5 Tips Memilih Parket Kayu Berkualitas untuk Rumah Idaman

Tips Memilih Parket – Lantai merupakan salah satu elemen interior yang cukup memberikan pengaruh besar dalam menciptakan suasana di ruangan. Perbedaan penggunaan material dan desain lantai akan memberikan atmosfer yang berbeda pula pada ruangan. Untuk kamu yang menginginkan kesan lebih hangat dan natural pada hunian, penggunaan material parket kayu bisa jadi pilihan yang tepat.

Berbeda dengan material lantai lainnya, parket kayu memiliki karakter khas yang menjadikannya mampu menghidupkan nuansa lebih homey dan klasik pada ruangan. Namun, karakter ini pulalah yang menjadikan pemilihan parket kayu harus sangat jeli untuk memastikan kamu tidak kerepotan baik dalam pemasangan maupun perawatan jangka panjang pada lantai parket kayu.

Tertarik menggunakan material lantai parket kayu? Simak tips memilih parket kayu yang berkualitas untuk lantai rumah idamanmu.

Baca juga: 9 Pilihan Jenis Material Lantai untuk Sempurnakan Hunian!

Tips Memilih Lantai Parket Berkualitas

1. Memiliki Daya Tahan Kuat dengan Perlindungan Ekstra

Berbeda dengan material lantai batu dan keramik, parket kayu yang berbahan dasar kayu sangat rentan terhadap air serta kelembaban udara. Untuk itu, sangat penting untuk memastikan bahwa material lantai parket kayu yang kamu gunakan menggunakan kayu yang berkualitas baik sehingga tak mudah lapuk. Selain itu, pastikan juga material lantai parket kayu juga dilapisi dengan coating khusus untuk melindunginya dari air serta kelembaban udara sehingga membuatnya lebih kuat dan tahan lama.

Sumber gambar: Wikimedia

2. Parket Kayu dengan Kuncian dan Sambungan yang Kuat

Jika lantai keramik dipasang dengan ditempel di lantai dengan semen sebagai perekat, berbeda dengan parket kayu yang dipasang dengan cara disusun dan dikunci seperti puzzle antar panel parket yang satu dan lain. Tips memilih lantai parket kayu selanjutnya adalah dengan memilih material parket kayu yang memiliki sistem kunci dan sambungan yang kuat agar mampu termasang dengan mudah dan sempurna serta kuat. Sambungan yang baik juga akan membantu lantai parket tak mudah bergeser dan tentunya akan sangat memudahkan dalam proses pemasangan.

3. Dilengkapi dengan Berbagai Aksesoris dan Fitting sesuai Kebutuhan

Tips memilih parket kayu untuk lantai rumah selanjutnya adalah kelengkapan aksesoris dan fitting pelengkap pemasangan lantai parket kayu. Agar lantai parket kayu bisa terpasang dengan sempurna pada ruangan dengan bentuk denah seperti apapun, kamu memerlukan fitting khusus yang mampu membuat lantai parket kayu terpasang sempurna baik pada bagian sudut-sudut ruangan ataupun pada sisi ruangan yang berbentuk miring atau bersudut-sudut. Hal ini akan memastikan hasil akhir pemasangan lantai parket kayu lebih rapi dan estetik.

Plus Minus Lantai Parket
Sumber gambar: WarmUp

4. Memiliki Variasi Warna, Tekstur, dan Ukuran yang Beragam

Agar material lantai parket kayu bisa terlihat menarik, tips dan trik memilih parket kayu selanjutnya adalah dengan menyesuaikan warna serta tekstur yang dimiliki sesuai dengan palet warna pada desain interior ruangan. Untuk itu, pilihlah material parket yang memiliki banyak varian warna serta tekstur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, ukuran panel parket kayu juga sangat penting untuk disesuaikan dengan ukuran ruangan untuk membuatnya tetap terlihat proporsional.

5. Parket Kayu dengan Harga Terjangkau namun Kualitas yang Mumpuni

Tips memilih parket kayu untuk lantai terakhir yang perlu diperhatikan dalam memilih parket kayu adalah harga yang terjangkau. Namun, jangan sampai kamu mengorbankan kualitas dari material hanya untuk harga yang lebih hemat. Pilihlah produk parket yang berkualitas namun masih memiliki harga yang cukup terjangkau.

Baca juga: Mengenal Lantai Parket: Keunggulan & Kelemahannya

Dengan tips memilih material lantai parket kayu yang berkualitas, kamu tak cuma akan mendapatkan penampilan interior ruang yang lebih nyaman dan menarik dengan parket kayu, namun juga bisa memastikan proses pemasangan parket kayu lebih mudah dan maksimal serta memiliki daya tahan lama dan perawatan yang lebih mudah dan praktis.

Makin yakin untuk gunakan material lantai parket kayu untuk hunianmu? Yuk, ikuti tips memilih parket kayu untuk sempurnakan tampilan interior dengan parket kayu yang homey di hunianmu!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s