15 Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk di Dalam Rumah

Tanaman Hias Indoor – Nggak cuma sebagai pelengkap taman, berbagai tanaman hias juga bisa dijadikan dekorasi interior yang nggak cuma bisa mempercantik ruangan tapi juga menghidupkan serta memberikan kesegaran suasana.

Tertarik hadirkan tanaman hias di dalam ruangan? Berikut pilihan jenis tanaman hias yang cocok untuk di dalam ruangan terpopuler!

Baca juga: 9 Ide Kreasi Pot Tanaman DIY dari Barang Bekas Kreatif

Pilihan Tanaman Hias Indoor Favorit

1. Anthurium

Tanaman Hias Indoor dalam ruang
Sumber gambar: Baker

Tanaman hias indoor yang populer pertama adalah Anthurium. Memiliki tampilan eksotis dengan warna bunga yang kontras, jenis bunga yang cocok ditanam di dalam ruangan ini juga memiliki manfaat untuk menyedot zat amonia, formaldehida, toluena dan xilena. di udara.

2. Monstera

Tanaman Pembawa Sial
Sumber gambar: Youtube

Berbeda dengan tanaman hias indoor sebelumnya yang memiliki bunga yang cantik, daya tarik dari tanaman Monstera adalah betuk daunnya yang menjari dan aksen lubang yang organik pada daun tersebut.

Bentuk yang unik menjadikan tanaman yang cocok untuk di dalam ruangan ini digemari selain manfaatnya untuk menghasilkan oksigen pada ruangan. Namun, tanaman hias indoor satu ini juga terkenal mengandung racun sehingga perlu dijauhi dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan agar tidak sampai terkunyah.

3. Aglaonema

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Fabelio

Aglaonema yang dikenal juga dengan nama Chinese Evergreen merupakan alternatif tanaman hias indoor lain yang juga cocok ditanam di dalam ruangan. Dengan corak pada daun yang menarik, tanaman hias ini juga cukup mudah dirawat asalkan tanahnya selalu lembab dan dijauhkan dari angin dan juga udara dingin.

4. Varian Jenis Tanaman Sukulen

Tanaman Hias Indoor dalam ruang
Sumber gambar: Rooang

Variasi tanaman hias indoor yang kini tengah populer adalah jenis tanaman sukulen. Jenis tanaman hias ini umumnya berbentuk kecil dengan bentuk-bentuk yang unik dan beragam. Memiliki sifat dan tampilan yang sekilas terlihat seperti dari keluarga kaktus, tanaman ini jelas layak masuk daftar tanaman hias favorit untuk dalam ruangan.

5. Peace Lily

Tanaman Hias Indoor dalam ruang
Sumber gambar: Fast Growing Tree

Meskipun dikenal dengan nama “Peace Lily”, faktanya jenis tanaman hias Indoor satu ini bukanlah spesies dari bunga Lily. Memiliki tampilan bunga yang cantik, jenis tanaman hias ini cocok untuk diletakkan di dalam ruangan karena ia tetap mampu berbunga meskipun mendapatkan sinar matahari tak langsung.

Tanaman hias indoor ini juga cukup baik dalam menyaring zat-zat berbahaya di udara. Namun, dibalik itu tanaman “Peace Lily” memiliki kandungan racun yang bisa menimbulkan iritasi bila terkena kulit dan menimbulkan sakit kepala apabila termakan. Jadi, jauhkan tanaman indoor ini dari jangkauan anak-anak dan juga hewan peliharaan, ya.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Gantung untuk Sempurnakan Taman Rumahmu

6. Calathea

Tanaman Hias Indoor dalam ruang
Sumber gambar: Patch

Jenis tanaman hias untuk dalam ruangan selanjutnya adalah Calathea. Daya tarik dari varian tanaman hias indoor ini adalah daunnya yang memiliki colak menarik serta warna yang berbeda di kedua sisinya.

Tampilan inilah yang menjadikannya cocok untuk memberikan warna berbeda pada salah satu sudut rumahmu.

7. Palem

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Grosir Tanaman

Jika kamu mencari tanaman hias indoor yang berukuran cukup besar untuk mengisi kekosongan ruangan, tanaman Palem bisa jadi pilihanmu. Warna hijaunya yang menyegarkan juga bermanfaat sebagai penyaring udara dari zat berbahaya, lho. Tanaman ini cocok untuk menyegarkan suasana dan diletakkan di ruangan atau area merokok karena kemampuannya menyerap karbon dioksida dan monoksida di udara.

