Kenali 10 Ciri-ciri Rumah Sehat untuk Hunian lebih Nyaman

Ciri-Ciri Rumah Sehat – Rumah memiliki fungsi sebagai hunian dan banyak orang yang menghabiskan sebagian besar dari hari-hari dan waktunya di rumah. Jadi, sudah sewajarnya untuk memberikan perhatian dan kualitas terbaik pada rumah. Tak hanya soal kenyamanan, aspek kesehatan dari rumah juga tak kalah penting, lho!

Belum familiar dengan istilah rumah sehat? Apa sebenarnya rumah sehat itu? Dan seperti apa ciri-ciri rumah yang sehat? Simak penjabaran ringkas berikut untuk ketahui lebih banyak mengenai apa itu rumah sehat dan bagaimana cara mewujudkan rumah sehat pada hunianmu!

desain dapur bawah tangga
Sumber gambar: Aaipl

Apa Itu Rumah Sehat ?

Secara sederhana rumah sehat adalah salah satu sarana untuk mencapai derajat kesehatan yang optimum. Rumah Sehat juga bisa diterjemahkan sebagai sarana atau tempat berlindung dan bernaung serta tempat untuk beristirahat sehingga menumbuhkan kehidupan yang sempurna baik fisik, rohani maupun sosial budaya.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Bentuk Atap Rumah

Kriteria Penilaian Rumah Sehat

Jika mengutip pada Pedoman Teknis Penilaian Rumah Sehat dari Depkes RI, 2007, secara umum rumah dapat dikatakan sebagai rumah sehat apabila berhasil memenuhi kriteria berikut:

  • Dapat Memenuhi kebutuhan psikologis antara lain privacy yang cukup, komunikasi yang sehat antar anggota keluarga dan penghuni rumah, adanya ruangan khusus untuk istirahat (ruang tidur), bagi masing-maing penghuni;
  • Dapat Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumah dengan penyediaan air bersih, pengelolaan tinja dan limbah rumah tangga, bebas vektor penyakit dan tikus, kepadatan hunian yang tidak berlebihan, cukup sinar matahari pagi, terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran, disamping pencahayaan dan penghawaan yang cukup;
  • Memenuhi kebutuhan fisiologis antara lain pencahayaan, penghawaan dan ruang gerak yang cukup, terhindar dari kebisingan yang mengganggu;
  • Memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan baik yang timbul karena pengaruh luar dan dalam rumah, antara lain persyaratan garis sempadan jalan, konstruksi bangunan rumah, bahaya kebakaran dan kecelakaan di dalam rumah;
  • Rumah yang sehat harus dapat mencegah atau mengurangi resiko kecelakaan seperti terjatuh, keracunan dan kebakaran (Winslow dan APHA).
    Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam kaitan dengan hal tersebut antara lain:

    • Membuat konstruksi rumah yang kokoh dan kuat;
    • Bahan rumah terbuat dari bahan tahan api;
    • Pertukaran udara dalam rumah baik sehingga terhindar dari bahaya racun dan gas;
    • Lantai terbuat dari bahan yang tidak licin sehingga bahaya jatuh dan kecelakaan mekanis dapat dihindari;

merancang ruang sempit

Karakteristik dan Ciri Rumah Sehat

Berdasarkan kriteria serta pengertian rumah sehat diatas, lalu seperti apa ciri dari rumah sehat itu?

1. Aspek Kebersihan yang Baik

Rumah yang sehat harus memiliki aspek kebersihan yang sangat baik. Seluruh permukaan rumah baik lantai, dinding dan perabot yang bebas dari debu serta kotoran adalah ciri dari rumah yang sehat.

Jadi, pastikan untuk melakukan pembersihan rumah secara rutin dan menggunakan alat-alat serta bahan kebersihan yang mampu membunuh bakteri di rumah, ya.

Selain itu, untuk menunjang kebersihan rumah sehat, keberadaan tempat sampah yang memadai juga sangatlah penting. Tempat sampah yang memadai akan mencegah sampah yang berserakan dan menumpuk. Untuk itu pula, lakukan pembuangan sampah secara rutin sehingga sampah tidak keburu mencemari udara dan rumah sehat milikmu!

2. Sistem Penyimpanan Barang yang Baik  (tidak Berantakan)

Rumah yang sehat adalah rumah yang rapi! Salah satu ciri-ciri rumah sehat adalah tersedianya sistem penyimpanan yang baik, baik itu rak ataupun lemari sehingga mencegah rumah barantakan dan barang-barang yang berserakkan.

Hindari juga menyimpan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak terpakai dan jangan lagi menggantung baju-bajumu secara sembarangan.

Mengapa aspek kerapihan menjadi penting dalam rumah sehat? Hal ini dikarenakan secara psikologis rumah yang berantakan bisa menambah stress penghuninya, lho! Dan juga, rumah yang berantakkan cenderung lebih mudah kotor.

Keberadaan gudang khusus untuk menyimpan barang-barang lama namun masih bisa digunakan sesekali agar tak tercecer berantakkan juga bisa menjadi ciri dari rumah sehat untuk menunjang kerapihan dari rumah.

