Tips Merancang Sirkulasi Udara untuk Rumah Lebih Teduh

Tips & Cara Mengatur Sirkulasi Udara – Dalam menciptakan kenyamanan dari hunian, kualitas dari sirkulasi udara merupakan salah satu faktor penentu yang perlu kamu perhatikan. Sirkulasi udara dalam ruangan yang baik tidak hanya akan menciptakan temperatur sejuk yang nyaman, namun juga bisa mengganti udara kotor yang telah terkontaminasi bau, bakteri, dan hal lainnya dengan udara baru.

Apalagi untuk Indonesia yang berada di iklim tropis, aspek sirkulasi udara di rumah sangat berpengaruh, terutama untuk kenyamanan thermal dan mengatur kadar kelembaban udara dalam ruangan.

Ingin ciptakan sirkulasi udara yang baik untuk rumah milikmu? Simak tips mengatur sikrulasi udara ruangan yang praktis berikut:

Baca juga: Kenali 10 Ciri-ciri Rumah Sehat untuk Hunian lebih Nyaman

Tips & Trik Mengatur Sirkulasi Udara yang Baik untuk Hunian

Mengenal Sistem Ventilasi Udara yang Tepat untuk Rumah

Sirkulasi Udara
Sumber gambar: NY Mag

Banyak orang yang menyepelekan keberadaan ventilasi udara. Terlebih dengan kehadiran berbagai teknologi seperi air purifier hingga air conditioner membuat orang berpikir bahwa kehadiran ventilasi sudah tidak ada manfaatnya lagi.

Padahal, ventilasi adalah sumber sirkulasi udara paling mendasar yang harus dimiliki semua rumah terlepas apakah ruma tersebut menggunakan teknologi khusus atau tidak. Rancangan ventilasi yang fleksibel dimana ventilasi bisa dibuka dan ditutup menjadi solusi jika memang kamu masih belum lepas dari ketergantungan akan teknologi sikulasi udara buatan. Kamu bisa membuka dan menutup ventilasi disaat-saat tertentu seperti untuk memberikan alur masuk angin dan udara saat mati lampu hingga mengeluarkan bau-bau tak sedap dari dalam ruangan ke luar.

Memahami Konsep Ventilasi Silang atau Cross Ventilation

Cross Ventilation
Sirkulasi Udara Silang atau Cross Ventilation| Sumber gambar: NZEB

Lalu, apakah dengan memiliki ventilasi atau bukaan sebagai jalur sirkulasi udara alami untuk rumah sudah cukup untuk hadirkan kualitas udara yang baik di dalam hunian? Tentu saja tidak. Kehadiran ventilasi udara ini juga harus dirancang sedemikian rupa untuk memanipulasi pergerakan udara atau angin di dalam ruangan agar kualitas udara dan juga temperatur di dalam ruang mampu mencapai titik kenyamanan  terbaik.

Skema terbaik dalam menata sirkulasi udara di dalam ruangan adalah dengan metode “cross ventilation” untuk memberikan keleluasaan udara untuk keluar dan masuk kedalam hunian secara bebas dan mampu menjangkau setiap titik dan sudut di dalam ruang.

Manfaatkan Bantuan Teknologi untuk Bantu Memperbaiki Sirkulasi Udara

Sumber gambar: 2modern

Kini kamu telah memiliki bukaan dan ventilasi untuk sirkulasi udara alami yang tertata dengan baik. Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh memaksimalkan kembali kualitas sirkulasi udara di dalam ruangan dengan menghadirkan perabot elektronik ke dalam ruangan.

Manfaatkan perabot elektronik seperti kipas angin, exhaust fan, hingga air conditioning, jika memang ruangan yang kamu miliki membutuhkan penanganan khusus sehingga kamu bisa memastikan suhu udara, kualitas sirkulasi, serta kenyamanan ruangan selalu bisa berada pada titik terbaiknya pada saat kapanpun dan dimanapun.

Pertimbangkan Kualitas Udara yang Baik

Tanaman Pembawa Keberuntungan Feng Shui
Sumber gambar: AliExpress

Ada banyak elemen pendukung lainnya yang bisa membantumu untuk mendapatkan sirkulasi udara alami yang baik untuk rumah. Seperti dengan mengatur kualitas udara di lingkungan dengan menghadirkan taman yang asri sehingga udara lebih bersih dengan oksigen yang maksimal serta minimnya kadar karbon di udara.

Jika udara di sekitar hunianmu terasa kering, menambahkan elemen air seperti kolam bisa membantu memberikan kelembaban udara dan kesejukkan pada hunianmu. Kamu juga bisa merancang rumah dengan ketinggian langit-langit yang tinggi untuk memastikan udara memiliki ruang cukup untuk bergerak atau meminimalisir sekat agar setiap ruangan mampu dijangkau oleh sirkulasi udara alami yang telah kamu hadirkan ke dalam rumah.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat untuk Taman Cantikmu

Meskipun tak sulit, sirkulasi udara di dalam rumah kerap menjadi hal yang disepelekan. Terutama karena kini teknologi dianggap bisa menjadi solusi atas semua permasalahan sirkulasi udara di rumah. Padahal penggunaan teknologi yang berlebihan untuk mengatur sirkulasi udara dalam ruangan tak cuma buat pengeluaran menjadi lebih boros, namun juga tidak baik untuk kesehatan, lho.

Yuk, mulai atur sirkulasi udara di rumah milikmu dan ciptakan kenyamanan maksimal saat bersantai di rumahmu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s