9 Cara Mengusir Semut dari Rumah Secara Alami

Cara Mengusir Semut – Kehadiran semut bisa jadi hal yang sangat menganggu buat rumahmu. Penyebab datangnya semut sendiri bisa beragam, mulai dari ruangan yang kotor, hingga makanan manis yang memang menjadi incaran hama rumah tangga satu ini.

Bingung bagaimana cara mengusir semut yang ampuh? Selain menggunakan  bahan kimia seperti kapur ajaib dan obat pengusir semut atau serangga, ternyata ada banyak sekali bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengusir semut, lho!

Nggak percaya? Yuk, coba langsung gunakan berbagai bahan alami untuk mengusir semut berikut:

Baca juga: 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Ampuh untuk Rumahmu

Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami

Cara Mengusir Semut
Sumber gambar: Pixabay

1. Jeruk Lemon

Cara mengusir semut secara alami pertama adalah dengan menggunakan campuran air dan perasan buah lemon sekitar 1:2. Buah lemon sendiri mengandung asam sitrat yang cukup dibenci oleh semut, serta aromanya juga mampu mengusir semut.

Cukup semprotkan campuran air lemon ini pada gerombolan semut atau pada jalur-jalur yang kerap dilalui semut, dengan begitu perlahan semut-semut akan pergi dengan sendirinya.

2. Cengkeh dan Kayu Manis

Meskipun kedua bumbu dapur ini mampu memberikan aroma sedap pada makanan, siapa sangka semut justru tidak menyukainya. Untuk mengusir semut, cukup letakkan potongan atau serbuk kayu manis atau cengkeh pada sarang atau area-area yang kerap dilalui dan dikerubungi semut.

Jika kamu memiliki makanan di meja, kamu juga bisa meletakkannya disekitar makanan untuk mencegah serbuan semut.

Cara Menghilangkan Bau Dapur
Sumber gambar: Pinterest

3. Kopi

Biji atau bubuk kopi juga memiliki aroma yang mampu mengusir semut. Untuk menjaga rumahmu bersih dari semut, taburkan bubuk atau biji kopi pada titik-titik yang memang menjadi sarang atau sumber serangan semut.

Ampas kopi pahit sisa minumanmu juga memiliki fungsi yang sama, lho. Daripada dibuang di tempat sampah, kamu bisa membuangnya di taman atau tanah pekarangan rumahmu yang menjadi sarang semut.

4. Cuka

Bahan-bahan dapur selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah cuka dapur. Sama seperti air perasan lemon, cukup campurkan cuka dapur dengan air dan semprotkan pada sarang semut. Cara sederhana ini terbukti cukup ampuh mengusir semut.

Baca juga: 6 Pengharum Ruangan Alami yang Simple & Tahan Lama

5. Bawang Putih

Cara praktis usir semut dengan bahan alami lainnya adalah dengan potongan bawang putih. Bahan alami yang sangat mudah didapat ini memiliki aroma cukup tajam dan mampu mengusir semut.

Bawang putih yang telah kamu potong-potong cukup disebar pada titik-titik sumber datangnya semut dan perlahan semut akan pergi karena tidak tahan dengan aroma tajam dari bawang putih.

Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami
Sumber gambar: Pixabay

6. Kulit Jeruk dan Kulit Mentimun

Suka makan jeruk atau mentimum? Jangan buang kulit timun dan jeruk yang sudah kamu kupas karena siapa sangka kedua bahan sisa ini justru bisa digunakan untuk mengusir semut.

Letakkan kulit jeruk dan kulit mentimun pada jalur-jalur yang kerap dilewati semut dan dijamin semut nggak akan berani mendekat.

7. Daun Sirih

Daun sirih terkenal sebagai tanaman apotek hidup. Namun, daun sirih memiliki fungsi lain yaitu untuk mengusir semut. Cobalah remas daun sirih hingga mengeluarkan aroma khas daun sirih dan letakkan pada sarang semut atau titik-titik yang dikerubungi semut. Aromanya yang pekat dan tajam akan membuat semut pergi.

Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami
Sumber gambar: Pixabay

8. Garam dan Lada

Garam dan lada memang merupakan bumbu untuk menyedapkan makanan, tapi kedua bumbu dapur ini juga bisa digunakan untuk mengusir semut. larutkan garam dan lada dengan air hangat dan semprotkan pada sarang semut.

Atau, kamu juga bisa menaburi sarang semut dengan campuran bubuk garam dan lada untuk mengusir semut.

9. Tanah Diatom

Tanah diatom mungkin masih terdengar asing, namun bahan alami ternyata terkenal mampu mengusir semut secara alami dengan ampuh. Terbuat dari hasil fosil diatomik, tanah diatom memiliki fungsi sebagai insektisida secara alami.

Cukup taburi tanah diatom pada sarang semut atau area-area yang digemari semut, maka semut nggak akan berani mendekat.

Baca juga: 8 Tips Usir Bau di Dapur Praktis dengan Sekejap!

Mengusir semut terasa lebih mudah dan aman bukan dengan berbagai bahan alami tersebut? Setelah berhasil mempraktekkan cara mengusir semut dengan bahan alami, jangan lupa untuk jaga kebersihan dari rumah dan pastikan setiap makanan manis yang ada di dalam rumah tersimpan aman di tempat yang tertutup untuk mencegah semut datang lagi untuk menganggu, ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s