3. Ventilasi untuk Pengudaraan yang Cukup

Karakteristik dari rumah sehat adalah memiliki kualitas udara yang baik. Maka dari itu, penting untuk memiliki sistem ventilasi udara yang dirancang dengan baik agar pertukaran udara kotor dan bersih mampu terjadi di dalam rumah.

Hal ini akan mencegah rumah menjadio lembab dan terhindar dari kuman dan pertumbuhan mikroorganisme lain.

Desain langit-langit rumah yang tinggi juga bisa membantu memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan serta menghindari ruang dari rasa pengap.

4. Penghijauan yang Cukup

Masih berkaitan dengan kualitas udara di rumah sehat, keberadaan taman juga merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan kualitas udara di rumahmu. Selain itu, keberadaan taman kecil sebagai penghijauan tak cuma akan bantu rumahmu memiliki oksigen yang cukup, namun memberikan estetika lebih serta mengurangi tingkat stress di rumah, lho!

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat untuk Taman Cantikmu

5. Sistem Plumbing yang Baik  (Air Bersih & Air Kotor)

Rumah yang sehat, tentu harus memiliki ketersediaan air bersih yang cukup. Selain untuk kebutuhan konsumsi, air bersih juga penting untuk menjaga aspek kebersihan dari rumah sehat seperti untuk mencuci peralatan dan perabot.

Tak cuma air bersih, penataan sistem pembuangan limbah air kotor juga sangatlah penting untuk mencegah menumpuknya atau bocornya air kotor yang mampu mengundang kuman dan bakteri.

Membahas air kotor dan air bersih, sangat erat kaitannya dengan kamar mandi. Maka dari itu, karakter dari rumah sehat juga bisa dilihat dari desain kamar mandi rumah tersebut. Kamar mandi yang bersih dengan sistem pembuangan yang tidak mampet serta menggunakan material yang mudah dibersihkan adalah ciri dari kamar mandi rumah yang sehat.

6. Pencahayaan yang cukup

Ciri-ciri rumah sehat lainnya adalah memiliki pencahayaan yang baik. Tak hanya pencahayaan alami yang didapat dari bukaan seperti jendela, pencahayaan artifisial dari lampu-lampu juga harus sangat memadai.

Pencahayaan yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup kamu dan keluarga di rumah karena mampu mendukung berbagai aktivitas agar bisa dilakukan dengan lebih nyaman, misalnya membaca, memasak, belajar, hingga bermain bersama keluarga.

7. Bebas dari Hama

Rumah sehat, haruslah terbebas dari hama. Mulai dari nyamuk, semut, tikus, kecoa, hingga yang lebih berbahaya seperti kelajengking dan juga lipan. Maka dari itu, lakukanlah pembersihan selokan dan penampungan air serta tempat-tempat sumber hama lainnya secara rutin.

Bila diperlukan, lakukan juga pembasmian hama seperti dengan pengasapan secara rutin untuk mencegah berkembangnya hama di rumah sehat milikmu.

8. Lingkungan Sekitar Rumah yang juga “Sehat”.

Menciptakan rumah yang sehat tidak cukup hanya berkutat dengan desain dari rumah itu sendiri. Penting juga untuk memastikan rumah berada di lingkungan yang menunjang aspek kebersihan dan kesehatan.

Misalnya rumah tidak berdekatan dengan sumber kotoran seperti penampungan sampah, kali yang tercemar. Lingkungan rumah juga harus memiliki sistem penghijauan, sanitasi, dan hal-hal lain yang mampu menunjang aspek kesehatan dari rumahmu.

9. Setiap Ruang yang Terdesain Fungsinya dengan Ukuran yang Memadai

Saat mendesain rumah sehat, pastikan setiap fungsi yang kamu butuhkan bisa terakomodir dan juga setiap ruang yang ada di rumah memiliki fungsi jelas yang memang dibutuhkan. Minimalisir ruang-ruang yang fungsinya dicampur-campur.

Sesuai dengan fungsi dan aktivitas, pastikan juga setiap ukuran ruang tersebut sesuai dengan standar ukuran minimum agar aktivitas bisa tetap dilakukan dengan nyaman.

10. Struktur Bangunan yang Kokoh dan Finishing anti Bakteri serta Toxic

Karakter rumah sehat selanjutnya adalah struktur bangunan yang kokoh, kuat, dan terdesain dengan baik. Penggunaan bahan-bahan bangunan yang “sehat” alias tidak beracun dan tidak menjadi rumah bagi kuman dan bakteri adalah ciri dari rumah yang sehat lainnya.

Baca juga: 10 Psikologi dan Makna Warna dalam Interior Rumah

Itulah penjabaran singkat mengenai pengertian rumah sehat serta karakteristik atau ciri-ciri dari rumah sehat. Meskipun terdengar rumit, namun mengaplikasikan konsep rumah sehat pada hunian tidaklah sulit. Apalagi, dengan terciptakan rumah sehat, kamu tak hanya terbebas dari hal-hal merugikan namun juga meningkatkan kenyamanan dari rumah, lho! Yuk, mulai jadikan hunianmu sebagai rumah sehat untuk keluargamu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s