Mengenal 10 Jenis Kursi Antik untuk Tampilan Klasik & Vintage

Jenis Kursi Antik – Bagi kamu penggemar interior vintage, kehadiran perabot-perabot antik tentu sangatlah penting untuk melengkapi tampilan vintage pada hunian. Ada banyak sekali jenis kursi vintage antik bergaya klasik yang bisa jadi pilihanmu.

Untuk hidupkan suasana tempoe doeloe pada hunian, yuk ketahui lebih banyak mengenai jenis-jenis kursi antik populer yang bisa sempurnakan interior vintage berikut:

Baca juga: 16 Jenis Desain Meja Makan untuk Lengkapi Ruang Makanmu!

Jenis-Jenis Kursi Antik bergaya Klasik

1. Bergere Chair

Kursi Antik Bergere Chair
Kursi Antik Bergere | Sumber gambar: Ralph Lauren Home

Kursi antik vintage pertama adalah Bergere Chair. Kursi ini memiliki bagian belakang dan sandaran tangan yang dilapis kain dan busa namun berbingkai material kayu yang tetap terekspos. Kayu ini bisa tampil polos, dicat, atau bahkan diukir.

Dahulu, kursi antik yang mulai berkembang di Perancis sekitar tahun 1725-an ini dirancang dengan kenyamanan maksimal dan hingga kini masih digunakan untuk kursi santai di ruang keluarga atau ruang tamu dan hadir dengan gaya khas Rococo. Namun, karena estetika vintage yang dimilikinya, kursi antik ini lebih sering digunakan sebagai elemen dekoratif disalah satu sisi ruangan.

2. Chaise Lounge

Kursi Antik Chaise Lounge
Kursi Antik Chaise Lounge | Sumber gambar: Overstock

Untuk yang suka dengan tampilan elegan, kursi antik “Chaise Longue” bisa jadi pilihanmu. Kursi panjang dengan sandaran disalah satu sisi ini memang dirancang untuk bisa digunakan mengangkat kaki dan bersantai.

Kursi antik ini sendiri mulai dikenal sejak abad ke-18 di Perancis dan kemudian penggunaannya mulai menyebar luas ke benua-benua lainnya.

Hingga kini, kursi vintage satu ini sering diidentikkan dengan kursi psikiatrist karena kerap digunakan oleh para psikiater sebagai tempat duduk pada saat terapi.

3. Klismos Chair

Kursi Antik Klismos Chair
Kursi Antik Klismos | Sumber gambar: restoration hardware

Jenis kursi antik “Klismos” adalah kursi Klasik Yunani yang memiliki sandaran dan kaki yang melengkung. Terbuat dari kayu, kursi antik ini dibuat dengan sistem sambungan kayu yang sangat presisi dan merupakan salah satu warisan dari peradaban Yunani.

4. Windsor Chair

Kursi Antik Windsor Chair
Kursi Antik Windsor | Sumber gambar: restoration hardware

Kursi antik selanjutnya adalah kursi Windsor yang terbuat dari rangkaian susuanan kayu solid. Kursi vintage satu ini ada yang memiliki sandaran tangan, ada juga yang hanya memiliki sandaran belakang saja.

Berkembang diawal abad ke-17, model kursi antik satu ini memiliki ukurang lebih ramping dan sederhana. Namun, kehadirannya tak akan pernah gagal hidupkan nuansa vintage pada ruangan.

5. Curule Chair

Kursi antik curule chair
Kursi Antik Curule | Sumber gambar: european antique warehouse

Tipe kursi antik selanjutnya memiliki bentuk dan desain yang sangat khas dan berkarakter. Dengan bentukan lengkung lengkap dengan ukiran khas, kursi Curule digunakan sejak peradaban Yunani dan Eropa kuno hingga abad ke-20.

Pada awal peradaban Roma, jenis kursi antik ini melambangkan kekuatan politik dan militer. Sedangkan pengguaannya juga populer di kalangan raja-raja di Eropa.

Baca juga: 7 Tips Desain Ruang Keluarga Nyaman di Ruang Sempit

6. Morris Chair

Kursi Antik Morris Chair
Kursi Antik Morris | Sumber gambar: Arts & Crafts Homes

Jenis kursi antik selanjutnya bisa dikatakan sebagai cikal bakal dari kursi dengan sandaran miring. Kursi ini sendiri didesain atas adaptasi dari firma William Morris, dari sebuah prototype dari Ephraim Colman di area pinggiran Sussex, Inggris. Mulai dipasarkan pada 1866, kini penggunaan kursi antik ini masih sering ditemui dalam bentuk dan desain yang lebih modern.

7. Corner Chair

Kursi Antik Sudut | Sumber gambar: Merylebone Antiques

Kursi antik  yang cukup unik satu ini penggunaannya. “Corner chair” alias kursi sudut adalah pilihan pas yang bisa mengisi kekosongan salah satu sudut rumahmu. Biasanya, model kursi antik yang telah mulai digunakan sejak awal abad ke-18 ini hadir dengan ukiran-ukiran artistik sehingga cocok hidupkan kesan vintage sekaligus etnik pada hunian.

8. Fauteuil chair

Kursi Antik Fauteuil chair
Kursi Antik Fauteuil | Sumber gambar: 1stDibs

Kursi antik “Fauteuil” adalah kursi antik berbahan kayu dengan busa dan ukiran khas. Sekilas kursi antik satu ini terlihat seperti jenis kursi Bergere. Pembedanya adalah bagian sandaran yang lebih terbuka. Pada bagian sandaran tangan juga kerap dilengkapi busa.  Namun, kursi antik ini dikenal jauh kebih awal, tepatnya sejak awal abad ke-16 di Perancis.

Kursi vintage ini digemari hingga kini karena desainnya yang elegan dan terkadang dilengkapi tambahan kursi ottoman sebagai sandaran kaki.

9. Hitchcock Chair

Kursi Antik Hitchcock Chair
Kursi Antik Hitchcock | Sumber gambar: The Spruce Crafts

Kursi antik Hitchcock adalah salah satu produk terkenal dari pabrik furnitur Amerika “Lambert Hitchcock”. Produk ini diproduksi masa sejak awal abad ke-18 dan karena sangat ikonik, meskipun pabrik asli produsen kursi antik ini telah ditutup, jenis kursi ini masih tetap diproduksi sebagai kursi vintage oleh brand dan pabrik lainnya.

10. Slipper Chair

Kursi Antik Slipper Chair
Kursi Antik Slipper | Sumber gambar: Crate and Barrel

Berkembang juga di abad ke-18, kursi antik selanjutnya memiliki ukuran yang relatih rendah dan tidak memiliki sandaran untuk lengan. Dengan ukuran dudukan yang lebar, kursi bergaya vintage ini kerap mejadi penghias lounge ataupun ruang tamu yang memiliki konsep klasik.

Baca juga: Tips Desain Ruang TV: Posisi & Jarak TV ke Sofa yang Tepat

Banyak sekali bukan pilihan jenis kursi vintage bergaya antik yang bisa jadi pilihan buat kamu yang berjiwa klasik. Kini, kamu telah selangkah lebih maju untuk miliki interior vintage dengan kursi antik yang pas. Tipe kursi antik mana yang jadi pilihan favoritmu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s