, tanaman hias rambat satu ini memiliki nama ilmiah Ficus pumila. Jenis tanaman merambat ini memiliki daun yang lebar dan akar yang kuat mencengkram permukaan kasar. Tak heran jika jenis tanaman hias rambat ini kerap digunakan untuk menghiasi tembok atau pagar tanaman.

Agar tumbuhan ini bisa merambat dengan baik, pastikan media tanam (dinding) memiliki permukaan kasar sehingga akar dari daun dollar bisa mencengkeram dan tumbuh dengan baik.

Memiliki perawatan yang cukup sederhana dan bisa tampil hijau cerah sepanjang tahun, kehadiran tanaman merambat hias ini cocok untuk meneduhkan hunian dan tamanmu.

2. Flame of Irian atau Melati Irian

Tanaman rambat hias
Sumber gambar: IHome108

Membutuhkan tanaman merambat untuk kanopi atau pergola rumahmu? Flame of Irian atau Melati irian bisa jadi tanaman hias merambat pilihanmu. Sesuai dengan namanya, tanaman bunga merambat ini berasal dari Papua dan memiliki kelopak bunga merah menyala yang sangat cantik.

Tanaman hias merambat ini mampu beradaptasi dengan baik di iklim tropis dan mampu menghidupkan suasana taman dengan warna merah cerah dan perpaudan dengan daun hijau yang rimbun dan bisa meneduhkan tamanmu.

3. Tanaman Hias Merambat Morning Glory

Tanaman Rambat Hias
Sumber gambar: PIxabay

Morning Glory adalah salah satu tanaman rambat hias yang populer. Memiliki bunga cantik berwarna cerah serta perawatan yang mudah, tanaman merambat ini bisa ditanam di berbagai bidang mulai dari dinding, pagar, hinga kanopi selama kamu menyediakan tulangan besi sebagai media rambat bagi tanaman ini.

4. Tanaman Rambat Sirih Merah

Tanaman Rambat Hias
Sumber gambar: Flowerian

Tanaman sirih adalah salah satu jenis tanaman yang mudah ditemui di Indonesia. Selain dikenal sebagai tanaman apotik hidup, beberapa varietas dari tanaman sirih kerap digunakan sebagai tanaman hias. Salah satunya adalah tanaman sirih merah yang merupakan salah satu tanaman merambat yang cukup mudah dalam hal perawatan.

Selain tanaman sirih merah, jenis sirih lainnya yang bisa jadi pilihan tanaman hias merambat adalah sirih blaster heart.

5. Tanaman Rambat Bunga Alamanda

Tanaman Rambat Hias
Sumber gambar: Etsy

Memiliki kelopak bunga berwarna kuning cerah yang mampu menghidupkan suasana taman, Bunga Alamanda adalah alternatif tanaman merambat rias selanjutnya yang memiliki perawatan yang mudah.

Selain warna kuning, bunga Alamanda juga memiliki varietas berwarna merah muda yang lebih manis. Selain populer sebagai pagar tanaman, tanaman merambat ini juga cukup rimbun untuk menjadi tanaman rambat kanopi.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Rooftop Kreatif yang Seru!

6. Zebrina pendula

Tanaman hias rambat
Pinterest

Berbeda dengan tanaman rambat hias daun yang berwarna hijau, Zebrina Pendula merupakan tamanan merambat dengan daun keunguan lengkap dengan pola garis putih sehingga mampu memberikan warna berbeda pada tamanmu.

Selain menjadi tanaman rambat, tanaman ini juga cukup populer sebagai tanaman hias gantung. Diluar penggunaannya sebagai tanaman hias Zebrina pendula juga memiliki khasiat sebagai obat peluruh kencing dan obat bisul.

7. Air Mata Pengantin

Tanaman Merambat Hias
Pinterest

Memiliki nama yang cukup unik, awalnya tanaman ini justru dianggap gulma alias tanaman penganggu karena kerap tumbuh liar dengan cepat dan memenuhi pekarangan. Namund bunga kecil berwarna merah muda pada tanaman rambat ini cukup menarik sehingga orang mulai menjadikannya sebagai alternatif tanaman hias merambat di taman rumah.

8. Pothos Scandens

Tanaman Merambat Hias
Sumber gambar: Flickr

Ingin tampilan hijau yang meneduhkan pada dinding taman rumah? Selain daun dollar, tanaman Potos bisa jadi alternatif tanaman rambat hias. Memiliki karakter dan sifat yang menyerupai daun dollar, tanaman rambat ini bisa tumbuh pada media dinding dengan tekstur kasar dan juga batang pohon dewasa yang besar. Tanaman merambat ini bisa tumbuh hingga ketinggian 6 meter, lho!

9. Mandevilla

Tanaman Merambat Hias
Pinterest

Pilihan tanaman bunga merambat lainnya yang cocok untuk tamanmu adalah Mandevilla. Dengan bentuk kelopak dan warna bunga manis yang feminim dan cocok untuk dijadikan Tanaman rambat untuk pagar.

Tanaman ini cukup mudah dirawat selama mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup. Hanya saya, tantangan menanam tanaman rambat hias ini adalah memastikan sulur-sulurnya tetap tumbuh terkendali dan tidak liar kemana-mana sehingga justru membuat taman terlihat berantakkan.

10. Bunga Clementis

Tanaman Rambat Hias
Pinterest

Clementis adalah jenis bunga rambat terakhir yang bisa jadi pilihan untuk penuhi tamanmu. Memiliki banyak pilihan varian warna kelopak yang cantik dan rimbun, kamu bisa penuhi tamanmu dengan warna-warni yang lebih hidup.

Baca juga: 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Ampuh untuk Rumahmu

Sudah temukan jenis tanaman merambat hias yang cocok untuk taman impianmu? Atau kamu punya alternatif tanaman hias lainnya untuk buat desain taman hunian menjadi jauh lebih menarik?

Iklan

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s