8. Kaktus

Tanaman Pembawa Sial
Sumber gambar: Hi Cacti

Ingin mencari tanaman hias indoor yang mudah dalam hal perawatan? Kaktus mini mungkin bisa jadi pilihanmu. Kaktus mini memiliki banyak sekali variasi dengan bentuk yang beragam sehingga menjadikannya salah satu pilihan tanaman hias untuk di dalam ruangan favorit.

9. Sanseivera

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Interior Foliage

Sansevieria atau tanaman lidah mertua merupakan tanaman hias yang cukup populer. Memiliki daya tahan yang baik, Sanseivera merupakan tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Meskipun minim sinar matahari langsung, kamu nggak perlu Sanseivieria milikmu layu karena ia memiliki kemampuan adaptasi terhadap asupan sinar matahari yang baik.

10. Bambu Hoki

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: Avant Garden Florist

Jenis tanaman hias indoor selanjutnya ini dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan bagi orang yang menanamnya sehingga ia dikenal dengan nama bambu hoki atau “lucky bamboo“.

Selain keberuntungan, tanaman hias indoor yang juga bisa ditanam di media air ini juga cukup ampuh menghadirkan kesegaran di dalam ruangan.

Baca juga: 12 Tanaman dalam Rumah untuk Feng Shui Baik & Membawa Keberuntungan

11. Lili Paris

Tanaman Hias yang mudah dirawat

Lili Paris merupakan jenis tanaman hias indoor selanjutnya untuk kamu yang tengah mencari tanaman untuk di dalam ruangan yang minim perawatan. Berasal dari Afrika Selatan, jenis tanaman hias indoor ini bisa kamu tanam di pot kecil dan diletakkan diatas meja ataupun dijadikan tanaman hias gantung.

12. Sirih Gading

Tanaman Hias Gantung
Pinterest

Berbicara mengenai tanaman hias indoor yang cocok untuk digantung, selain Lili Paris, kamu juga bisa menjadikan Sirih Gading sebagai tanaman hias untuk digantung di salah satu ruangan dalam rumahmu.

Tumbuh menjuntai dengan warna hijau yang menyegarkan, Sirih Gading siap memberikan nuansa lebih segar di ruangan. Nilai plus lainnya dari tanaman hias indoor satu ini adalah kemudahannya dalam hal perawatan.

13. Pakis Boston

Pakis Boston - Tanaman Hias Gantung
Pinterest

Selain Lili Paris dan Sirih Gading, pot gantung di dalam ruangan juga bisa kamu tanami Pakis Boston. Tanaman hias indoor yang memiliki daun menjari yang rimbun ini memiliki kemampuan untuk membersihkan dan melembabkan udara ruangan sehingga atmosfer ruangan terasa lebih nyaman.

Tanaman hias indoor satu ini juga menyukai udara udara yang lembab sehingga cocok ditanam di ruang kamar mandi.

14. Pakis Asparagus

Tanaman Hias Indoor dalam ruang
Sumber gambar: notonthehighstreet.com

Memiliki tampilan yang unik dengan daunnya yang halus dan pipih, Pakis Asparagus adalah jenis tanaman hias indoor selanjutnya yang cukup menarik untuk di letakkan  di salah satu ruangan di rumahmu.

15. Lavender

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: HGTV

Siapa tak kenal jenis tanaman hias indoor satu ini. Dengan warna ungu yang mencolok, jelas tanaman hias yang cocok ditanam dalam rumah ini mampu mempercantik tampilan ruangan.

Selain tampilannya yang menarik, tanaman Lavender juga terkenal akan aroma wangi yang dihasilkan bunganya yang mampu memberikan efek relaksasi pada rumahmu.

Baca juga: Kreasi 13 Dekorasi Ruang Keluarga untuk Kenyamanan dan Penampilan

Tak sedikit bukan variasi tanaman hias untuk di dalam ruangan yang bisa jadi pilihamu dalam mempercantik hunian. Sudah temukan tanaman hias indoor mana yang paling cocok untuk lengkapi dekorasi interior rumahmu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s