Tips & Cara Memilih Sofa untuk Sempurnakan Kenyamanan Interior Hunian

Tips Memilih Sofa – Sofa merupakan salah satu perabot wajib yang umum ada dalam setiap hunian. Mulai dari untuk ruang keluarga, ruang TV, hingga sekedar ruang duduk, kehadiran sofa selalu menjadi kebutuhan utama. Tapi, bagaimana sebenarnya cara memilih sofa yang baik dan tepat untuk rumahmu?

Baca juga: 7 Tips Desain Ruang Keluarga Nyaman di Ruang Sempit

Tips Memilih Sofa Impian untuk Kenyamanan Terbaik

Tentukan Ukuran Sofa yang Proporsional

Sangat penting sebelum membeli sofa untuk menentukan dimana sofa tersebut akan diletakkan dan ukuran dari ruang dimana sofa tersebut akan diletakan. Menyesuaikan ukuran sofa dengan ruangan dan penataan sofa diruangan akan membantu komposisi perabot, terutama sofa yang proporsional terhadap ukuran ruangan.

Untuk ruang yang berukuran kecil, tentunya sofa yang berukuran minimalis akan lebih cocok dipilih. Jika kamu memilih sofa dengan ukuran cukup besar dan desain yang megah pastikan sofa tersebut memiliki ruang dengan ukuran yang cukup luas agar tetap estetis saat diletakkan di dalam ruangan.

Dekorasi Ruang Keluarga
Sumber gambar: Lanacion

Fungsi Sofa yang Sesuai dengan Fungsi Ruang

Harga sofa tidaklah murah. Jadi, dengan memilih sofa dengan fungsi yang tepat tentu akan membuat budget milikmu lebih efisien. Untuk memilih sofa di ruang tamu yang hanya digunakan sesekai dan dalam waktu sebentar tentu akan berbeda saat memilih sofa di ruang keluarga atau ruang TV dimana kamu akan duduk menghabiskan waktu disofa lebih lama.

Untuk sofa-sofa di ruang yang sering digunakan seperti ruang keluarga, ruang TV, dan akan kamu duduki dalam waktu cukup lama seperti di ruang baca atau ruang duduk, tak ada salahnya mengeluarkan sedikit biaya untuk memiliki sofa dengan kualitas terbaik yan nyaman.

Sedangkan untuk sofa yang akan jarang diduduki atau hanya diduduki sebentar-sebentar saja seperti di ruang tamu ataupun di teras dan ruang-ruang sejenisnya, kamu bisa sedikit berhemat dan sedikit mengesampingkan faktor kenyamanan sofa untuk diduduki dalam waktu lama.

Dekorasi Ruang Keluarga
Sumber gambar: Alfredthe

Baca juga: Mengenal 10 Jenis Kursi Antik untuk Tampilan Klasik & Vintage

Pilih Bahan Sofa yang Tepat

Salah satu faktor yang akan menentukan kenyamanan dari sofa yang kamu pilih adalah bahan pelapis dari sofa tersebut. Memilih sofa dengan bahan pelapis yang tepat tak hanya akan memaksimalkan kenyamanan tapi juga bisa mempengaruhi tingkat kemudahan dalam perawatan dari sofa itu sendiri.

Untuk itu, saat memilih sofa tak ada salahnya menjadikan bahan pelapis sofa sebagai pertimbangan sebelum membeli sofa. Berikut adalah beberapa jenis bahan pelapis sofa yang populer dan cukup sering digunakan:

  • Poliester
    Poliester adalah bahan pelapis sofa yang cukup sering digunakan karena memang daya tahan  yang dimilikinya cukup baik. Kelemahan dari bahan ini adalah bahannya yang tak tahan air.
  • Katun
    Soal kenyamanan, bahan pelapis sofa berupa katun mungkin juaranya karena terasa lembut dan tak cepat panas saat diduduki. Hanya saja, selain tak tahan terhadap air, bahan pelapis sofa ini juga cukup rentan robek.
  • Rayon
    Bahan pelapis sofa selanjutnya adalah bahan sintesis yang dikenal dengan nama bahan Rayon. Mampu dibuat menyerupai katun, bahan ini bisa memberikan kenyamanan layaknya katun namun dengan daya tahan yang lebih baik. Namun, hindari sofa dengan bahan rayon dengan api karena bahan rayon mudah sekali terbakar.
  • Linen
    Berbicara tentang sofa dengan  bahan yang awet, sofa dengan bahan linen termasuk salah satunya. Dengan serat yang kuat, sofa linen termasuk jenis sofa yang awert. Kelemahan dari bahan ini hanyalah perawatan rutin karena bahan ini cukup mudah kotor.
  • Kulit
    Bahan pelapis sofa satu ini kerap dipilih karena kesan mewah dan elegan yang dihadirkannya. Bahan kulit terbilang cukup awet jika kulit yang digunakan berkualitas dan mudah dibersihkan. Kekurangan dari bahan ini adalah mudah panas saat diduduki dan harganya yang cukup mahal.
Tips Memilih Sofa
Sumber gambar: John Lewis

Pertimbangan Daya Tahan Sofa dan Tingkat Ke-Awet-annya

Bahan pelapis sofa memang mempengaruhi daya tahan dari sofa, tapi tak hanya itu saja, untuk memilih sofa yang awet dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya, kamu juga perlu mengetahui keseluruhan bahan dari sofa itu sendiri.

Cara memilih sofa yang awer adalah degan mencari tahu bahan struktur dari sofa, mulai dari kayu yang sigunakan atau besi yang digunakan serta ketebalan dan jenis busa yang digunakan sebai bantalan.

Memilih sofa dengan bahan yang tahan air dan mudah dibersihkan bisa menjadi nilai plus saat mencari sofa yang awet.

Kursi Antik Chaise Lounge
Kursi Antik Chaise Lounge | Sumber gambar: Overstock

Model dan Gaya Desain Sofa yang Sesuai Konsep Interior

Tips memilih sofa yang terakhir adalah memilih model dari desain sofa itu sendiri. Untuk membuat keseluruhan komposisi ruangan menarik, tentu kamu harus memastikan gaya dan desain dari sofa memiliki konsep yang selaras dengan konsep keseluruhan desain ruangan.

Tak hanya model dan gaya, warna dari sofa juga harus sesuai dengan keseluruhan skema warna ruangan agar sofa mampu menjadi bagian yang menyatu dengan ruangan.

Baca juga: Tips Desain Ruang TV: Posisi & Jarak TV ke Sofa yang Tepat

Tak sulit memilih sofa baru untuk rumahmu. Hanya saja, diperlukan ketelitian agar kamu bisa membeli sofa yang tepat dan nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama. Selamat berburu sofa baru favorit untuk rumahmu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s